x

Bikin Vietnam Gigit Jari, Aksi Penyelamatan Satria Tama seperti De Gea

Rabu, 23 Agustus 2017 10:59 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Satria Tama dan David De Gea.

Dalam laga keempat babak penyisihan Grup B cabang olahraga sepakbola SEA Games 2017, Timnas Indonesia U-22 yang sebelumnya mengalahkan Timor Leste dengan skor 1-0, hanya bisa meraih hasil imbang 0-0 kala menghadapi Vietnam.

Meski begitu, performa Hansamu Yama dkk layak mendapat pujian, lantaran pada pertandingan itu mereka hanya bermain dengan 10 pemain, pasca kartu kuning kedua yang diterima Hanif Sjahbandi pada menit ke-62.

Satria Tama Hardiyanto menjaga gawang Indonesia saat menghadapi Vietnam.

Sepanjang pertandingan itu sendiri, salah satu penggawa Garuda Muda menjadi sorotan. Dia adalah Satria Tama, yang bertugas menjaga gawang Indonesia dari serangan bertubi-tubi pemain Vietnam.

Dimainkan sebagai starting XI oleh Luis Milla, menggantikan Karika Ajie yang kurang fit, Satria Tama beberapa kali muncul sebagai penyelamat bagi Timnas U-22 dalam mengantisipasi setiap peluang yang diciptakan tim besutan pelatih Nguyen Huu Thang.

Salah satu peluang emas Vietnam yang berhasil dipatahkan oleh pemain Persegres Gresik United itu di terjadi di masa injury time babak pertama. Salah satu pemain Vietnam mengirim umpan lambung ke kotak penalti. Pemain Vietnam bernomor punggung 11 yang tidak terjaga berhasil menyambutnya dengan sundulan ke arah gawang.

Dengan sigap, Satria Tama meloncat dan melambaikan tangannya untuk mengenai bola. Akibat aksinya tersebut, bola sundulan pemain Vietnam menjadi melebar di atas mistar gawang Indonesia.

Sekilas penyelamatan yang dilakukan pria kelahiran 23 Januari 1997 itu mengingatkan kita pada aksi-aksi yang kerap dilakukan kiper Manchester United, David De Gea.

Saat bertanding membela Setan Merah ataupun Timnas Spanyol, De Gea selalu mampu melakukan penyelamatan gemilang yang membuat lawan sulit mencetak gol.

Sayangnya, nasib buruk harus dialami oleh Satria Tama. Dirinya mengalami cedera dalam pertandingan tersebut dan harus digantikan pada menit ke-66. Hingga berita ini diturunkan, masih belum ada konfirmasi apakah ia akan bisa bermain saat Indonesia melakoni laga terakhir penyisihan Grup B melawan Kamboja pada Kamis (24/08/17) besok.

Manchester UnitedSEA GamesVietnamDavid de GeaTimnas U-22Timnas IndonesiaSEA Games 2017Liga IndonesiaSatria Tama Hardiyanto

Berita Terkini