x

Road to Wembley 2017: Manchester City Coba Terbang Tinggi

Jumat, 21 April 2017 21:45 WIB
Editor: Rendy Gusti

Semifinal Piala FA hanya tinggal menunggu hitungan hari lagi untuk dilaksanakan. 4 tim papan atas Liga Primer Inggris berhasil melangkah lebih jauh setelah menaklukkan lawan-lawannya pada laga perempatfinal. Manchester City akan menjadi satu-satunya klub asal kota Manchester dalam babak semifinal nanti.

The Citizens akan diapit oleh 3 klub asal kota London, yaitu Chelsea, Arsenal, dan juga Tottenham Hotspur. Skuat asuhan Pep Guardiola nantinya akan bertemu Arsenal di babak semifinal yang berlangsung pada hari Minggu 23 April 2017 mendatang.

Dalam perjalanannya, Sergio Aguero tidak terlalu mendapatkan tekanan ataupun lawan yang cukup sulit sejak memulai kompetisi dari putaran ketiga. Tercatat, klub-klub seperti West Ham United (07/01/17), Crystal Palace (28/01/17), Huddersfield Town (18/02/17 dan 02/03/17), serta Middlesbrough menjadi lawan yang dihadapi The Citizens di kompetisi sepakbola tertua di dunia ini untuk melaju ke semifinal.

Para pelatih yang akan bertanding di semifinal Piala FA.

Pada laga melawan West Ham United, The Citizens langsung membantai The Hammers dengan skor 5-0 di London Stadium. Di babak keempat ketika melawan Crystal Palace, skuat asuhan Pep Guardiola juga tidak mendapatkan tekanan besar dan menang mudah dengan skor 3-0.

Barulah pada babak kelima melawan tim divisi 2 Inggris, Huddersfield Town, Manchester City sedikit kerepotan. Bermain di kandang lawan, The Citizens harus puas bermain imbang dan membuat laga replay harus dilangsungkan pada bulan Maret lalu.

Namun, pada pertemuan kedua tim di Etihad Stadium, Sergio Aguero membantu rekan-rekannya memenangkan laga dengan skor meyakinkan 5-1. Satu gol yang bersarang di gawang Claudio Bravo merupakan satu-satunya gol yang tercipta ke gawang Man City di kompetisi Piala FA musim 2016/17 ini.

Kemenangan tersebut membuat The Citizens berhasil melaju ke babak perempatfinal dan bertemu dengan Middlesbrough. Ketika bertandang ke markas The Boro, Man City menuntaskan laga dengan baik dan menang 2-0 atas lawannya.

Menilik dari catatan apik yang telah dicapai oleh Manchester City di Piala FA 2017 ini, INDOSPORT telah merangkum beberapa ulasan menarik serta melakukan sedikit analisis pada pertandingan melawan Arsenal di semifinal nanti.


1. The Citizens Lebih Perkasa dari The Gunners di Musim 2016/17 ini

Manchester City.

Manchester City memiliki catatan yang terbilang cukup baik di musim 2016/17 ini atas lawannya, Arsenal. Pasalnya, dalam 2 pertemuan terakhir di liga, The Citizens berhasil memenangkan pertandingan sebanyak 1 kali dan 1 laga lainnya berakhir dengan seri.

Selain melihat dari head to head kedua tim, posisi pada tabel klasemen sementara Liga Primer Inggris musim ini pun bisa menjadi acuan. The Citizens unggul 7 poin atas Arsenal yang duduk di posisi 6 klasemen saat ini.

Tak hanya itu, Arsenal juga tengah dirundung masalah internal terkait pelatih dan beberapa pemain bintangnya. Arsenal sudah beberapa kali diisukan akan ditinggal oleh Alexis Sanchez dan Mesut Ozil di akhir musim nanti. Dan pelatih mereka, Arsene Wenger sudah tidak mendapatkan dukungan dari para suporter setianya.

Gelandang Manchester City tengah berduel dengan Mesut Ozil.

Hal tersebut tentu menjadi keuntungan tersendiri yang bisa dimanfaatkan Manchester City untuk dapat mengalahkan lawannya di semifinal nanti. Terlebih, Sergio Aguero yang sebelumnya tampil melempem sudah mulai menemukan ketajamannya kembali.

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola tentu akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat melaju ke final hingga memenangkan Piala FA musim 2016/17 ini. Karena trofi tersebut menjadi satu-satunya peluang mantan pelatih Barcelona itu di musim perdananya di Inggris.

Terlebih, terakhir kali The Citizens memenangkan piala tersebut pada musim 2010/11 silam ketika mengalahkan Stoke City dengan skor 1-0 di final.


2. Perkiraan Formasi Manchester City vs Arsenal di Semifinal

Manchester City Logo.

Pada pertandingan melawan Arsenal nanti, Pep Guardiola diprediksi akan menggunakan formasi 4-2-3-1 dengan mengandalkan Sergio Aguero sebagai ujung tombaknya. Tak hanya itu, pemain asal Argentina tersebut akan ditopang gelandang lincah Leroy Sane dan Jesus Navas dari posisi sayap.

Kevin De Bruyne akan didaulat sebagai gelandang serang yang membantu mengatur serangan dan memberikan umpan-umpan matang untuk Aguero. Pada lini tengah, Manchester City diprediksi bakal memasang Fernandinho dan Yaya Toure demi memutus serangan lawan dari sisi tengah.

Formasi Manchester City (Pep Guardiola).

Untuk posisi kiper, Claudio Bravo masih akan dipercaya Pep Guardiola untuk menjaga di bawah mistar gawang The Citizens pada Piala FA ini. Mantan kiper Barcelona itu saat ini tengah mendapatkan kritik tajam karena performa menurun yang diperlihatkan ketika bermain.

Namun, dirinya akan diberi kesempatan untuk membuktikan diri pada laga melawan Arsenal di semifinal Piala FA nanti. Terlebih, saat ini posisinya sebagai kiper utama di Liga Primer Inggris tengah direbut oleh Willy Caballero.


3. Player to Watch - Leroy Sane

Gelandang andalan Manchester City, Leroy Sane.

Didatangkan dari Schalke 04 pada bulan Agustus silam dengan harga sekitar 50 juta euro (Rp710 miliar), Leroy Sane sempat kesulitan di awal-awal musim, terutama di liga.

Tak bermain di 3 laga pembuka kontra Sunderland, Stoke City, dan West Ham United karena cedera hamstring, winger berusia 21 tahun itu baru diturunkan pada laga melawan Manchester United pada bulan Oktober lalu dan bermain selama 31 menit.

Pada paruh pertama musim, pesepakbola asal Jerman itu tak pernah bermain selama 90 menit penuh dan kerap digantikan sebelum laga usai. Namun, setelah memasuki paruh kedua musim 2016/17, Leroy Sane menjelma menjadi salah satu senjata rahasia Pep Guardiola di lini serang.

Bermain selama 30 laga di semua kompetisi, pemain kelahiran 11 Januari 1996 silam itu telah mencetak 9 gol dan 4 assists di musim perdananya di Inggris. Sebuah catatan yang cukup baik mengingat umurnya yang masih terbilang muda.

Pada Piala FA musim ini, Sane juga tampil cukup baik dengan catatan 2 gol dan 1 assists dari 4 laga yang telah ia mainkan. Tentunya Pep Guardiola akan berharap lebih banyak lagi dari pemain asal Jerman ini kala melawan The Gunners di babak semifinal nanti.

ArsenalManchester CityPiala FALiga Inggris

Berita Terkini