x

Tak Hanya Chester Bennington, 4 Pesepakbola Ini Juga Meninggal Secara Tragis Akibat Gantung Diri

Jumat, 21 Juli 2017 17:15 WIB
Penulis: Nindhitya Nurmalitasari | Editor: Yohanes Ishak
Terdapat beberapa kasus bunuh diri yang pernah menggemparkan dunia sepakbola.

Publik baru saja dikejutkan oleh kabar kematian vokalis band Linkin Park, Chester Bennington. Pria 41 tahun tersebut dilaporkan meninggal dunia secara tragis akibat bunuh diri di kediamannya di Palos Verdes Estates, Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Kabar menyedihkan ini pun tidak hanya membuat dunia musik berduka, namun juga mengundang haru bagi publik sepakbola. Adalah Ipswich Town, salah satu klub sepakbola Divisi Championship di Liga Inggris yang dilaporkan turut merasa kehilangan salah satu suporter terbaiknya tersebut.

Ipswich Town bahkan langsung mengungkapkan belasungkawa setelah mendengar kabar mengejutkan tersebut.

Baca Juga

Chester Bennington sendiri diduga mengakhiri hidupnya dengan melakukan gantung diri pada 20 Juli 2017 waktu setempat, sebagaimana dilaporkan oleh laman TMZ

Kematian tragis pesohor dunia ini tentunya amat disayangkan. Namun, tahukah Anda bahwa kasus bunuh diri dengan cara gantung diri ini tidak hanya menghantui dunia hiburan, tetapi juga pernah menggemparkan dunia sepakbola?

Berikut ini INDOSPORT merangkum 4 pesepakbola yang mengakhiri hidupnya secara tragis dengan cara gantung diri. Tentunya aksi ini bukanlah hal yang patut ditiru, namun dapat menjadi pelajaran agar tidak lagi terulang di masa depan.


1. Dale Roberts

Dale Roberts menjadi salah satu pesepakbola yang mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

Pada tahun 14 Desember 2010 silam publik sepakbola, khususnya di Inggris, dikejutkan dengan kematian Dale Roberts. Kiper kelahiran 22 Oktober 1986 ini ditemukan meninggal gantung diri di rumahnya.

Hal ini sungguh tragis lantaran ia meninggal di usia yang masih amat muda yakni 24 tahun. Empat tahun sebelum meninggal atau pada tahun 2006, Roberts menandatangani kontrak profesional dengan klub kasta kedua Liga Inggris, Nottingham Forest. Ia kemudian dipinjamkan ke Eastwood Town dan  Alfreton Town, sebelum berpindah ke Rushden & Diamonds.

Roberts juga sempat melakukan debut internasional dengan Timnas Inggris C saat melawan Malta di musim 2009/10. Kiper yang mencatatkan 6 caps dengan Timnas Inggris C ini bahkan sempat dinobatkan sebagai pemain terbaik musim 2009/10.

Dilansir dari Sportskeeda, Dale Roberts nekat mengakhiri hidupnya karena merasa dipermalukan setelah kabar mengenai perselingkuhan tunangannya dengan Paul Terry merebak di media massa. Paul Terry sendiri merupakan saudara kandung dari kapten Chelsea, John Terry.


2. Gary Andrew Speed

Gary Speed salah satu pesepakbola yang mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

Gary Andrew Speed merupakan salah satu legenda sepakbola Inggris yang mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. Peristiwa mengenaskan ini terjadi pada 27 November 2011 lalu, hanya beberapa jam setelah ia muncul dalam sebuah wawancara bersama BBC

Gary pertama kali ditemukan oleh istrinya sendiri dalam keadaan gantung diri di garasi rumahnya. Nyawanya pun tak tertolong meski sang istri sempat memanggil ambulans.

Pria yang lahir pada tanggal 8 September 1969 ini memulai debutnya secara profesional pada Juni 1988 di Leeds United. Setelahnya ia juga pernah bermain untuk beberapa klub sepakbola besar seperti Everton, Newcastle United, Bolton, dan Sheffield United.

Pada Desember 2006 ia memecahkan rekor sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di Liga Inggris dengan total 535 pertandingan, dilansir dari Sportskeeda. Ia juga menempati peringkat kedua dalam jumlah penampilan untuk Timnas Wales, dengan 85 caps. Tak heran, Gary Speed lalu diangkat menjadi manajer Timnas Wales periode 1990 sampai 2004 setelah pensiun.

Alasan meninggalnya Gary Speed sendiri hingga saat ini masih menjadi teka-teki.


3. Timothy Douglas Carter

Timothy Douglas Carter salah satu pesepakbola yang mengakhiri hidupnya dengan gantung diri.

Timothy Douglas Carter merupakan kiper yang pernah menggawangi sederet klub seperti Bristol Rovers, Newport County, Sunderland, Carlisle United, Birmingham City, Hartlepool United, Millwall, Blackpool, Oxford United, dan Halifax City.

Sayangnya, Carter mengakhiri hidupnya secara mengenaskan pada 19 Juni 2008. Pria yang kala itu berusia 40 tahun tersebut ditemukan telah meninggal dunia di daerah Stretford, Inggris, dengan kondisi tergantung di sebuah pohon.

Laporan kepolisian menyebutkan bahwa hal tersebut murni merupakan aksi bunuh diri. Menurut beberapa pemberitaan, langkah ini ia ambil karena putus asa lantaran usahanya untuk menyembuhkan sang anak yang mengalami disabilitas tak kunjung membuahkan hasil.


4. Frantisek Rajtoral

Frantisek Rajtoral, pesepakbola Ceko yang ditemukan tewas gantung diri di rumahnya di Turki pada 23 April 2017.

Kabar duka juga pernah menyelimuti dunia persepakbolaan di Republik Ceko. Pasalnya, salah satu pemain Timnas Ceko, Frantisek Rajtoral ditemukan tewas gantung diri di rumahnya di Turki pada 23 April 2017 lalu.

Gelandang 31 tahun tersebut tercatat pernah 14 kali bermain untuk Timnas negaranya. Rajtoral juga sempat membawa Ceko ke perempatfinal Euro 2012. Saat ditemukan meninggal dunia, sejatinya ia masih tercatat sebagai pemain klub Turki, Gaziantepspor.

Maraknya fenomena bunuh diri di kalangan pesepakbola ini menimbulkan keprihatinan tersendiri. Bahkan, dilansir dari The Guardian, penelitian di tahun 2013 yang dilakukan oleh persatuan pemain FIFPro menunjukkan fakta mengejutkan. Bagaimana tidak, menurut survei tersebut lebih dari 10 persen kasus kematian yang terjadi pada pesepakbola profesional disebabkan karena aksi bunuh diri.

Fakta ini tentunya menggugah kesadaran publik akan pentingnya menjaga kesehatan fisik dan kesehatan mental secara seimbang. Selain itu, penanganan yang tepat untuk masalah kejiwaan yang dialami oleh atlet sepakbola dan atlet olahraga pada umumnya juga memegang peranan penting agar peristiwa serupa tidak kembali terulang.

CekoLeeds UnitedLiga InggrisBola InternasionalTimothy Douglas CarterDale RobertsGary Speed

Berita Terkini