x

10 Transfer Termahal Liga Top Eropa 2017/18

Rabu, 26 Juli 2017 19:04 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning

Bursa transfer musim panas tahun 2017/18 menyisakan kurang lebih lima pekan lagi. Namun demikian, sejumlah rekor transfer sudah terpecahkan.

AC Milan bisa dibilang menjadi salah satu tim yang paling rajin membelanjakan pemain di kesempatan kali ini. Raksasa Serie A pemegang gelar Liga Champions terbanyak di Italia itu mendaratkan nyaris satu tim alias 11 pemain.

Menariknya, Il Diavolorosso terbilang tidak boros. Pasalnya, hanya ada satu pemain yang masuk dalam top 10 transfer termahal musim ini, yaitu Leonardo Bonucci (dari Juventus).

Bahkan, Milan cuma mengirimkan tiga pemain saja di 25 besar transfer termahal, setidaknya hingga tanggal 26 Juli 2017 ini. Selain Bonucci, mereka adalah Andre Silva (32,3 juta pounds - dari Porto) dan Andrea Conti (21,25 juta pounds - dari Atalanta).

Di Inggris, Everton juga menjadi salah satu yang paling sibuk. Hasil penjualan Romelu Lukaku ke Manchester United membuat The Toffees, julukan Everton, memiliki banyak cadangan tabungan untuk merekrut pemain-pemain di sejumlah lini, mulai dari kiper, bek, gelandang, sampai penyerang.

Kali ini, INDOSPORT mencoba merangkum 10 transfer termahal liga top Eropa 2017/18 hingga tanggal 26 Juli 2017.


1. Urutan 10-8: Bonucci Sang Pembelot

Leonardo Bonucci memakai nomor punggung 19.

Corentin Tolisso: Lyon ke Bayern Munchen (35,28 juta pounds)

Dilansir dari situs resmi Munchen, The Bavarian baru saja menuntaskan transfer mereka dengan pemain yang berposisi sebagai, gelandang tengah, Corentin Tolisso.

Pemain asal Prancis ini diboyong Munchen dari Olympique Lyon dengan mahar senilai 40 juta euro atau lebih dari Rp595 miliar dan diikat kontrak selama 5 tahun ke depan atau tepatnya hingga tahun 2022 mendatang.

Kabarnya, klub asal London Barat itu berhasrat mendatangkan pemain berusia 22 tahun itu ke Stamford Bridge, guna mengantisipasi kepergian gelandang bertahan mereka, Nemanja Matic yang kian dikabarkan ingin direkrut oleh Manchester United.

Mohamed Salah: AS Roma ke Liverpool (35,7 juta pounds)

Penyerang anyar Liverpool, Mohamed Salah.

Liverpool berhasil mendapatkan pemain buruan pertamanya. Seperti yang sudah diduga, Liverpool mendatangkan mantan pemain Chelsea, Mohamed Salah setelah direkrut dari AS Roma.

Gelandang asal Mesir tersebut resmi berkostum Liverpool pada musim depan, setelah ditebus dengan dana sebesar 35,7 juta poundsterling atau setara dengan Rp560 miliar.

Leonardo Bonucci: Juventus ke AC Milan (35,7 juta pounds)

AC Milan mencapai kesepakatan final dengan Juventus untuk transfer Leonardo Bonucci pada Jumat (14/07/17) waktu setempat. Bek tangguh Italia itu dikontrak selama lima musim.

Bonucci sempat dikaitkan dengan Liga Primer Inggris, dengan Chelsea dan Manchester City muncul sebagai peminatnya sejak musim lalu namun lebih memilih bertahan di Turin. Ia kemudian hijrah ke AC Milan dengan segudang pertanyaan: Ada apa dengan Bonucci dan Massimiliano Allegri?


2. Urutan 7-5: James Pindah Kost

James Rodriguez.

Bernardo Silva: AS Monaco ke Manchester City (42,5 juta pounds)

Setelah melepas 5 pemainnya dalam beberapa hari yang lalu, Pep Guardiola akhirnya mengumumkan rekrutan pertamanya. Adalah Bernardo Silva, gelandang sayap AS Monaco yang tampil gemilang bersama klub asal Prancis tersebut di musim 2016/17.

