x

Pemain-pemain Asing Korban Kerasnya Liga 1 Indonesia 2017

Senin, 7 Agustus 2017 14:39 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
Kiri-kanan: Anmar Almubaraki, Carlton Cole, Didier Zokora.

Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia edisi 2017 telah sampai di paruh musim. Ditandai dengan dibukanya jendela transfer putaran kedua, Bali United tempel Madura United di papan klasemen.

Keberhasilan Madura United keluar sebagai juara paruh musim tak lepas dari performa impresif pemain asingnya, Peter Odemwingie. Mantan striker Stoke City itu keluar sebagai top skor paruh musim dengan 13 gol, sama dengan Sylvano Comvalius.

Baca Juga

Pemain asing lain seperti Alberto Goncalves (Sriwijaya FC) dan Fabiano Beltrame (Madura United) yang sudah lama malang melintang di sepakbola Indonesia juga tetap menunjukkan grafik stabil cenderung apik. Pihak klub pun puas dan posisi pemain-pemain tersebut aman hingga pekan ke-18.

Namun demikian, nasib buruk menimpa pemain asing lain. Dane Milovanovic misalnya, terpaksa dilepas manajemen Laskar Sape Kerrab untuk penyembuhan kejiawaan yang dialaminya.

Helder Lobato Ribeiro.

Boubacar Sanogo, Thiago Cunha, dan Helder Lobato Ribeiro juga dicoret karena alasan yang beragam. Ribeiro bisa jadi paling miris, sebab baru juga merasakan dua pertandingan berbaju Borneo FC, bek asal Brasil berusia 29 tahun itu sudah dilepas cuma-cuma.

Striker asing lainnya, Luis Carlos Junior juga dilepas oleh Persija Jakarta pada bursa transfer putaran kedua Gojek Traveloka Liga 1. Tim Macan Kemayoran secara resmi telah mengonfirmasi terkait berakhirnya kerja sama dengan pemain 27 tahun itu.

Hal itu diketahui melalui posting-an di akun Instagram Luis Junior. Pemain asal Brasil itu menjelaskan kalau ia bakal meninggalkan Indonesia dan akan kembali suatu waktu nanti.

"Terima kasih buat Persija. Pemain dan The Jakmania, mohon maaf bila saya ada kesalahan. Saya selalu berdoa buat Persija juara, Amin. Terima kasih buat Indonesia. Saya pergi pulang untuk kembali bermain di Indonesia," tulis Luis di Instagram-nya, @juniorcaetano10.

Kepergian Luis Junior dari Persija, disinyalir tidak lepas dari akan datangnya legiun asing anyar, Kamil Pozniak. Gelandang serang asal Polandia ini sudah beberapa kali ikut serta dalam sesi latihan, meski belakangan berita yang berkembang mengklaim jika Pozniak batal membela Macan Kemayoran.

INDOSPORT merangkum beberapa nama pemain asing yang harus rela didepak atau dicoret dari timnya karena kerasnya persaingan di Liga 1. Berikut ulasannya:


1. Carlton Cole

Carlton Cole.

Manajer tim Persib Bandung, Umuh Muchtar, mengatakan tidak ada cara lain selain memutus kontrak Cole. Alasannya karena kualitas di lapangan tidak sebanding dengan pengalamannya di negara Eropa.

"Cole sudah jelas, apapun juga kita lepas. Beresiko untuk kita," tegas Umuh di Graha Persib Jalan Sulanjana Bandung, Senin (31/07/17).

Untuk saat ini, Persib tengah bergerak cepat untuk mencari sosok penyerang asing yang mampu menggantikan peran Cole di lini depan Maung Bandung. Setidaknya, Persib harus mendapatkan pengganti baru sebelum memulai laga putaran kedua Liga 1 2017.


2. Anmar Almubaraki

Anmar Almubaraki (kanan) dan Sunarto (kiri) saat melakukan selebrasi.

