x

Deretan Aksi Seru Dukung Timnas di SEA Games 2017

Rabu, 16 Agustus 2017 20:12 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Dukungan suporter Indonesia.

Timnas Indonesia U-22 mengawali langkah di Grup B SEA Games 2017 dengan cukup baik. Evan Dimas dkk berhasil menahan imbang tim favorit Thailand pada laga pembuka, Rabu (15/08/17) malam dengan skor 1-1.

Tertinggal lebih dulu di babak pertama, Garuda Muda sanggup mengakhiri laga dengan hasil imbang pada pertandingan yang digelar di Stadion Shah Alam, Malaysia berkat gol penalti Septian David Maulana.

Skuat Timnas U-22.

Pada laga tersebut, Timnas Indonesia mendapatkan dukungan penuh dari suporter Indonesia yang memadati stadion. Tercatat sebanyak 4.850 suporter Indonesia memberikan dukungan kepada Hansamu Yama dan kawan-kawan.

Menanggapi dukungan penuh dari masyarakat Indonesia yang berada di Malaysia, manajer Timnas Indonesia U-22, Endri Erawan pun merasa tersanjung. Baginya dukungan suporter sangat penting untuk Timnas Indonesia. 

Baca Juga

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia yang sengaja datang ke Stadion Shah Alam untuk memberikan dukungan langsung kepada Timnas U-22. Dukungan ini sangat penting bagi kami untuk bisa sukses menjalani setiap pertandingan,” ucap Endri Erawan, Rabu (16/08/17).

Apa saja bentuk dukungan seru mereka? Berikut INDOSPORT hadirkan empat bentuk dukungan unik dari masyarakat Indonesia untuk Skuat Garuda. 


1. Yel-yel Bergemuruh di Shah Alam

Kurniawan Dwi Yulianto.

Ribuan pendukung Indonesia yang tengah menetap di Malaysia, bergabung bersama suporter yang berangkat dari Tanah Air untuk mendukung Timnas U-22. Mereka berkumpul di tribun yang sama di Shah Alam Stadium, Selangor untuk memberikan semangat langsung kepada Skuat Garuda.

Momen yel-yel ini diabadikan oleh komentator sepakbola Indonesia, Valentino "Jebret" Simanjuntak. Dalam video yang ia unggah ke akun Instagramnya, tampak pula legenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto.

Mantan pemain yang dijuluki Si Kurus itu didapuk sebagai "capo" atau pemimpin koreografi dan nyanyian yang dikumandangkan suporter Tanah Air. 

Usai pertandingan, para suporter ini kompak menyanyikan yel-yel untuk Kurniawan yang telah menemani mereka dalam membakar semangat para penggawa Garuda. Valentino pun menantang para suporter lainnya untuk ikut bergabung dalam laga Indonesia vs Filipina, Kamis (17/08/17) besok.


2. Bonek dan Bobotoh Bersatu di Malaysia

Suporter Timnas Indonesia.

Perjuangan Timnas Indonesia di ajang SEA Games menjadi momen persatuan para suporter sepakbola di Malaysia. Basis suporter yang berbeda-beda, bersatu padu memberikan dukungan semangat bagi Septian David Maulana dkk di Stadion Shah Alam.

Seperti para suporter Persebaya yang tergabung dalam Bonek Malaysia dan pendukung Persib dalam Bobotoh Malaysia. Keduanya tumpah ruah dalam rombongan pendukung tim Merah Putih.


3. Merah Putih Raksasa, Persembahan Para TKI

Bendera Merah Putih raksasa di laga Timnas Indonesia vs Thailand.

Para suporter Indonesia yang datang dari berbagai kelompok suporter klub, bersatu padu di bawah kibaran bendera Merah Putih, secara kiasan dan harafiah. Mereka membawa atribut bendera Merah Putih raksasa berukuran 20 x 30 meter ke dalam Stadion Shah Alam.

Akun @BonekMalaysia mengklaim para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Negeri Jiran itu yang membuat bendera ini, dengan basis suporter Bonek sebagai penggagasnya. Para TKI ini tergabung dalam Aliansi Suporter Indonesia.


4. Rela Nonton Timnas dari Layar 3 Inci

Bimbim Slank, saat menyaksikan bola Indonesia vs Thailand pakai handphone.

Para personel Slank memang terkenal sebagai penggemar berat sepakbola, terutama klub-klub dalam negeri, apalagi jika Timnas tengah bertanding untuk mengharumkan nama Indonesia.

Pentolan grup band Slank, Bimbim, pun rela menonton laga Timnas Indonesia vs Thailand dari layar ponselnya. Dengan kaki di dashboard mobil, Bimbim mengajak penggemarnya untuk mendukung Timnas. "Nonton bola di tengah kemacetan! #SupportTimnas #TimnasDay," tulis sang drummer

SEA GamesKurniawan Dwi YuliantoValentino SimanjuntakTimnas U-22SEA Games 2017

Berita Terkini