x

6 Gol Terbaik Pekan ke-16 Liga 1 Versi INDOSPORT

Rabu, 26 Juli 2017 21:05 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung

Sejak Jumat (21/07/17) hingga Senin (24/07/17) lalu, seluruh 18 klub peserta Gojek Traveloka Liga 1 telah menyelesaikan rangkaian pertandingan pekan ke-16.

Sebanyak lima klub pun berhasil meraih kemenangan dalam laga pekan ke-16 tersebut. Mereka adalah Bhayangkara FC, Semen Padang FC, Borneo FC, Persipura Jayapura, dan Bali United FC.

Baca Juga

Sedangkan delapan klub lain, yakni Barito Putera, Madura United, Persib Bandung Persija Jakarta, Persiba Balikpapan, Persela Lamongan, Persegres Gresik United, dan Sriwijaya FC harus rela berbagi poin setelah hanya bisa meraih hasil imbang.

Hasil pertandingan Liga 1 pekan ke-16.

Tak hanya itu, kompetisi Liga 1 pekan ke-16 juga memiliki catatan unik tersendiri yakni tidak ada pertandingan yang berakhir tanpa gol. Tercatat sebanyak 27 gol berhasil tercipta sepanjang parhelatan pekan ke-16 Liga 1.

Dari total 27 gol itu sendiri, hanya ada tujuh gol saja yang termasuk dalam kategori terbaik versi INDOSPORT. Berikut ulasannya:


1. Otavio Dutra (Bhayangkara FC vs Mitra Kukar)

Duel antara Otavio Dutra (tengah) dengan Cassio Fransisco De Jesus (kanan).

Tidak mudah bagi seorang pemain untuk mengorversi sebuah tendangan bebas menjadi gol. Namun, hal tersebut berhasil dilakukan bek tengah Bhayangkara FC, Otavio Dutra dalam laga melawan Mitra Kukar di Stadion Patriot Candrabhaga pada Jumat (21/07/17).

Saat laga memasuki menit ke-13, Dutra ditunjuk menjadi eksekutor tendangan bebas yang berdekatan dengan kotak penalti Mitra Kukar. Setelah sempat mengirim bola ke rekannya, Dutra langsung menendang bola dengan keras yang tidak mampu dibendung kiper Joko Ribowo. Gol itu pun menjadi pembuka keunggulan Bhayangkara yang pada akhirnya memenangkan laga dengan skor 4-1.


2. Rizky Pora (Barito Putera vs Madura United)

Selebrasi Rizky Pora.

Otavio Dutra bukan menjadi satu-satunya pemain yang mampu mencetak gol lewat tendangan bebas dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-16. Pasalnya, jejaknya ternyata juga bisa diikuti oleh gelandang Barito Putera, Rizky Pora saat menghadapi Madura United pada Sabtu (22/07/17).

Sedikit berbeda dengan Dutra yang menggunakan kaki kanan untuk menendang bola, Rizky Pora justru menggunakan kaki kirinya. Gol ciptaan Rizky di menit ke-89 itu juga menjadikannya penyelamat bagi Barito yang sebelumnya tertinggal 1-2.


3. Ramdani Lestaluhu (Persib Bandung vs Persija Jakarta)

Selebrasi Ramdani Lestaluhu bersama rekan satu timnya.

Ramdani Lestaluhu sukses menjadi pahlawan bagi kubu Persija Jakarta saat berhadapan dengan musuh bebuyutannya, Persib Bandung pada Sabtu (22/07/17). Berkat gol darinya, Macan Kemayoran mampu meraih satu poin dari Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Memanfaatkan umpan terobosan dari Rohit Chand di menit ke-18, Ramdani dengan jeli menggiring bola ke dalam kotak penalti dan langsung melesakkan tendangan keras kaki kanan, yang membuat I Made Wirawan tidak berkutik. Hebatnya lagi, gol itu sendiri dilesakkan oleh Ramdani saat mendapat penjagaan dari tiga pemain Persib.


4. Kosuke Yamazaki (Persiba Balikpapan vs Persela Lamongan)

Kosuke Yamazaki.

Dalam laga tandang melawan Persiba Balikpapan pada Minggu (23/07/17), Persela Lamongan secara mengejutkan menjadi pihak yang pertama kali membuka keunggulan. Hasil itu sendiri didapat lewat gol cantik pemain asal Jepang mereka, Kosuke Yamazaki di menit ke-21.

Berawal dari umpan lambung yang diberikan oleh rekannya, Kosuke yang telah berada di dalam kotak penalti dengan tenang menerima bola menggunakan dadanya dalam posisi membelakangi gawang. Sebelum bola jatuh ke tanah, Kosuke dengan cepat memutar tubuhnya dan menendang bola tepat ke dalam gawang Persiba.


5. Dirkir Kohn Glay (Persiba Balikpapan vs Persela Lamongan)

Dirkir Kohn Glay.

Telah disebutkan sebelumnya, dalam laga antara Persiba vs Persela, tim tamu sempat unggul lebih dulu lewat gol yang diciptakan Kosuke Yamasaki. Namun, keunggulan Persela itu tidak bertahan lama.

Bagaimana tidak, skuat Beruang Madu langsung mampu membuat keadaan imbang menjadi 1-1 lewat gol Dirkir Kihn Glay di menit ke-29. Memanfaatkan bola liar, Dirkir langsung saja melepaskan sebuah tembakan keras kaki kanan dari luar kotak penalti.


6. Miftahul Hamdi (Bali United vs PSM Makassar)

Selebrasi Miftahul Hamdi.

Bali United meraih kemenangan besar saat menjamu PSM Makassar di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Minggu (23/07/17). Tidak tanggung-tanggung Serdadu Tridatu sukses mengemas kemenangan 3-0 tanpa balas.

Dalam laga itu sendiri, gol Bali United datang dari seorang pemain pengganti yakni Miftahul Hamdi, yang masuk di babak kedua menggantikan Nick van der Velden. Gol yang dicetak oleh Miftahul sendiri tercipta melalui situasi sepak pojok di menit ke-88.

Menerima umpan dari rekannya, Miftahul sukses menyundul bola dengan bagian belakang kepalanya. Akibatnya, arah bola menjadi di luar perkiraan kiper Syaiful yang terpaksa memungut bola dari gawangnya.

Persib BandungBarito PuteraPersija JakartaMitra KukarPersela LamonganPersiba BalikpapanRamdani LestaluhuOtavio DutraMadura United FCBali UnitedLiga IndonesiaDirkir Khon GlayBhayangkara FCRizky PoraLiga 1

Berita Terkini