Mantan pemain Benfica itu diboyong ke Etihad Stadium dengan mahar 42,5 juta poundsterling atau setara dengan Rp852 miliar. Nantinya, Silva akan menggunakan nomor punggung 20 dalam balutan seragam Manchester City.

James Rodriguez: Real Madrid ke Bayern Munchen (pinjaman dua tahun senilai 8,5 juta pounds, klausul 42,50 juta pounds)

Gelandang anyar Bayern Munchen, James Rodriguez.

James Rodriguez resmi dipinjam oleh Bayern Munchen selama 2 musim. Hal tersebut meruntuhkan segala spekulasi kepindahannya ke Manchester United maupun Chelsea.

Salah satu alasan hengkangnya gelandang kelahiran 12 Juli 1991 silam itu adalah minimnya jam terbang bersama Real Madrid di musim 2016/17. Selain itu, sang pelatih, Zinedine Zidane juga tak memberikannya keputusan apakah ia termasuk dalam rencana untuk musim depan.

Padahal, di musim lalu James Rodriguez cukup berkontribusi banyak atas raihan yang didapat oleh Los Blancos. Catatan 11 gol dan 13 assists dari 33 pertandingan ia dapatkan sebagai pemain lapis kedua. Sebuah angka yang terbilang baik melihat ia bukan tampil sebagai pilihan utama.

Kyle Walker: Tottenham Hotspur ke Manchester City (43,35 juta pounds)

Dengan bangga, Manchester City mengumumkan jika mereka telah resmi mendapatkan pemain incaran mereka di musim panas ini. Adalah Kyle Walker, bek kanan yang diboyong The Citizens dari Tottenham Hotspur dengan mahar senilai 43,35 juta poundsterling atau lebih dari Rp869 miliar.


3. Urutan 4-3: Mendy Bek Termahal Dunia

Pemain Timnas Prancis, Benjamin Mendy.

Alexandre Lacazette

Melalui situs resmi klubnya, Arsenal telah mengumumkan jika mereka telah mendapatkan striker asal Prancis, Alexandre Lacazette di jendela transfer musim panas ini.

Lacazette diboyong dari Ligue 1 Prancis dengan harga yang dirahasiakan, namun kabar terakhir mengatakan jika The Gunners bersedia membayar rekrutan anyarnya tersebut dengan harga 52 juta poundsterling atau lebih dari Rp899 miliar.

Benjamin Mendy

Benjamin Mendy saat diperkenalkan Manchester City.

Manchester City belum lama ini telah mendatangkan rekrutan barunya yang kelima di musim panas ini. Pemain itu adalah Benjamin Mendy yang diboyong dari AS Monaco.

Melalui website resminya, pihak Manchester City langsung meresmikan kedatangan bek kiri Timnas Prancis dengan menandatangani kontrak selama lima musim.

Dilaporkan, The Citizens harus membayar 52 juta poundsterling (Rp902 miliar) untuk mendatangkan pemain berusia 23 tahun tersebut.


4. Urutan 2-1: Duel Sengit di Lini Depan

Romelu Lukaku dan Alvaro Morata.

Yang paling menyita perhatian, selain karena nama besar, adalah transfer dua striker haus gol, Romelu Lukaku dan Alvaro Morata. Manchester United mendaratkan Lukaku dengan dana transfer mencapai 72 juta pounds, sementara Chelsea merogoh kocek tak kurang dari 55 juta pounds dari Real Madrid.

Ini sekaligus menjadi pembuktian bagi Chelsea dan Man United bahwa keduanya ingin menjadi yang terbaik di Liga Inggris musim 2017/18.

Di sisi lain, Morata menjadi striker termahal Chelsea sepanjang masa. Ia melewati rekor Fernando Torres sebelumnya ketika diboyong dari Liverpool musim 2010/11.

Bola Internasional

Berita Terkini