x

5 Pemain yang Lebih Mahal daripada Harga Klub Top Eropa

Rabu, 26 Juli 2017 16:03 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Kiri-kanan: Gareth Bale, Paul Pogba, dan James Rodriguez.

Nilai transfer seorang pemain sepakbola kerap menjadi sorotan karena menyangkut nominal yang luar biasa. Seperti di musim lalu, Manchester United rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendatangkan kembali Paul Pogba ke Old Trafford. Transfer ini pun memecahkan rekor dunia.

Sementara di musim ini, sorotan diarahkan pada bintang Barcelona, Neymar, yang sudah dilirik Paris Saint-Germain. Barca sedianya "memagari" pemainnya itu dengan klausul senilai 222 juta euro (Rp3,4 triliun). Namun rupanya Les Parisiens tertarik untuk mengaktifkan klausul tersebut.

Bintang Barcelona, Neymar diisukan untuk hengkang ke PSG.

Bila transfer ini terwujud, tak hanya Neymar akan menjadi pemain dengan rekor transfer termahal, tetapi juga bahkan tercatat lebih mahal dari sejumlah klub top Eropa seperti Leicester City dan Bayer Leverkusen. 

Baca Juga

Seperti halnya kelima pemain ini. Anda bisa menggunakan nilai transfer mereka untuk membeli sebuah klub sepakbola sekalian, bahkan masih ada kembalian. Pun klub ini bukan klub abal-abal, tetapi terbukti memiliki sejarah panjang dan bagus di Eropa.

Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT hadirkan perbandingan nilai transfer para pemain kelas dunia dengan nilai pasaran sejumlah klub top Eropa. 


1. Kevin De Bruyne > RCD Espanyol

Bintang Manchester City, Kevin De Bruyne.

Kevin De Bruyne menggenapi sepuluh besar transfer sepakbola termahal saat didatangkan ke Manchester City dari Wolfsburg pada Agustus 2015. Ketika itu, ia dibeli dengan mahar 74 juta euro, atau sekitar Rp1,1 triliun.

Musim perdana De Bruyne setelah didatangkan ke Man City cukup impresif. Dalam 45 penampilan, ia mencetak 17 gol dan 16 assists. Namun di musim lalu, ia hanya mencatat tujuh gol dan nilai pasarannya turun menjadi 45 juta euro.

Di sisi lain, ada klub seperti RCD Espanyol yang telah memenangkan empat gelar Copa del Rey. Meski pernah mengalami masalah finansial, mereka bisa tampil konsisten lagi di divisi pertama Liga Spanyol.

Terakhir kali, mereka memenangkan Copa del Rey pada 2006 dan pernah mencapai babak final Piala UEFA sebanyak dua kali. Di pasaran, klub Espanyol berharga 69,4 juta euro, atau sekitar satu triliun jika dirupiahkan.


2. Angel Di Maria > VfB Stuttgart

Angel Di Maria saat mendarat di Manchester United.

Pemain kelahiran Argentina ini dinilai memiliki kemampuan mumpuni saat ia berseragam Real Madrid. Ia pun dikontrak Manchester United dengan 75 juta euro (Rp1,3 triliun) pada 2014 silam, menjadikannya pemain termahal yang direkrut klub Inggris saat itu.

Namun sayangnya di musim debutnya bersama setan merah, ia gagal bersinar. Nilainya di pasaran pun anjlok dan dianggap sebagai salah satu rekrutan terburuk Man United pada saat itu. Akhirnya ia dibeli Paris Saint-Germain dengan 63 juta euro pada Agustus 2015.

Bila dibandingkan dengan salah satu klub bersejarah di Liga Jerman, nilai transfer Di Maria masih "kembalian" hampir dua juta euro untuk membeli klub VfB Stuttgart. Padahal klub berjuluk The Swabians ini pernah memenangkan gelar Bundesliga Jerman sebanyak lima kali.

Stuttgart sempat mengalami problem finansial pada periode 1975 hingga 2000. Namun setelah bisa melunasi utang-utangnya yang banyak, mereka bisa pulih dan bahkan menjadi runner up  Bundesliga pada musim 2002/03. Klub ini juga pernah diisi pemain-pemain top seperti Mario Gomez dan Sami Khedira.

