x

Deretan 5 Pemain Spanyol Termahal Sepanjang Masa

Minggu, 23 Juli 2017 06:52 WIB
Editor: Rendy Gusti
Logo Timnas Spanyol.

Jika berbicara tentang Spanyol, tentu yang ada di pikiran kita akan tertuju kepada Barcelona ataupun Real Madrid. Kedua klub tersebut selalu memiliki hal menarik untuk dibahas setiap kali bursa transfer dibuka. Baik itu dari pemain yang berkhianat ke klub rival, atau membeli pemain dengan harga fantastis.

Contoh nyatanya adalah ketika Barcelona mendatangkan Neymar dari Santos, dan Real Madrid mendatangkan Gareth Bale dari Tottenham Hotspur. Banyak yang mengatakan bahwa Neymar merupakan pemain termahal di dunia, setelah muncul beberapa isu bahwa El Barca menutupi nilai transfer yang sebenarnya.

Bintang Barcelona, Neymar.

Namun, pada akhirnya Gareth Bale dinobatkan sebagai pemain termahal di dunia pada tahun 2013 silam. Setelahnya, rekor tersebut berhasil dipecahkan oleh Manchester United ketika membawa pulang Paul Pogba dari Juventus.

Baca Juga

Perihal bursa transfer dan pemain termahal, bagaimana dengan pemain asli Spanyol sendiri? Mengambil data dari Sportskeeda, ternyata terdapat beberapa pemain asal Spanyol yang memiliki rekor transfer fantastis. Siapa sajakah mereka? Berikut ini INDOSPORT telah merangkumnya untuk para pembaca setia.


1. David Villa (Barcelona)

Eks pemain Barcelona, David Villa.

Barcelona mendatangkan David Villa setelah beberapa striker andalan mereka, seperti Zlatan Ibrahimovic (pindah ke AC Milan) dan Thierry Henry mulai menunjukkan penurunan performa. Untuk itu, El Barca mencari striker haus gol untuk mengisi lini depan mereka.

David Villa didatangkan dari Valencia pada tahun 2010 silam dengan mahar sebesar 34 juta poundsterling, atau setara dengan Rp588 miliar. Sebelumnya, Los Che enggan menjual salah satu pemain bintangnya, namun dengan iming-iming kesuksesan dan raihan trofi, striker yang kini berusia 35 tahun itu pun memutuskan untuk pindah.

David Villa ketika masih berseragam Barcelona.

Bersama Barcelona, Villa berhasil menorehkan beberapa trofi bergengsi. Di antaranya adalah 2 Piala La Liga Spanyol (2010/11 dan 2012/13), 1 Piala Copa del Rey (2011/12), 1 piala Liga Champions (2010/11), dan 1 Piala Dunia Antarklub (2012).

Striker kelahiran 3 Desember 1981 silam itu pun mampu memperlihatkan duet yang sangat baik bersama Lionel Messi di lini depan. Pesepakbola dengan julukan El Guaje itu mencatatkan 48 gol dari 119 laganya di semua kompetisi bersama Blaugrana.


2. Juan Mata (Manchester United)

Gelandang Manchester United, Juan Mata.

Pemain Spanyol kedua yang menjadi pemain termahal sepanjang masa adalah gelandang Manchester United, Juan Mata. Mantan pemain Valencia itu harus rela dirinya dijual ke salah satu klub rivalnya ketika ia memiliki musim yang sangat baik bersama Chelsea.

Kedatangan Jose Mourinho dan juga Oscar disebut-sebut sebagai salah satu alasan dirinya terpinggirkan dari skuat. Padahal, selama 2 tahun berturut-turut Mata berhasil menjadi pemain Chelsea terbaik di tahun 2012 dan 2013.

Juan Mata rayakan gol bersama para penggawa Manchester United.

Juan Mata bergabung dengan Manchester United pada tahun 2014 silam dengan nominal mencapai 37 juta poundsterling, atau setara dengan Rp640 miliar. Kini, dirinya kembali dipertemukan dengan Jose Mourinho setelah Setan Merah menujuknya sebagai pelatih utama Setan Merah.


