x

5 Klub Jago Tandang Liga 1 Indonesia

Senin, 12 Juni 2017 21:46 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
Logo Liga 1.

Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia sudah memasuki pekan ke-10. Banyak kejadian yang terjadi sejauh ini, mulai dari pemecatan pelatih, suporter yang memasuki lapangan karena kecewa, hingga mulai seringnya tim tamu mendulang poin penuh di markas lawan.

Persiba Balikpapan misalnya, terpaksa memecat Timo Schneunemann karena buruknya prestasi tim Beruang Madu di awal-awal kompetisi. Hal serupa juga menimpa Bali United karena dua hasil minor di dua laga perdana Liga 1.

Baca juga:

Sementara mengenai suporter, cerita terkini datang tatkala Bobotoh menginvasi lapangan Stadion Patriot Candrabhaga menghadapi Bhayangkara FC lantaran kecewa dengan permainan Michael Essien dan kawan-kawan. Ultras Gresik juga melakukan hal serupa, namun bedanya dilakukan usai pertandingan berakhir.

Selain itu, yang patut disimak hingga pekan 10 ini, tercatat 12 tim pernah merasakan kemenangan di kandang lawan, di antaranya Persija Jakarta, Semen Padang, Persipura Jayapura, PS TNI, Bali United, Arema FC, Persib Bandung, Bhayangkara FC, PSM Makassar, Madura United, Sriwijaya FC, dan Persela Lamongan.

Persija Jakarta menang 2-0 saat meladeni perlawanan PS TNI.

Dari 10 pekan yang telah berjalan, Liga 1 hanya absen melahirkan kemenangan tandang di dua pekan saja, yakni pekan 6 dan pekan 8. Di pekan ke-4, sebanyak empat tim bahkan merasakan manisnya pesta kemenangan di kandang lawan.

Catatan demikian layak 'disyukuri' karena biasanya sulit bagi tim kuat sekali pun untuk mendulang poin dari markas lawan, apalagi kemenangan. Terlebih, hal ini semakin mengikis stigma 'tim kandang harus menang', dan kinerja wasit dinilai sudah membaik dari sebelum-sebelumnya.

Berikut ini INDOSPORT merangkum 5 dari 12 tim yang layak disebut sebagai rajanya partai tandang. Pemilihan dilakukan dari segi jumlah kemenangan dan performa tim secara garis besar.


1. Persija Jakarta

Sutanto Tan lepaskan tendangan jarak jauh.

Tim ibukota kebanggaan The Jakmania ini patut masuk dalam daftar tim jago tandang Liga 1. Sebab, Persija Jakarta telah meraih dua kemenangan tandang sejauh ini.

Detik-detik gol kedua Persija yang dicetak Ramdani Lestaluhu kala melawan PS TNI.

Persija juga menjadi klub pertama yang berhasil memetik kemenangan dari markas lawan. Ismed Sofyan dan kawan-kawan meraih tiga poin di pekan pertama saat bertamu ke markas Persiba Balikpapan dengan skor 2-0.

Menariknya, dari empat laga tandang, Macan Kemayoran telah berhasil meraih 6 poin, hasil dari dua kemenangan, dan dua kekalahan. Melihat laga kandang (5 main, 6 poin, satu menang, tiga imbang, satu kalah), tentu apa yang mereka raih di kandang lawan bisa dibilang masih lebih baik karena memetik kemenangan lebih banyak ketimbang di kandang sendiri.

Peluang untuk mempermewah statistik tersebut juga terbuka saat menghadapi Perseru Serui hari Selasa (13/06/17) malam. Sebab, venue yang dijadikan adalah Stadion Patriot Candrabhaga, yang notabene merupakan stadion yang dipakai Persija sebagai homebase.


2. Persipura Jayapura

Persipura Jayapura.

Tak ada yang meragukan kekuatan Persipura Jayapura di kancah persepakbolaan Indonesia. Sudah banyak talenta-talenta khas Indonesia Timur yang menjadi andalan bagi Timnas, seperti Boaz Salossa, bermain di klub berkostum merah-hitam kebesaran Persipura.

