x

4 Gol Kelas Dunia di Liga 1: Samsul Arif-Pahabol Terbaik?

Rabu, 2 Agustus 2017 10:47 WIB
Editor: Ramadhan

Kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 2017 sudah menyelesaikan paruh pertama musim. Di sepanjang paruh musim kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia itu, ada beberapa momen menarik yang masih membekas dalam ingatan, khususnya soal gol terbaik yang tercipta di pekan ke-17.

Untuk sementara, Madura United berhasil mengambil alih puncak klasemen dengan catatan 32 poin dari 17 laga, diikuti Bali United di peringkat kedua dengan koleksi poin sama. Madura United berhak merebut posisi puncak lantaran unggul head to head dengan Bali United usai menang 2-0 pada putaran pertama di Stadion Gelora Ratu Pamelingan.

Tak hanya bertengger di puncak klasemen dengan poin sama, pemain Madura United dan Bali United juga bersaing dalam perebutan gelar top skor Liga 1. Marquee player Madura United, Peter Odemwingie dan pemain asing Bali United, Sylvano Dominique Comvalius sejauh ini sama-sama mengoleksi total 13 gol.

Bintang Persipura Jayapura, Yohanes Pahabol.
Baca Juga

Laskar Sapeh Kerrab dan Serdadu Tridatu boleh saja mendominasi tabel klasemen dan daftar top skor, namun untuk urusan gol terbaik, kedua tim itu tak bisa berbicara banyak. Beberapa gol terbaik di paruh pertama Liga 1 justru dicetak oleh pemain-pemain dari Persipura Jayapura dan Persela Lamongan.

Siapa saja pemain-pemain yang berhasil mencetak gol terkece di sepanjang paruh pertama Liga 1 2017? Berikut INDOSPORT merangkum empat gol kelas dunia yang di antaranya dicetak oleh Samsul Arif (Persela) dan Yohanes Pahabol (Persipura) lewat tendangan salto.


1. Jose Manuel Barbosa Alves (Persela Lamongan)

Marquee player Persela Lamongan, Jose Coelho.

Jose Manuel Barbosa Alves yang merupakan seorang gelandang bermain cukup baik dalam membantu serangan Persela Lamongan. Menghadapi Barito Putera pada pekan ke-17 kemarin di Stadion Surajaya, Alves mencetak gol pembuka yang cukup spektakuler.

Memasuki menit ke-26, Alves menggiring bola dan berusaha menembus sisi kiri pertahanan Barito. Saat itu, Alves yang dihadang dua pemain bertahan Barito menunjukkan skill individunya dengan meliuk-liuk lincah layaknya pemain khas Eropa.

Dengan tenang, Alves kemudian melewati dua pemain Barito tersebut dan memasuki kotak penalti. Pemain berusia 27 tahun itu kemudian melepaskan sepakan kaki kanan keras dan terukur dari sudut sempit yang kemudian tak bisa dijangkau kiper Barito hingga menjadi gol.

Pada laga itu, Alves berhasil membawa Persela menang dengan skor cukup ketat 3-2 atas Barito Putera. Kini, Persela berada di peringkat ke-10 dengan catatan 24 poin.


2. Samsul Arif (Persela Lamongan)

Selebrasi Samsul Arif.

Tak mau kalah dengan rekan setimnya, Barbosa Alves yang mencetak gol indah ke gawang Barito di pekan ke-17, Samsul Arif juga mencetak gol yang tak kalah spektakuler ke gawang tim yang sama. Mantan pemain Persib Bandung itu mengukir gol indah tepat lima menit setelah Alves mencetak gol.

Ya, Samsul Arif mencetak gol ke gawang Barito di menit ke-31. Menariknya, gol striker berusia 32 tahun itu juga tak lepas dari peran Alves yang melepaskan umpan hingga akhirnya bola ditepis kiper Barito.

Kemudian, bola yang melambung tinggi di udara usai ditepis kiper Barito langsung disambar Samsul yang berdiri tak terkawal di mulut gawang dengan tendangan salto yang berhasil menembus gawang Barito.


3. Yohanes Pahabol (Persipura Jayapura)

Selebrasi Yohanes Pahabol.

Yohanes Pahabol berhasil menyelamatkan Persipura Jayapura dari kekalahan atas Sriwijaya FC pada pekan ke-17 Liga 1 yang berlangsung di Stadion Jakabaring, Palembang. Pada laga itu, Laskar Wong Kito sukses unggul 2-1 atas Mutiara Hitam hingga laga memasuki menit ke-86.

Namun, pada menit ke-87, Pahabol tampil sebagai pahlawan usai berhasil memaksa laga berakhir imbang 2-2. Tak sekedar menjadi pahlawan saja, Pahabol juga mencetak gol kelas dunia ke gawang Sriwijaya FC.

Gol tersebut tercipta usai rekan Pahabol, Yohanis Tjoe melepaskan umpan placing ke mulut gawang yang berhasil ditepis kiper Sriwijaya FC dengan sempurna. Namun, bola hasil tepisan yang melambung tinggi langsung disambar Pahabol dengan tendangan akrobatik yang akhirnya menjadi gol indah.


4. Arsyad Yusgiantoro (Persegres Gresik United)

Selebrasi Arsyad Yusgiantoro.

Arsyad Yusgiantoro memang gagal membawa Persegres Gresik United menang saat menghadapi tim tamu Bali United pada pekan ke-17 kemarin di Stadion Surajaya. Saat itu, Persegres menyerah dari Bali United dengan skor 1-3.

Meski timnya kalah, Arsyad boleh berbangga lantaran ia mencetak gol indah ke gawang Bali United di menit ke-68. Gol tersebut berawal saat Arsyad menerima umpan dari rekannnya di sisi kanan pertahanan Persegres.

Lalu, dengan sambil berlari cepat, Arsyad tak berpikir panjang dan langsung melepaskan sepakan kaki kiri keras yang tak bisa dihalau kiper Bali United. Itu menjadi satu-satunya gol Persegres pada laga malam itu.

Persegres Gresik UnitedPersipura JayapuraPersela LamonganSamsul ArifLiga IndonesiaYohanes Ferinando PahabolLiga 1

Berita Terkini