3. Gaizka Mendieta (Lazio)

Eks Valencia, Gaizka Mendieta.

Mantan pemain Valencia kembali masuk dalam jajaran pemain Spanyol termahal sepanjang masa. Kali ini adalah Gaizka Mendieta yang menerima pinangan Lazio pada tahun 2001 silam. Sebelumnya ia sempat tampil luar biasa bersama Valencia dengan mencatatkan 41 gol serta 8 assists.

Meskipun sempat menyatakan tak ingin menjual Mendieta, tawaran menggiurkan yang datang dari Lazio membuat manajemen Los Che terpaksa menjualnya. Kala itu, Lazio datang dengan tawaran 40 juta poundsterling, atau setara dengan Rp692 miliar.

Gaizka Mendieta sempat menjadi pemain Spanyol termahal di dunia setelah dibeli oleh Lazio.

Namun, kariernya bersama Lazio tak berjalan dengan mulus setelah ia hanya bertahan 1 musim saja. Ia pun harus rela dipinjamkan ke Barcelona, sebelum akhirnya kembali dipinjamkan ke Middlesbrough.

Selama 1 musim berseragam Lazio, Gaizka Mendieta hanya bermain sebanyak 31 laga di semua kompetisi tanpa mencetak gol maupun assists. Ia pun mendapat label pemain gagal dan pembelian sia-sia dalam sejarah sepakbola saat itu.


4. Fernando Torres (Chelsea)

Fernando Torres.

Semua pencinta sepakbola tentu masih ingat ketika Chelsea membeli Fernando Torres sebesar 50 juta poundsterling, atau setara dengan Rp865 miliar. Tak hanya ia menjadi pemain Spanyol termahal di dunia, namun juga transfer termahal yang terjadi di Tanah Inggris saat itu.

Namun, harga mahal yang disematkan kepadanya ternyata berbanding berbalik dengan kontribusi yang diberikan oleh Torres. Mantan pemain Liverpool dan Atletico Madrid itu justru sering membuang-buang peluang dan kerap mandul di depan gawang lawan.

Eks Striker Chelsea, Fernando Torres.

Meskipun begitu, Torres memiliki beberapa gol penting ketika masih berseragam The Blues. Bersama Chelsea, striker berusia 33 tahun itu berhasil memenangkan trofi Liga Champions (2011/12) dan juga Liga Europa (2012/13).


5. Alvaro Morata (Chelsea)

Alvaro Morata akan memakai jersey Chelsea musim depan.

Alvaro Morata merupakan pemain Spanyol termahal sepanjang masa setelah setuju untuk bergabung dengan Chelsea dari Real Madrid. Saga transfer yang berlarut-larut serta beragam spekulasi terkait masa depannya akhirnya menemui titik akhir, dan Morata bergabung dengan juara Liga Primer Inggris 2016/17.

Mantan striker Juventus itu dibeli dengan harga 70 juta poundsterling, atau setara dengan Rp1,2 triliun. Morata akan didapuk sebagai ujung tombak serangan The Blues, setelah sang pelatih, Antonio Conte tak membutuhkan jasa Diego Costa di musim 2017/18 mendatang.

Alvaro Morata, striker Chelsea.

Morata dikontrak selama 5 tahun dan diharapkan bisa menjadi mesin pencetak gol, seperti apa yang dibutuhkan Chelsea untuk musim depan.

Salah satu alasan striker berusia 24 tahun itu hengkang dari Santiago Bernabeu adalah minimnya jatah bermain yang diberikan oleh Zinedine Zidane. Morata harus rela menjadi pilihan kedua di belakang Karim Benzema, meskipun telah menunjukkan performa luar biasa sebagai pemain pengganti.

SpanyolDavid VillaFernando TorresAlvaro MorataJuan MataGaizka MendietaBola Internasional

Berita Terkini