Musim ini, seperti musim-musim sebelumnya, Mutiara Hitam kembali dijagokan bakal menjadi juara, bersaing dengan klub-klub lain semisal Persib Bandung, Arema, dan PSM Makassar. Ancaman itu terlihat dari laga-laga tandang yang dilakoni Yohanes Pahabol dan kawan-kawan musim ini.

Tim yang baru saja memecat pelatih Liestiadi itu sudah memenangi dua laga tandang, salah satunya yakni sengatan ke kubu Bali United di pekan ke-2. Partai lainnya yakni kala melawat ke Stadion Gajayana, Malang, yang menjadi menjadi markas Persiba Balikpapan.


3. PS TNI

Para pemain PS TNI meluapkan kegembiraan usai mencetak gol ke gawang Persela Lamongan.

PS TNI wajib mensyukuri kehadiran Ivan Kolev di bench sebagai pelatih. Dari 10 laga yang telah dijalani, dua pertandingan tandang berhasil dimenangankan oleh The Army, yakni melawan Bhayangkara FC dan Barito Putera.

Ivan Kolev resmi menjadi pelatih baru PS TNI

Yang paling berkesan tentu saja saat mereka mengalahkan Bhayangkara FC dengan skor 2-1. Sebab, itu merupakan kemenangan pertama di musim ini setelagh sebelumnya imbang melawan Borneo FC dan Persib Bandung di kandang sendiri.

Aboubacar Sylla Iyanga dan Elio Martins menjadi pahlawan kemenangan tim lewat masing-masing satu golnya yang memaksa The Guardian pulang dengan kekalahan.


4. Bali United

Widodo bersalaman dengan Simon McMenemy.

Start yang kurang meyakinkan sempat ditunjukkan oleh Bali United di dua laga perdana. Kala itu, Irfan Bachdim dan kolega sempat tumbang menyesakkan atas Madura United dan Persipura Jayapura, namun di pekan ke-3, Serdadu Tridatu langsung mengamuk di markas Persela Lamongan untuk meraih kemenangan berharga 1-0.

Bali United vs Bhayangkara FC.

Di pertandingan berikutnya, Bali United memang kembali kalah 1-2 dari Mitra Kukar, tapi di empat laga selanjutnya, mereka dengan gagah mengemas 10 poin untuk kemudian mengangkat posisi mereka ke papan atas.

Persib Bandung dan Perseru Serui menjadi korban mereka. Perseru bahkan berhasil mereka kalahkan di partai tandang. Sayang, di laga home terakhir, Bali United kalah 1-3 dari Bhayangkara FC.


5. Bhayangkara FC

Skuat utama Bhayangkara FC saat hadapi Persib Bandung.

Kejutan lain terjadi kala Bhayangkara FC, hingga pekan ke-10 Liga 1 berhasil mengunci posisi 3 besar. Salah satu keberhasilan mereka adalah menjaga tren positif di kandang lawan.

Agak lamban di awal-awal digulirnya kompetisi, taji Simon McMenemy sebagai juru taktik mulai terlihat saat mereka menumbangkan raksasa Liga 1, Sriwijaya FC dengan skor 2-1 di Gelora Sriwijaya Palembang. Padahal di partai sebelumnya mereka baru saja mengalami kekalahan dari PS TNI di laga kandang.

Selain itu, Bhayangkara FC juga tercatat baru dua kali gagal mencetak gol di kandang lawan, yakni ketika berhadapan dengan Arema FC dan Borneo FC. Persipura Jayapura, misalnya, dibuat kerepotan di Stadion Mandala meski pada akhirnya The Guardian tumbang 2-3.

Kemenangan meyakinkan juga tercipta di markas Bali United, Stadion Kapten I Wayan Dipta. Meski tuan rumah tampil pincang akibat empat pemainnya dipanggil timnas, tapi skor 3-1 membuktikan bagaimana Bhayangkara FC cukup tajam saat bermain tandang.

Persija JakartaPersipura JayapuraPS TNIBali UnitedLiga IndonesiaBhayangkara FCLiga 1

Berita Terkini