x

Deretan Solidaritas Tribun Stadion untuk Palestina

Sabtu, 29 Juli 2017 16:01 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning

Palestina kembali gempar, Jalur Gaza terus memanas, Masjid Al-Aqsa jadi korban, dan solidaritas tetap mengalir. Banyak lapisan masyarakat, termasuk kalangan pencinta sepakbola, memberikan dukungan dengan cara mereka sendiri, cara yang hanya bisa dinikmati oleh penikmat tribun, dari teras stadion.

Situasi yang tengah dihadapi oleh Palestina menyita perhatian suporter sepakbola. Fans yang kerap dipandang biang kerusuhan, nyatanya melek akan hal ini, dan dalam beberapa kesempatan, mereka menunjukkan solidaritasnya kepada Palestina, karena mungkin bagi mereka, cukup menjadi manusia untuk peduli apa yang terjadi di tempat suci ke-3 bagi umat Islam tersebut (red: Masjid Al-Aqsa).

Baca Juga
Sebuah aksi pebdukung Celtic di tribun dengan membentangkan bendera Palestina.

Di Eropa sana, sudah banyak pergerakan-pergerakan anti Zionis dan semacamnya dari suporter sepakbola. Inter Milan misalnya, musim lalu sempat mengibarkan bendera Palestina ketika menjamu wakil Israel di pentas Liga Europa, Hapoel Beer Sheva.

Yang tak kalah menarik adalah bagaimana suporter Glasgow Celtic memberikan dukungan nyata untk kebebasan Palestina dari belenggu kekejaman Israel. Selain mengibarkan bendera Palestina di pertandingan sepakbola, mereka juga mengirimkan bantuan langsung untuk korban peperangan di sana.

Indonesia tak ingin kalah. Dalam beberapa hari belakangan, pemandangan unik yang mendukung Palestina terlihat di teras stadion. Beramai-ramai dari tribun, mereka memperlihatkan kepeduliannya kepada Palestina. Berikut INDOSPORT merangkumnya.

Bidadari Tribun Persikirana

Persikirana beri dukungan untuk Palestina.

Berada di antara suporter laki-laki tak membuat Persikirana, fans Persik Kediri, merasa lebih rendah. Untuk urusan dukung-mendukung, Persikirana tak kalah jantan dengan suporter Persik Mania lainnya.

Baru-baru ini, pemandangan menyentuh datang dari Stadion Brawijaya, Kediri. Masih dalam suasana getir di Al-Aqsa, Persikirana menunjukkan kepeduliannya dengan mengibarkan bendera Palestina.

'Jalur Gaza' di Segiri

Koreografi bendera Palestina di Stadion Segiri.

Sama seperti di Stadion Brawijaya, nuansa Palestina juga sempat hadir di Stadion Segiri, markas Borneo FC.

Pendukung setia Pesut Etam, julukan Borneo FC, membuat koreografi indah yang membentuk bendera Palestina.

Maguwoharjo Rasa Palestina

Solidaritas untuk Palestina kembali ditunjukan oleh supporter sepak bola tana Air. Kali dari Sleman, di Stadion Internasional Maguwoharjo saat pertandingan PSS Sleman vs Persibangga Purbalingga, Rabu 26 Juli 2017.

Suara Bonek untuk Palestina

Meski kerap dicap sebagai biang rusuh karena perbuatan tak bertanggung jawab dari oknum-oknum, Bonek tetaplah salah satu suporter terbaik di Indonesia. Kreativitas-kreativitas pendukung Bajul Ijo selalu dinanti tiap laga.

Mengetahui Palestina terus digempur tank-tank Israel, dan situasi mencekam di Masjid Al-Aqsa, Bonek menunjukkan solidaritasnya di tribun. Sambil bernyanyi lantang, koreografi indah ditampilkan sebagai bentuk dukungan kepada Palestina

Masih banyak yang memberikan dukungan. Berikut ini bentuk dukungan dari tribun untuk Palestina.

Salah satu kelompok suporter Persija beri dukungan untuk Palestina.
Suporter Borneo FC dukung kebebasan di Palestina.
PalestinaLiga Indonesia

Berita Terkini