x

Pro dan Kontra Jika MU Daratkan Cristiano Ronaldo

Selasa, 20 Juni 2017 06:17 WIB
Editor: Rendy Gusti
Striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo sebelumnya dilaporkan ingin segera meninggalkan Real Madrid dan Spanyol dalam waktu dekat. Dirinya pun diisukan untuk kembali ke Old Trafford untuk bermain bersama Manchester United, klub yang membesarkan namanya.

Keinginan Ronaldo untuk hengkang dari Madrid dikarenakan dirinya terkena kasus penggelapan pajak di Spanyol. Pesepakbola asal Portugal itu terancam hukuman penjara hingga 5 tahun jika terbukti bersalah.

Cristiano Ronaldo bersama empat trofi penghargaan pemain terbaik dunia.

Bak gayung menyambut, Manchester United pun mencoba segala cara untuk bisa memulangkan mantan pemain terbaiknya itu. Ratusan juta poundsterling dipersiapkan agar Real Madrid mau melepas megabintangnya ke tangan Setan Merah.

Baca Juga

Meskipun demikian, transfer tersebut masih sekadar rumor yang simpang siur. Belum jelas ke mana Ronaldo akan berlabuh di musim 2017/18 mendatang.

Cristiano Ronaldo berselebrasi pasca menerima medali juara Liga Champions.

Pesepakbola berusia 32 tahun itu baru saja membantu El Real menjuarai Liga Champions musim 2016/17 setelah mengalahkan Juventus di babak final. Selain itu, Ronaldo juga memberikan gelar juara La Liga Spanyol setelah berduel cukup ketat dengan Barcelona di puncak klasemen.

Jika pada nantinya Cristiano Ronaldo kembali bersama Setan Merah, terdapat beberapa pro dan kontra yang terjadi di dalamnya. Hal tersebut telah INDOSPORT rangkum untuk para pembaca setia, dilansir dari Sportskeeda.


1. Pro: Manchester United Mendapatkan Mesin Gol Terbaik di Dunia

Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo merupakan salah satu mesin gol terbaik di dunia. Selama 7 musim terakhir, pesepakbola asal Portugal itu berhasil mencatatkan 40 gol lebih di setiap musimnya. Jika bergabung dengan Manchester United, Jose Mourinho tak perlu takut lagi mendapatkan hasil seri dalam pertandingan.

Di musim 2016/17 saja, Ronaldo berhasil mencatatkan 42 gol dari 46 laga di semua kompetisi. Meskipun masih kalah dari rival abadinya, Lionel Messi, catatan tersebut tentu sangat bagus, terlebih Ronaldo melakukannya secara konsisten di setiap musim.

Ekspresi kegembiraan Cristiano Ronaldo usai Real Madrid dipastikan menjadi juara Liga Champions 2016/17.

Sejak pindah ke Santiago Bernabeu di tahun 2009 lalu, Ronaldo telah menorehkan 406 gol dari 394 laga di semua kompetisi. Catatan golnya tersebut bahkan membuat dirinya menjadi pemain pertama di dunia yang mencapai 100 gol di kompetisi Liga Champions.

Jadi, meskipun Manchester United kehilangan Zlatan Ibrahimovic di musim 2016/17, jika Cristiano Ronaldo kembali ke Inggris, maka Setan Merah tak perlu takut lagi para pemainnya seret dalam urusan mencetak gol. Dalam waktu dekat, raihan trofi MU pun akan bertambah seiring dengan kedatangan Ronaldo.


2. Pro: Keuangan Manchester United akan Meningkat Tajam

Kostum tandang Manchester United.

Apabila Cristiano Ronaldo kembali ke Manchester United, maka bisa dipastikan neraca keuangan Setan Merah akan meningkat tajam. Hal tersebut karena nilai jual Ronaldo yang begitu besar di mata dunia, tak hanya karena wajah tampan rupawan, namun juga kualitasnya sebagai pemain sepakbola.

Cristiano Ronaldo menggunakan nomor punggung 7 di Manchester United.

Terlebih, seragam nomor punggung 7 pasti akan kembali ke pelukan Ronaldo jika ia kembali ke Old Trafford. Bisa dibayangkan, berapa juta orang yang akan mengantre untuk membeli jersey bernomor punggung 7 Manchester United dengan nama Ronaldo.

Apalagi setelah ditinggal oleh pesepakbola asal Portugal itu, nomor punggung 7 Setan Merah seakan mati dan kehilangan pemiliknya. Michael Owen, Valencia, Angel Di Maria, dan Memphis Depay tak sanggup mengemban tugas berat dari nomor punggung 7 MU.


3. Kontra: Biaya Transfer Ronaldo Terbilang Sangat Gila!

Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Manchester United dilaporkan siap mengajukan proposal penawaran sebesar 175 juta poundsterling atau setara dengan Rp2,9 triliun plus David De Gea. Harga tersebut akan menjadikannya pesepakbola termahal di dunia setelah Paul Pogba.

Menurut data yang diambil dari Transfermarkt, saat ini Cristiano Ronaldo memiliki harga pasar sekitar 100 juta euro, atau setara dengan Rp1,4 triliun. Pesepakbola berusia 32 tahun itu masih memiliki kontrak hingga tahun 2021 mendatang.

Selain itu, Real Madrid memberikan klausul beli di dalam kontrak Ronaldo senilai 1 miliar euro, atau setara dengan Rp14,8 triliun. Bisa dibayangkan, dengan nilai sebesar itu, Anda bisa membeli sebuah pulau di Hawaii, yaitu Lanai Island yang dihargai sekitar Rp8,1 triliun. Bahkan Anda masih bisa menggunakan Rp6 triliun tersisa untuk dihabiskan.


4. Kontra: Meredupnya Pemain-pemain Muda MU seperti Rashford dan Martial

Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Kehadiran Cristiano Ronaldo di lini depan Manchester United bisa saja mematikan karier Marcus Rashford dan Anthony Martial. Ronaldo memang sejatinya bermain di sisi kiri sebagai pemain sayap. Namun dirinya bisa saja ditarik lebih maju ke depan untuk bermain sebagai striker.

Sebelumnya, kehadiran Zlatan Ibrahimovic di MU sudah membuat Rashford dan Martial mendapatkan pengurangan jatah bermain. Beruntung, Marcus Rashford masih bisa menunjukkan kualitasnya ketika dipercaya sebagai striker utama menggantikan Ibrahimovic yang cedera.

Striker muda Manchester United, Marcus Rashford.

Hal kurang beruntung justru didapat oleh Anthony Martial, di mana dirinya kerap terpinggirkan dan melihat rekan-rekannya dari bangku cadangan. Terhitung, mantan pemain AS Monaco hanya bermain penuh selama 90 menit sebanyak 7 kali di liga.

Striker Manchester United, Anthony Martial.

Kesempatan paling banyak bermain penuh itu didapatkan ketika Manchester United tengah fokus mempersiapkan diri di Liga Europa. Sehingga beberapa pemain inti diistirahatkan dan Martial mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak.

Jika Ronaldo memutuskan untuk datang ke Manchester United, maka mau tak mau manajemen Setan Merah melepas salah satu dari nama tersebut agar tak terjadi pemborosan di dalam skuat.

Bursa TransferReal MadridManchester UnitedCristiano RonaldoBola Internasional

Berita Terkini