x

Perkenalkan Gelandang Muda Calon Penerus Carrick di MU

Kamis, 27 Juli 2017 05:26 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
Gelandang muda Manchester United, Scott McTominay.

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho tidak perlu lagi pusing mencari pemain baru untuk menggantikan Michael Carrick. Ada satu pemain jebolan akademi Man United yang digadang-gadang akan menggantikan peran Carrick. Siapakah dia?

Sejak ditinggal pensiun Paul Scholes, Setan Merah memang tidak lagi menemukan seorang gelandang tengah yang berkelas dunia. Setelah Scholes pensiun, giliran Carrick yang menempati posisi tersebut. Namun, usia Carrick sudah tidak muda lagi.

Gelandang Manchester United, Michael Carrick.

Pada bursa transfer musim panas ini, Jose Mourinho dikabarkan mengincar sejumlah gelandang tengah. Mereka adalah Nemanja Matic, Radja Nainggolan, hingga Fabinho. Namun, seandainya tidak ada pemain yang berhasil digaet, Mourinho tidak perlu pusing lagi.

Sebab, Man United sudah menemukan sosok pemain yang bisa memerankan posisi gelandang tengah sangat baik. Namanya adalah Scott McTominay. McTominay terlihat dipercaya untuk turun dalam sejumlah pertandingan persahabatan di Amerika.

Baca Juga

Sebelumnya, McTominay juga sudah bertekad akan memperlihatkan kemampuan terbaiknya agar bisa menembus skuat utama tim besutan Mourinho tersebut pada kompetisi musim depan.

"Jelas ini merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa untuk saya. Ini merupakan tur pramusim ke Los Angeles perdana saya bersama tim utama,” kata McTominay, sebagaimana diberitakan Belfasttelegraph.

"Saya hanya ingin memperlihatkan kepada pelatih apa yang bisa saya lakukan dan berharap dia menyukainya,” sambungnya.

Tentu, banyak dari Anda para penggemar sepakbola belum mengenalnya. Untuk itu, dalam kesempatan ini, INDOSPORT akan berusaha mengulas mengenai profil singkatnya.


1. Sempat Jadi Seorang Penyerang

Gelandang muda Manchester United, Scott McTominay.

Pemain ini lahir di Lancaster, England, pada 8 Desember 1996. Dia sudah membela akademi Man United sejak berusia lima tahun.

Pada awal kariernya, McTominay ternyata pernah menjadi seorang penyerang. Namun, oleh pelatih akademi Setan Merah saat itu, Warren Joyce posisinya digeser ke lini tengah.

Awalnya, McTominay memang kesulitan untuk mengadopsi posisi barunya ini. Dia sering kalah dalam perebutan bola di lini tengah.

Seiring perkembangan badannya, permainan McTominay semakin berkembang setelah tubuhnya semakin tinggi. Bersama tim muda Man United, McTominay mampu mencetak 3 gol dari 24 laga.

Berkat performa gemilangnya itu, Mourinho pun memberikan debut kepadanya ketika Man United melawan Arsenal di musim 2016/17 sebagai pemain pengganti.

Baru saat melawan Crystal Palace, McTominay bermain pertama kali sejak menit pertama. Dia pun turut berperan membawa Setan Merah mengalahkan Palace dengan skor 2-0.


2. Tipe Gelandang Box-to-box

Gelandang muda Manchester United, Scott McTominay saat melawan Palace.

McTominay memiliki kualitas untuk menjadi seorang gelandang box-to-box. Mantan pelatih akademi Setan Merah, Warren Joyce mengakui akan bakat mantan anak asuhnya tersebut.

Menurutnya, gelandang berusia 20 tahun tersebut mempunyai kemampuan teknis yang baik dan memiliki skill dalam mengamankan bola agar tidak direbut oleh pemain lawan.

Dengan tinggi 1,92 meter, McTominay juga bisa memenangkan duel udara dengan sangat mudah. Dia juga memiliki keunggulan dalam melakukan tekel dengan baik.

Tidak hanya itu, dia juga bisa menciptakan peluang bagi rekan setimnya melalui umpan-umpan yang dilepaskan olehnya. Hal itu diperlihatkan dalam sejumlah laga pramusim Man United di Amerika.


3. Mourinho Kagumi Kemampuan McTominay

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho.

Mourinho memang dikenal sebagai arsitek yang jarang memberikan kesempatan kepada pemain akademi untuk menembus tim utama.

Hal tersebut diperlihatkannya ketika melatih di Inter Milan, Real Madrid, dan Chelsea. Namun, Mourinho mencoba menepis anggapan tersebut.

Terbukti, pada akhir laga musim kemarin, Mourinho menurunkan pemain lapis kedua yang kebanyakan dari akademi Man United. Salah satu pemain yang dikaguminya adalah McTominay.

Hal itu sudah tersirat ketika gelandang yang membela Tim Nasional Skotlandia itu melakukan debut sebagai pemain inti melawan Crystal Palace di laga terakhir Liga Primer Inggris musim lalu.

“Dia mampu bermain dengan sangat tenang dan mencoba menikmati pertandingan ini,” ujar Mourinho ketika itu.

Bahkan, pandangannya sama sekali tidak berubah. Terbukti, Mourinho memprediksikan gelandang jangkung itu sebagai salah satu pemain muda yang akan bersinar pada musim ini.

“Saya rasa Scott McTominay dan Demetri Mitchell memiliki masa depan di tim ini. Begitu juga dengan Andreas Pereira yang kembali dari masa pinjaman,” sambungnya, diberitakan Mirror.

Manchester UnitedJose MourinhoMichael CarrickLiga Inggris

Berita Terkini