x

Berkat 1 gol, 5 Pesepakbola Ini Selalu Dikenang Fans

Rabu, 3 Mei 2017 19:20 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Galih Prasetyo
Federico Macheda saat mencetak gol untuk Manchester United.

Menjadi seorang pesepakbola tentu yang akan selalu dikenang atau dingat akan kontribusi positifnya terhadap klub. Atau bagaimana dia memberikan gelar, memecahkan rekor, atau raihan besar lainnya.

Namun siapa sangka, untuk menjadi pesepakbola yang akan selalu dikenang tak melulu akan hal tersebut. Bahkan hanya dengan memberikan kontribusi satu gol saja mereka bisa dikenang oleh para penggemarnya.

Memang satu gol yang dilesakan tidaklah biasa. Dari proses terjadinya gol, bahkan menyelamatkan klub tersebut dari kekalahan, atau gol tersebut memiliki nilai sejarah sendiri bagi pelakunya.

Setidaknya ada 5 yang dikenang berkat satu golnya saja. Berikut hasil ulasannya untuk pembaca INDOSPORT:


1. Federico Macheda

Federico Macheda saat menendang bola.

Pemain muda berbakat asal Italia ini sejatinya diharapkan dapat bersinar saat bergabung bersama Manchester United. Terlebih setelah dia berhasil menunjukkan penampilan impresifnya bersama tim Manchester United U-18.

Namun sayang saat dirinya dipromosikan ke dalam tim senior, bintang Macheda seakan meredup. Meski begitu, dia mampu menorehkan kenangan manis bagi suporter Setan Merah.

Bagaimana tidak, saat dirinya diberikan kepercayaan untuk melakukan debut saat MU menghadapi Aston Villa. Dia dimasukan oleh pelatih MU, Sir Alex Fergusson.

Man United yang tengah mengejar kemenangan untuk menjaga peluang meraih gelar Liga Primer Inggris masih bermain imbang 2-2 hingga menit 90. Beruntung menit 92, Macheda yang baru dimasukan berhasil menjawab kepercayaan Ferguson.

Dia berhasil mencetak gol indah dengan gerakan sedikit memutar dan mengirim bola ke tiang jauh. Alhasil dengan gol ini, MU menjadi unggul 3-2 atas Aston Villa dan tetap terjada dalam perburuan gelar Liga Inggris.


2. Yuri Zhirkov

Yury Zhirkov.

Yuri Zhirkov didatangkan Chelsea pada 2009 dengan harga fantastis. Setidaknya 18 juta pound harus dikeluarkan Chelsea dan menjadikan Zhirkov menjadi pemain Rusia termahal.

Namun Zhirkov minim kontribusi bagi Chelsea. Terlebih posisi dia hanya sebagai bek kiri. Akan tetapi ada satu momen yang membuat Zhirkov begitu dikenang oleh pecinta Chelsea.

Bagaimana tidak, dia melesakkan gol indah saat Chelsea menghadapi Spartak Moscow di Liga Champions 2010. Zhirkov melepaskan sepakan kaki kiri hampir dari tengah lapangan. Bola pun meluncur deras merobek jala Spartak. Dengan gol ini membuat dirinya kerap dikenang oleh pendukung Chelsea.


3. Cheick Tiote

Cheik Tiote pada laga saat melawan Chelsea.

Cheick Tiote baru mencatatkan namanya pada papan skor setelah tujuh musim membela Newcastle United. Dia sejatinya pemain yang kerap dikenal oleh fans The Magpies.

Namun Tiote baru mampu mecetak gol di musim ketujuhnya. Namun bukan sembarang gol. Dia berhasil melesakan gol indah ke gawang Arsenal yang dikawal Wojciech Szczesny. 

Tiote menyambar bola rebound hasil sepakan bebas. Bola meluncur deras merobek jala Arsenal. Gol ini pun menandakan come backnya Newcastle setelah tertinggal 4-0 mampu menyamakan kedudukan menjadi 4-4.


4. Jhon Jensen

John Jensen.

Jhon Jensen sejatinya salah satu pemain yang tidak disukai oleh fans Arsenal. Hal ini dikarenakan dirinya dihubungkan dengan pemecatan George Graha tahun 1992 silam.

Tak hanya itu, Jensen juga menorehkan penampilan yang tak bagus. dari 99 laga, hanya melesakan satu gol.

Tapi golnya sangat istimewa, yakni saat melawan Quens Park Ranger (QPR). Dia mencetak dengan bola placing ke pojok kanan gawang. Sayang golnya tak mampu menyelamatkan Arsenal dari kekalahan 3-1 dari QPR.


5. Patjim Kasami

Pajtim Kasami.

Patjim Kasami didatangkan Fulham pada musim 2011 diharapkan mampu memberikan kontribusi banyak. Tapi sayang epetasi tersebut tak diraih. Dia justru menunjukkan penampilan yang melorot.

Dari tiga musim membela Fulham, dia hanya bermain sebanyak 38 kali dan hanya memberikan tiga gol. Namun dari tiga golnya ada satu yang spesial.

Yakni saat melawan Crystal Paace tahun 2014 silam. Mendapat umpan dari tengah, dia hanya mengontrol sekali dengan dada dan langsung melepaskan ke gawang lawan. Gol ini pun mendapuk dirinya meraih gelar Puskas Award. 

Manchester UnitedArsenalFulhamFederico Macheda

Berita Terkini