Usai laga menghadapi tuan rumah Mitra Kukar, manajemen Persiba Balikpapan memastikan mendepak tiga pemain asingnya. Tiga pemain asing yang didepak yakni, gelandang asal Jepang, Masahito Noto, bek asal Liberia, Dirkir Kohn Glay, dan marquee player asal Irak, Anmar Almubaraki.

"Jadi cuma Marlon da Silva, kalau Dirkir, pemain Jepang, dan Anmar kita lepas," kata Ketua Umum Persiba, Syahril HM Taher.

Kata Syahril, manajemen Persiba memang serius melakukan perombakan tim dan mencari pemain berkualitas untuk membentuk skuat yang tangguh. Pasalnya, mereka masih berharap tim kebanggaan masyarakat Kota Balikpapan itu keluar dari zona degradasi.

Dalam kesempatan yang sama, Syahril juga memastikan mantan gelandang Arema, Srdan Lopicic sudah resmi berkostum Persiba. "Lopicic sudah tanda tangan kontrak, sudah resmi," tandasnya.


3. Didier Zokora

Didier Zokora harus mengerang kesakitan karena tackling Asep Berlian.

Berbeda nasib dengan Michael Essien atau Peter Odemwingie misalnya, marquee player asal Pantai Gading ini harus angkat kaki dari Liga 1 lebih cepat. Semen Padang tidak ingin menambah kerja sama dengannya di paruh kedua.

Terkait Zokora, agen sang pemain, Gabriel Budi Liminto sudah menerangkan, kalau didepaknya eks Tottenham Hotspur itu bukan karena buruknya penampilan melainkan karena Semen Padang yang ingin melakukan efisiensi.

"Bukan masalah penampilan, tapi masalah efisiensi biaya dari Semen Padang," kata Budi melalui pesan singkat  ketika ditanya apakah Zokora masuk dalam evaluasi yang dilakukan manajemen di jeda putaran pertama Liga 1.


4. Ricardinho

Ricardinho.

Persipura Jayapura akhirnya memutuskan untuk mencoret satu pemain menjelang putaran kedua Gojek Traveloka Liga 1. Pemain yang diputus kontrak adalah legiun asing asal Brasil, Ricardo Silva de Almeida atau biasa dikenal dengan Ricardinho.

Pimpinan Persipura, Benhur Tomi Mano menyatakan keputusan itu diambil setelah pihak manajemen dan tim pelatih melakukan evaluasi usai putaran pertama. Tidak lupa tim Mutiara Hitam mengucapkan terima kasih atas jasa Ricardinho selama ini, termasuk memberikan gelar juara Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 lalu.

"Kita ucapkan terima kasih kepada Ricardinho selama berkostum merah hitam. Dia ikut membantu tim ini, dia juga sudah menjadi bagian dari keluarga besar Persipura Jayapura. Kita berharap dia segera dapatkan tim dan lebih berprestasi lagi," sambungnya.

Usai mencoret Ricardinho, Persipura kemudian akan secara resmi mendatangkan pemain asing lainnya. Akan tetapi, pemain itu berposisi sebagai bek tengah dan pernah bermain untuk Sriwijaya FC yakni Mauricio Leal.


5. Facundo Talin

Presiden PS TNI, Brigjen TNI AAB Maliogha (tengah), berpose bersama dua pemain asing baru klubnya, Leonel Jorge Nunez (kiri) dan Facundo Talin (kanan).

Keputusan PS TNI mencoret Talin memang merupakan langkah berani. Sebab, bek berkepala plontos ini belakangan ini menjadi pilihan utama jangkar pertahanan PS TNI.

Sayang, gawang PS TNI tak begitu rapat di bawah kepemimpinan Talin sebagai bek sentral. Mereka sudah kemasukan 30 gol dalam 17 laga. Di putaran pertama Liga 1, mereka berada di posisi sembilan klasemen sementara dengan mengantongi 25 poin.

"Facundo Talin resmi tidak diperpanjang kontraknya. Penentuan pemain merupakan hak dari pelatih, jadi manajemen hanya akan mengontrak sesuai referensi pelatih," ucap Nandang Permana Sidik, Media Officer PS TNI, Kamis (03/08/17).

Liga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini