x

4 Kontribusi Vital Rooney Andai Hijrah ke Everton

Minggu, 9 Juli 2017 16:01 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Striker Manchester United, Wayne Rooney, yang dikabarkan akan hengkang ke Everton.

Legenda Manchester United, Wayne Rooney, dikabarkan kian dekat menuju klub masa kecilnya, Everton. Bahkan, Sky Sports melansir pemain kelahiran 31 tahun silam itu telah tiba di Kota Liverpool untuk melakukan tes medis.

Baca Juga:

The Wazza dikabarkan menjadi bagian dari transfer penyerang Everton, Romelu Lukaku, yang kian dekat kepindahannya ke Old Trafford Stadium. Terakhir, Lukaku sendiri telah menjalani tes medis dan sempat berlatih bersama Paul Pogba di Amerika Serikat.

Wayne Rooney, legenda Manchester United.

Kembalinya Rooney ke Everton tak lepas dari keinginan Jose Mourinho, manajer Setan Merah, yang mengizinkannya keluar dari Kota Manchester. Selain karena faktor umur, Rooney dinilai sudah tidak lagi menemukan permainan terbaiknya pasca cedera lutut, engkel, dan hamstring yang menimpanya di musim lalu.

Rooney yang masih memiliki kontrak hingga akhir Juni 2019, memilih untuk pergi dibanding menjadi penghangat bangku cadangan. Everton, yang hingga kini telah mendatangkan 5 pemain anyar, ingin menjadikan mantan pemainnya tersebut menjadi pemain keenam yang didatangkan pada bursa transfer musim panas ini.

Wayne Rooney saat mengenakan seragam Everton dalam laga amal di bulan Januari 2017 lalu.

Keinginan Rooney untuk bergabung ke Everton pun menjadi angina segar tersendiri untuk para penggemar The Toffees. Selain karena mereka akan kedatangan kembali ‘anak hilang’ mereka, kehadiran Rooney di Everton pastinya akan menjadi pembeda tersendiri untuk rival sekota Liverpool tersebut.

Melihat hal ini, INDOSPORT akan merangkum beberapa kontribusi vital yang kemungkinan besar akan terjadi bila suami dari Coleen Rooney tersebut kembali ke klub kampung halamannya, Everton.


1. Membawa Everton Meraih Gelar Juara

Fans Everton.

Terlalu berlebihan memang bila kita langsung membicarakan gelar juara untuk Everton. Walau mereka mendatangkan pemain kelas dunia macam Wayne Rooney sekalipun, menjuarai gelar Liga Primer Inggris pastinya masih terlalu sulit untuk skuat Ronald Koeman.

Sejauh ini, The Toffees telah mendatangkan 5 pemain pada bursa transfer musim panas. Nama-nama seperti Jordan Pickford, Michael Keane, Davy Klaassen, Henry Onyekuru, hingga lulusan La Masia Sandro Ramirez pun merapat ke Goodison Park.

Namun, dengan komposisi skuat yang mereka datangkan itu ditambah beberapa pemain bintang seperti Kevin Mirallas, Ashley Williams, Morgan Schneiderlin, Ross Barkley, serta Rooney yang kian dekat, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pesaing dalam memperebutkan posisi 4 besar.

Ditambah lagi dengan adanya Rooney nanti, mental juara para pemain Everton pun dapat berkembang. Piala FA serta Piala EFL (Piala Liga Inggris) mungkin dapat mereka menangkan di musim 2017/18.


2. Penjualan Jersey Bantu Neraca Ekonomi Everton

Jersey Everton.

Kembalinya Rooney ke Everton tidak hanya akan membantu klub dalam menghasilkan poin maksimum di atas lapangan. Bagi manajemen The Toffees, kehadiran mantan kapten Timnas Inggris itu dapat menjadi keuntungan besar untuk klub.

Bagaimana tidak? Rooney yang menjadi bagian dari transfer Lukaku ke Manchester United kemungkinan besar akan menggunakan nomor punggung 10, yang sebelumnya digunakan oleh penyerang Timnas Belgia tersebut.

Penjualan jersey Everton bernomor punggung 10 dengan nama Rooney pun disinyalir akan laku keras, dan menjadi keuntungan tersendiri untuk rival sekota Liverpool ini. 


3. Menjadi Kapten dan Mengubah Mental Pemain

Wayne Rooney saat menjadi kapten Timnas Inggris.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, kedatangan Rooney dapat mengubah mental para pemain Everton dalam menjalani kompetisi di musim 2017/18 mendatang.

Dengan pengalaman yang dimilikinya, Rooney dapat menjadi panutan para pemain-pemain muda yang baru saja didatangkan oleh Koeman pada bursa transfer musim panas ini seperti Jordan Pickford, Davy Klaassen, Sandro Ramirez, serta Michael Keane.

Bila pada musim-musim sebelumnya Everton terlihat ‘hanya ingin’ bersaing di papan tengah klasemen Liga Primer Inggris, kini dengan kedatangan Rooney nantinya bukan tidak mungkin bila The Toffees akan bersaing untuk masuk ke zona Liga Champions.


4. Berpotensi untuk Kembali Menciptakan ‘Gol Indah’ Kemenangan Timnya

Wayne Rooney melakukan tendangan salto kala melawan Manchester City di tahun 2011.

Tentu kita ingat ketika Rooney, bersama Evertonnya dulu, berhasil menghentikan dominasi tak terkalahkan Arsenal di Liga Primer Inggris musim 2002/03. Rooney yang saat itu masih berusia 16 tahun, menjadi penentu kekalahan Arsenal dengan skor 2-1 di Goodison Park.

Gol kemenangan Rooney dicetak di penghujung babak kedua. Rooney yang kala itu mengenakan jersey bernomor punggung 18 itu berhasil menggetarkan jala David Seaman melalui lesakkan dari luar kotak penalti.

Semenjak saat itu, dirinya pun terus berkembang hingga akhirnya Sir Alex Ferguson kepincut dan memborongnya ke Old Trafford pada Agustus 2004. Jika kembali bergabung ke Everton, bukan hal yang tidak mungkin dirinya kembali mencetak gol indah untuk kemenangan timnya.

Seperti yang kita ketahui, bila bersama Everton gol indahnya tercetak saat menghentikan dominasi Arsenal di musim 2002/03, maka bersama Setan Merah gol indahnya tersebut terjadi dalam Derby Manchester di musim 2010/11, ketika mengalahkan Man City dengan skor 2-1.

Bursa TransferManchester UnitedWayne RooneyEvertonLiga Primer InggrisBola Internasional

Berita Terkini