Saat ini, VfB Stuttgart memiliki harga pasaran sebesar 55,9 juta euro, atau sekitar 970 miliar rupiah. Pada musim 2016/17, mereka menjuarai 2. Bundesliga dan kini berhak dipromosikan ke kasta tertinggi di Jerman.


3. James Rodriguez > AS Saint-Etienne

James Rodriguez saat masih berseragam Real Madrid.

Setelah Piala Dunia 2014, James Rodriguez menjadi “komoditi panas” yang diperebutkan oleh beberapa klub besar dunia. Namun pada akhirnya, Real Madrid-lah yang sukses menggondolnya ke Santiago Bernabeu.

Dengan total transfer senilai 80 juta euro, atau 1,2 triliun bila dirupiahkan, Rodriguez mendapat tempat layak untuk mengembangkan potensinya.

Namun setelah tiga musim merumput bersama Los Blancos, pemain 26 tahun ini dipinjamkan ke Bayern Munchen pada bursa transfer musim panas ini.

Menurut Sportskeeda, AS Saint-Etienne bagaikan Liverpool di Ligue 1 Prancis. Klub berjuluk The Greens ini merupakan salah satu klub tersukses di negaranya, dengan memenangkan Ligue 1 sebanyak 10 kali, enam Piala Prancis, dan enam Piala Super Prancis.

Saint-Etienne telah menelurkan sejumlah pemain hebat seperti legenda Prancis, Michel Platini. Namun bagaimanapun, klub ini bernilai 62,5 juta euro, atau nyaris sekitar 970 miliar rupiah.


4. Gareth Bale > Olympiakos

Gareth Bale selebrasi.

Gareth Bale mencetak rekor transfer terbesar saat itu ketika bergabung ke Real Madrid dari Tottenham Hotspur. Dalam transfer yang dilakukan musim panas 2013, ia diboyong ke Santiago Bernabeu dengan mahar senilai 100 juta euro, atau sekitar 1,6 triliun rupiah.

Namun tampaknya harga setinggi itu agak mubazir apabila melihat kiprahnya saat ini. Ia tak bisa keluar dari bayang-bayang megabintang Los Blancos, Cristiano Ronaldo. Belum lagi di musim 2016/17 lalu, Bale tercatat hanya 27 kali dimainkan oleh sang pelatih Zinedine Zidane.

Transfer senilai 100 juta euro ini pun terlihat disayangkan jika menilik beberapa penyerang terbaik dunia saat ini, harganya jauh di bawah transfer pemain 28 tahun tersebut.

Olympiakos memegang rekor memenangkan gelar paling banyak beruntun di Liga Super Yunani, yakni dari 1997-2003. Klub ini memiliki harga pasaran senilai 81,2 juta euro, atau sekitar 1,3 triliun rupiah.

Klub berbasis di Georgios Karaiskakis Stadium ini secara reguler telah mengamankan tempat di Liga Champions dan bahkan pernah mengalahkan Manchester United pada suatu musim.


5. Paul Pogba > FC Koln

Gelandang andalan Manchester United, Paul Pogba.

Paul Pogba menjadi pemain yang memecahkan rekor transfer milik Gareth Bale ke Real Madrid. Saat ditarik ke Manchester United di bursa transfer musim panas lalu, pemain asal Prancis ini dihargai dengan 105 juta euro, atau sekitar 1,6 triliun rupiah, menjadikannya pemain termahal saat ini.

Pogba "dilahirkan" oleh tim muda Manchester United, lalu diadopsi oleh Juventus pada 2012 dengan status free transfer. Namun setelah berkembang, Setan Merah kembali tertarik pada Pogba dan bahkan bersedia memecahkan rekor transfer demi mendapatkan servisnya lagi.

Total, Pogba telah mempersembahkan sembilan gol dan enam assists pada 30 kali kesempatan tampil bersama Man United di semua kompetisi musim lalu.

Harga transfer pemain 24 tahun ini sedikit lebih mahal dari salah satu klub Liga Jerman, FC Koln. Klub yang berada di lima besar Bundesliga Jerman musim lalu ini berharga 104,55 juta euro di pasaran. Masih kurang 450 ribu euro lagi untuk bisa menyamai nilai Pogba.

Gareth BalePaul PogbaJames RodriguezVfB StuttgartOlympiakos PiraeusAS Saint EtienneFC KolnBola Internasional

Berita Terkini