x

3 Penyelamatan 'Gila' Andritany yang Bikin Persib Frustrasi

Sabtu, 22 Juli 2017 21:22 WIB
Editor: Ramadhan

Persija Jakarta pulang dengan kepala tegak usai berhasil menahan imbang tuan rumah Persib Bandung pada pekan ke-16 Gojek Traveloka Liga 1 2017. Bermain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Macan Kemayoran bermain imbang 1-1 kontra Maung Bandung.

Pada laga itu, Persib lebih dulu mencetak gol lewat Achmad Jufriyanto di menit ke-14. Gol terjadi secara tidak sengaja usai Andritany Ardhiyasa tak sempurna mengantisipasi bola sepak pojok yang datang. Bola liar pun mengenai punggung Jufriyanto dan masuk ke dalam gawang.

Andritany Ardhiyasa berhasil mengamangkan bola dari serangan Persib Bandung.

Empat menit berselang atau tepat di menit ke-18, Persija langsung merespons dengan mencetak gol penyeimbang lewat aksi ciamik Ramdani Lestaluhu. Gelandang enerjik asal Tulehu itu dengan tenang memaksimalkan umpan through pass cantik Rohit Chand menjadi gol berkelas.

Sayangnya, Persija sendiri harus bermain dengan 10 pemain usai Sandi Sute mendapatkan kartu kuning kedua di menit ke-65. Namun, meski bermain pincang, Persija nyatanya mampu menahan gempuran serangan Maung Bandung yang bertubi-tubi.

Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa saat sedang menangkap bola.

Salah satu aktor utama di balik keberhasilan Persija yang tak kebobolan banyak gol meski sudah bermain 10 pemain adalah keberadaan Andritany di bawah mistar gawang. Ya, kiper berusia 25 tahun itu mampu melakukan beberapa kali penyelamatan gemilang dari peluang-peluang emas Persib.

Baca Juga:

Berdasarkan pengamatan INDOSPORT, tercatat ada total empat penyelamatan krusial yang dilakukan Andritany sehingga membuat gawang Persija aman. Di babak pertama, Andritany melakukan dua kali penyelamatan masing-masing di menit ke-33 dan menit ke-40, di antaranya penyelematan menggunakan kaki dari sundulan Raphael Maitimo.

Lalu, di babak kedua, Andritany kembali melakukan aksi-aksi 'gila' di bawah mistar gawangnya. Di menit ke-79, kiper Timnas Indonesia itu berhasil menepis bola hasil sepakan tendangan bebas Michael Essien dengan aksi terbang.

Situasi adu mulut pemain Persib Bandung vs Persija Jakarta.

Lalu, di menit ke-80, Andritany kembali harus menjangkau bola hasil sundulan pemain Persib lewat skema sepak pojok dengan aksi terbangnya yang seperti superman. Dengan aksi-aksi apiknya itu, Andritany layak menjadi pemain terbaik pada laga tersebut.

Keberhasilan Persija menahan imbang Persib dengan skor 1-1 membuat tim asuhan Stefano Cugurra Teco memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka menjadi 11 laga beruntun. Sejauh ini, Persija juga masih menjadi tim dengan kebobolan paling sedikit di Liga 1 dengan catatan 9 kemasukan gol.

Persib BandungPersija JakartaAndritany ArdhiyasaLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini