x

Ini 4 Penjualan Jersey yang Setara dengan Harga Pemainnya

Senin, 26 Juni 2017 20:17 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Jersey Ronaldo dan Messi.

Sudah menjadi sebuah kebutuhan bila sebuah klub, terutama klub papan atas Eropa, melakukan aktivitas jual beli pemain pada bursa transfer. Hal itu digunakan untuk memperkuat komposisi pemain yang dimilikinya.

Baca Juga:

Selain mampu membantu tim dalam meraih hasil maksimal di atas lapangan, pemain baru yang klub butuhkan biasanya tidak hanya digunakan dalam segi permainan saja, melainkan juga untuk segi penjualan di pasaran.

Beberapa klub bahkan rela membeli pemain dengan harga yang tak wajar, seperti yang dilakukan oleh Manchester United saat memborong kembali mantan pemain mereka, Paul Pogba, dari Juventus. Setan Merah menjadikan gelandang Timnas Prancis itu sebagai pemain termahal dunia dengan harga 105 juta euro, atau sekitar Rp1,5 triliun.

Paul Pogba, gelandang Manchester United.

Apa yang dilakukan oleh manajemen Man United sejatinya tidak hanya untuk keperluan klub di atas lapangan, namun juga keperluan klub dari segi penjualan. Hal tersebut pun terbukti dengan larisnya jersey Pogba di pasaran, yang kabarnya mampu menutup harga sang pemain itu sendiri.

Paul Pogba juga bekerja sama dengan Adidas.

Melihat hal ini, sekaligus memanaskan bursa transfer musim panas yang akan dibuka pada bulan Juli nanti, INDOSPORT mencoba merangkum beberapa penjualan jersey yang setara dengan harga ketika klub tersebut memboyong sang pemain.


1. Mesut Ozil

Bintang Arsenal, Mesut Ozil.

Bintang Arsenal, Mesut Ozil, datang dari Real Madrid dengan harga yang tak sedikit, yakni 42 juta poundsterling atau sekitar Rp712,1 miliar. Namun kabarnya, tak berselang lama Arsenal mampu menutupi harga tersebut dengan penjualan jersey sang pemain.

Dikabarkan hanya beberapa hari pasca The Gunners resmi mendatangkan Ozil pada akhir bursa transfer musim panas 2013 silam, Arsenal telah 12 kali memasang iklan penjualan jersey sang pemain di situs resmi mereka.

Selain itu, dikabarkan pula penjualan jersey Ozil di Arsenal dikatakan lebih laris dibanding penjualan jersey yang dilakukan oleh Real Madrid ketika mendatangkan Gareth Bale di Tottenham Hotspur.


2. Eden Hazard

Bintang Chelsea, Eden Hazard.

Chelsea resmi mendatangkan Eden Hazard dari Lille dengan harga 35 juta euro, atau sekitar Rp521,7 miliar pada Juli 2012 silam. Jelas, itu merupakan harga yang mahal karena saat itu dirinya baru berusia 21 tahun.

Namun performanya yang impresif bersama Lille yang berhasil membawa Lille menjuarai Ligue 1 Prancis membuat The Blues rela mengeluarkan dana yang besar untuk sang playmaker. Terlebih, harga yang dikeluarkan Chelsea kabarnya tertutup dengan penjualan jersey sang pemain.

Selain itu, dilansir oleh Sky Sport Hazard menjadi pemain Chelsea satu-satunya yang memiliki rekor bagus dengan penjualan jersey terbanyak di Liga Primer Inggris musim 2015/16 lalu.


3. Neymar

Bintang Barcelona, Neymar.

Barcelona harus merogoh kocek dalam-dalam ketika mendatangkan bintang Timnas Brasil, Neymar, dari Santos pada Juli 2013 lalu. La Blaugrana harus menggelontorkan dana sebesar 88,2 juta euro, atau sekitar Rp1,3 triliun untuk pemain berusia 25 tahun ini.

Namun, penjualan jersey Neymar dikabarkan telah menutupi harga yang telah dikeluarkan oleh Barcelona untuk Santos maupun agen sang pemain.

Pada musim lalu saja, Barcelona mengaku telah menjual 1,98 juta jersey dengan nama Neymar serta nomor punggung 11 pada bagian punggung.


4. Cristiano Ronaldo

Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, datang dari Manchester United pada Juli 2009 silam dengan harga 80 juta poundsterling, atau sekitar Rp1,3 triliun. Harga tersebut menjadikannya sebagai pemain termahal dunia kala itu.

Mendatangkan Ronaldo ke Santiago Bernabeu nyatanya menjadi berkah tersendiri untuk kubu Los Blancos. Tak hanya kemampuannya di atas lapangan, namun dari segi penjualan pun Ronaldo memberikan keuntungan untuk Madrid.

Dikabarkan, jersey Ronaldo dengan nomor punggung 9 kala itu langsung ludes di pasaran, baik di toko resmi Adidas maupun penjualan melalui situs resmi klub. Dirinya pun menjadi pemain Madrid dengan penjualan jersey terbanyak saat dirinya berganti nomor punggung menjadi 7, hingga saat ini.

Cristiano RonaldoNeymarEden HazardMesut OzilPaul PogbaJerseyBola Internasional

Berita Terkini