x

6 Laga Terpanas Antara Indonesia vs Malaysia

Sabtu, 26 Agustus 2017 09:15 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
Indonesia vs Malaysia.

Untuk ke-16 kalinya Indonesia akan bertemu Malaysia di pertandingan SEA Games. Keduanya pertama kali bertemu di ajang SEA Games pada 1977. Kala itu Indonesia sukses menang 2-1 atas Malaysia di fase grup SEA Games 1977.

Dalam 15 pertandingan sebelumnya, hasilnya bisa dibilang berimbang. Indonesia dan Malaysia sama-sama pernah meraih 6 kemenangan dan 3 kali seri. Indonesia pun pernah tiga kali berhadapan dengan Malaysia di final SEA Games. Untuk semifinal, tahun ini merupakan kali kedua pertemuan antara kedua negara.

Jika melihat secara total, Indonesia sudah pernah 72 kali berhadapan dengan Malaysia. Dari total pertemuan tersebut, Tim Merah Putih sudah meraih 39 kali kemenangan, sementara Malaysia baru 33 kali menang atas Indonesia.

Dari 72 laga tersebut, ada beberapa pertandingan yang bisa disebut sebagai pertemuan terpanas. Tensi di dalam dan di luar lapangan tergolong tinggi. Hingga menyebabkan perseteruan antara kedua suporter. Berikut INDOSPORT beberkan beberapa laga panas yang pernah melibatkan Indonesia dengan Malaysia yang disarikan dari berbagai sumber.

Baca Juga

1. Merdeka Cup 1957: Malaysia 2-4 Indonesia

Skuat Timnas Malaysia di Merdeka Cup 1957.

Ini menjadi tonggak sejarah pertemuan antara dua negara yang bertetangga langsung. Bertepatan dengan perhelatan Turnamen Merdeka edisi perdana. Indonesia bertemu Malaysia di babak kedua yang menggunakan sistem grup pada 7 September 1957.

Dalam laga perdana ini, Indonesia sukses menorehkan catatan apik. Tim Garuda meraih kemenangan 4-2 dalam laga pembuka di antara kedua negara. Pertemuan-pertemuan kedua negara berikutnya semakin terasa panas setelah Presiden Soekarno menyatakan “Ganyang Malaysia” pada 1960-an. 

Baca Juga

2. Merdeka Cup 1976: Malaysia 7-1 Indonesia

Indonesia vs Malaysia.

Indonesia memang menjadi tim langganan di ajang Merdeka Cup. Namun untuk edisi tahun 1976, Tim Garuda justru harus mencatatkan kekalahan terburuk saat bertemu Malaysia.

Timnas Malaysia bertemu Indonesia di fase grup Merdeka Cup 1976. Tak tanggung-tanggung, Malaysia mengalahkan Indonesia dengan skor 7-1. Melihat performa apik Malaysia kala itu, cukup wajar Indonesia bisa kalah telak. Di akhir turnamen, Malaysia akhirnya sukses tampil sebagai juara.

Baca Juga

3. SEA Games 1999 : Indonesia 6-0 Malaysia

Bambang Pamungkas (depan) melakukan selebrasi.

Indonesia baru bisa membalas catatan terburuk mereka saat melawan Malaysia pada SEA Games 1999. Pada event yang diadakan di Brunei Darussalam, Indonesia gantian mencukur Malaysia dengan enam gol tanpa balas.

Enam gol itu dicetak oleh Bambang Pamungkas (2), Rochi Putiray (2 gol), Hariyanto Prasetyo dan Ali Sunan masing-masing satu gol. Pertandingan melawan Malaysia itu menjadi salah satu catatan apik yang ditorehkan Bambang Pamungkas di awal kariernya berbaju Merah Putih. 

Baca Juga

4. Final Piala AFF 2010: Indonesia 2-4 Malaysia

Indonesia vs Malaysia.

Final Piala AFF 2010 bisa jadi akan menjadi dikenang sebagai laga yang panas di antara Indonesia dan Malaysia. Tak hanya panas di atas lapangan, di luar lapangan juga tak kalah membara. Pertikaian antara kedua suporter tak bisa dihindarkan.

Saat itu, final Piala AFF sudah dilakukan dalam sistem home and away. Malaysia berhak menggelar laga pertama di kandang sendiri. Di luar dugaan, Indonesia kalah telak 0-3. Kekalahan ini yang kemudian memicu panasnya persaingan di laga kedua. Tim Garuda bermain impresif. Tapi kemenangan 2-1 atas Malaysia tak mampu membawa mereka menjadi juara.

Baca Juga

5. Final SEA Games 2011: Indonesia 1-1 Malaysia (Adu Penalti 3-4)

Indonesia vs Malaysia

Final SEA Games 2011 menjadi final ketiga bagi Indonesia dan Malaysia. Sebelumnya, kedua tim bertemu di final SEA Games 1979 dan 1991. Pada 1979 Malaysia yang menang, dan dibalas oleh Indonesia pada 1991.

Final SEA Games 2011 pun berlangsung ketat. Kedua tim bermain spartan hingga melewati 90 menit. Hingga akhirnya pemenang harus ditentukan melalui adu penalti. Dan Dewi Fortuna lebih dekat dengan Malaysia. Mereka menang adu penalti 4-3 dan meraih medali emas cabor sepakbola.

Dalam laga ini, Timnas Malaysia harus menggunakan rantis baik saat menuju lapangan maupun seusai pertandingan. Pasalnya saat itu situasi dianggap tidak aman bagi Timnas Malaysia. Malam menjelang pertandingan, tempat menginap Timnas Malaysia diganggu oleh suporter Tim Garuda sebagai bagian dari psywar menjelang final.

Baca Juga

6. Semifinal SEA Games 2013: Indonesia 1-1 Malaysia (Adu penalti 4-3)

Ramdani Lestaluhu dikepung pemain Malaysia di semifinal Asian Games 2013.

Dua tahun berselang, Indonesia kembali bertemu Malaysia. Kali ini mereka bertemu di babak semifinal. Level kekuatan relatif seimbang. Terlihat dari hasil pertandingan selama 90 menit yang berakhir dengan skor 1-1.

Saat babak adu penalti, pahlawan Timnas Indonesia U-22 kala itu tak lain dari kiper Arema, Kurnia Meiga. Dia mampu menepis tendangan dua eksekutor Malaysia, Thamil Arasu dan Saad Shahrul. Indonesia pun maju ke final, meski akhirnya hanya bisa meraih perak setelah kalah 0-1 dari Thailand.

Baca Juga
SEA Games 2013SEA GamesTimnas U-22Timnas Malaysia U-23Timnas IndonesiaSEA Games 2017Timnas Malaysia

Berita Terkini