x

Lolos ke Piala Dunia, Timnas Iran Ukir Sejarah Baru

Selasa, 13 Juni 2017 17:30 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Timnas Iran sukses lolos ke Piala Dunia 2018.

Belum lama ini, Iran berhasil mengalahkan Uzbekistan dengan skor 2-0 melalui gol dari Sedar Azmoun di menit ke-23 dan Mehdi Taremi pada menit ke-88 dalam perrtandingan.

Kemenangan ini memastikan Iran lolos ke Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia, setelah jumlah poin mereka tidak akan mampu dikejar lagi dari peringkat tiga terbawah, yakni Uzbekistan, Suriah, China, dan Qatar.

Baca Juga:

Satu-satunya pesaing Iran adalah Korea Selatan yang belum memainkan pertandingan ke-8 mereka yang saat ini menempati posisi kedua dengan torehan 13 poin. Selisih 7 angka dengan Iran yang telah memainkan laga ke-8 dengan torehan 20 poin.

Sukses Iran ke Piala Dunia 2018 ini membuat mereka memiliki catatan sejarah baru dalam kancah sepakbola mereka. Berikut ini INDOSPORT membagikan perjuangan Timnas Iran di Kualifikasi Piala Dunia 2018, termasuk sejarah yang telah mereka ukir:


1. Tak Terbendung Sejak Putaran Kedua

Timnas Iran sukses lolos ke Piala Dunia 2018.

Dari sekian banyaknya Negara-negara di Asia yang turut berperan dalam Kualifikasi Piala Dunia 2018, Timnas Iran masuk dalam gelombang kedua Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia yang tergabung dengan Oman, Turkmenistan, Guam, dan India dalam Grup D.

Selama berjibaku di Grup D, Timnas Iran sama sekali tak terbendung. Mereka benar-benar membuktikan jika mereka salah satu tim terkuat di zona Asia.

Buktinya, mereka mampu menjadi juara grup tanpa merasakan kekalahan sama sekali. Ya, dalam dua pertemuan, tidak ada yang mampu mengalahkan Timnas Iran.

Rinciannya adalah melawan Oman (1-1, 2-0), Guam (6-0, 6-0), Turkmenistan (1-1, 3-1), India (3-0, 4-0) atau jika ditotal Iran sukses mencatatkan 6 kemenangan dan 2 kali imbang.

Keberhasilan mereka ini membawa Timnas Iran berlanjut ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia zona Asia yang tergabung bersama Korea Selatan, Uzbekistan, Suriah, China, dan Qatar.

Tren positif Timnas Iran kembali berlanjut hingga mereka telah memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2018, meski mereka harus menyelesaikan dua pertandingan lagi.

Ya, dari 10 pertandingan yang harus dilakoni, Timnas Iran telah dipastikan lolos pada laga ke-8 usai mengalahkan Uzbekistan dengan skor 2-0.

Selama 8 kali bertanding, Iran kembali belum pernah terkalahkan. Situasi inilah yang membuat mereka berhasil melaju ke Piala Dunia 2018.

Andai mereka mampu mengalahkan atau menahan imbang Korea Selatan dan Suriah pada dua laga terakhir, maka timnas Iran akan kembali memegang puncak klasemen.


2. Menjadi Negara Non Unggulan yang Lolos Kedua di Piala Dunia

Timnas Iran merayakan keberhasilan mereka usai hempaskan Uzbekistan dengan skor 2-0.

Negara pertama yang berhasil lolos ke Piala Dunia 2018 melalui babak kualifikasi adalah Brasil. Salah satu negara yang diunggulkan untuk menjadi juara di tahun depan.

Menariknya, Timnas Iran kini mampu menemani Timnas Brasil dan menjadi negara kedua yang dipastikan lolos ke kompetisi sepakbola paling bergengsi tersebut.

Hal ini dapat dikatakan menarik, karena biasanya posisi tiga hingga lima negara yang dipastikan lolos ke Piala Dunia merupakan tim yang diunggulkan, entah itu dari zona Amerika ataupun Eropa.

Timnas Iran mungkin saja kurang diunggulkan untuk menjadi juara di ajang Piala Dunia 2018, namun jika melihat kiprah mereka seperti di artikel sebelumnya, tentunya tim besutan Carlos Queiroz ini benar-benar dapat menjadi penantang yang serius di ajang empat tahunan tersebut.


3. Sejarah Baru: Lolos ke Piala Dunia Secara Beruntun

Timnas Iran sukses lolos ke Piala Dunia 2018.

Kompetisi Piala Dunia sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi Timnas Iran. Sebelumnya, mereka telah bermain di ajang tersebut sebanyak empat kali, yakni di tahun 1978, 1998, 2006, 2014).

Jika melihat jarak keikutsertaan mereka, maka Timnas Iran kira-kira membutuhkan waktu sekitar 20 tahun dan 8 tahun untuk bisa berjibaku di Piala Dunia.

Berbeda dengan negara-negara unggulan seperti Brasil, Argentina, Jerman, Prancis, Inggris, Spanyol yang selalu terlihat dan meramaikan panggung sepakbola terbesar ini.

Sukses Iran ke Piala Dunia 2018 membuat mereka juga sukses untuk pertama kalinya ke ajang Piala Dunia sebanyak dua kali secara beruntun. Tentunya hal ini sebuah prestasi yang cukup untuk dibanggakan.

Well, selamat untuk Timnas Iran!

IranRusiaBrasilPiala DuniaKualifikasi Piala Dunia 2018Bola Internasional

Berita Terkini