x

Deretan 'Sandiwara' di Laga Persib Kontra Persija

Sabtu, 22 Juli 2017 22:27 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra

Laga sengit antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta, Sabtu (22/07/17), akhirnya berakhir imbang. Kedua klub yang memainkan laga di Stadion Gelora Bandung Lautan Api ini, harus puas dengan hasil 1-1 di ujung laga.

Tuan rumah unggul terlebih dahulu di menit ke-15 melalui Achmad Jufriyanto. Bek Persib ini mampu memanfaatkan blunder dari Andritany Ardhiyasa yang tidak sempurna menghalau bola.

Keunggulan Persib sendiri hanya bertahan empat menit. Ramdani Lestaluhu mampu membuat Macan Kemayoran menyamakan kedudukan melalui aksi cantiknya.

Laga ini juga diwarnai dengan sejumlah insiden sepanjang laga berjalan. Rivalitas kedua kesebelasan yang kuat menjadi ihwal terjadinya sejumlah panggung sandiwara di lapangan hijau.

INDOSPORT mencoba merangkum sejumlah 'drama Korea' yang terjadi dalam laga sengit ini. Berikut ulasannya:


1. Akting Buruk Pachecho

Willian Pachecho sempat membuat 'drama' di babak pertama.

Derasnya serangan Persib Bandung kian terasa usai Ramdani Lestaluhu menyamakan kedudukan di menit ke-19. Para pemain Persib Bandung semakin gencar melakukan serangan ke lini pertahanan Persija.

Para pemain Persib pun sempat terpancing untuk bermain keras. Hal ini dimanfaatkan betul oleh para penggawa Persija Jakarta.

Salah satu drama terjadi di menit ke-29 kala Raphael Maitimo melakukan sentuhan terhadap Willian Pachecho. Usai merebut bola dari Michael Essien, Pachecho yang tengah mempertahankan bola mendapat 'sentuhan' dari Maitimo.

Sekilas, apa yang dilakukan pemain naturalisasi ini tak terlampau keras dan membahayakan. Aksi ini kemudian langsung direspons bek Persija tersebut dengan mengerang keras di tengah lapangan.

Bahkan pertandingan sempat dihentikan untuk memberi waktu bagi Pachecho mendapatkan perawatan. Usai dibawa ke tepi lapangan, Pachecho kemudian bisa kembali ke lapangan dengan sehat wal afiat.


2. Tamparan Vladimir Vujovic

Ahmad Jufrianto melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya setelah cetak gol pada menit ke-14.

Kedudukan 1-1 membuat tensi pertandingan memanas jelang berakhirnya babak pertama. Persib Bandung yang tak ingin malu mencoba menyerang sekuat tenaga ke lini pertahanan Persija Jakarta.

Sebuah kemelut di muka gawang Persija menjadi awal 'drama' pertama dalam laga ini. Berawal dari upaya Achmad Jufriyanto menendang bola yang sudah ditangkap Andritany, Ismed Sofyan berang dan terlibat saling dorong dengannya.

Kejadian ini kemudian memicu sedikit kericuhan di dalam gawang Persija. Vladimir Vujovic yang terpancing dengan ulah Ismed kemudian terlibat adu mulut dengan bek Persija tersebut.

Ismed kemudian tertangkap kamera mencoba menanduk wajah dari Vujovic. Merasa diserang, Vujovic kemudian membalas dengan sebuah tamparan ke arah Ismed.

Meski tak terlihat jelas, namun sepintas tamparan Vujovic ini mengenai angin karena lebih dulu ditahan oleh rekannya. Ismed sendiri langsung terjatuh dan beraksi seolah mendapatkan tamparan keras dari lawannya.

Aksi ini sempat memancing sejumlah komentar di lini masa media sosial. Sebagian Bobotoh kemudian mengecam aksi yang dilakukan Ismed sebagai ulah 'kotor' dalam laga ini.


3. Tragedi Matsunaga

Willian Pachecho sempat tertangkap kamera melakukan 'aksi kotor' saat melawan Persib.

Drama terakhir di babak pertama kemudian berlanjut dengan melibatkan Willian Pachecho kembali. Bek asal Brasil ini tertangkap kamera menginjak Shohei Matsunaga.

Aksi 'kotor' Pachecho ini terjadi usai dirinya menjatuhkan Matsunaga. Bermaksud untuk menghindari benturan, bek Persija ini kemudian justru menginjak paha dari Matsunaga.

Sontak saja aksi ini membuat Matsunaga berteriak dan meringis. Namun wasit yang memimpin laga tak memberikan kartu kepada Pachecho.

Aksi ini juga sempat membuat para pemain Persib melakukan protes keras. Namun wasit tetap menginstruksikan agar pertandingan tetap berjalan.


4. Kartu Merah di Tengah Laga

Selebrasi pemain Persija Jakarta usai pertandingan.

Puncak ketegangan laga terjadi saat Persija Jakarta harus bermain dengan 10 orang. Hal ini terjadi saat Sandi Sute mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-65.

Sepuluh menit sebelumnya, Sandi sudah menerima kartu kuning karena pelanggarannya terhadap Michael Essien. Kemudian Sandi dianggap wasit melakukan pelanggaran keras terhadap Shohei Matsunaga.

Matsunaga yang sanggup melewati penjagaan Sandi, kemudian menerima tekel dari belakang. Hal ini membuat wasit bertindak tegas dengan mengeluarkan kartu kuning kedua bagi gelandang Persija tersebut.

Keputusan ini juga mendapat protes keras dari para pemain Persija Jakarta. Tak kurang Bruno Lopes dan Willian Pachecho nampak beradu argumen dengan wasit yang memimpin laga.

Meski harus bermain dengan 10 orang, Persija tetap mampu menjaga hasil imbang hingga akhir pertandingan. Hasil ini juga membuat Macan Kemayoran mempertahankan rekor 11 laga tak terkalahkan di Liga 1.

Persib BandungPersija JakartaShohei MatsunagaWillian PachechoLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini