x

7 Fakta Menarik Dembele yang Jarang Diketahui

Sabtu, 26 Agustus 2017 15:13 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
Ousmane Dembele kini menjadi pembelian termahal Barcelona.

Proses transfer Ousmane Dembele akhirnya telah selesai. Gelandang serang Borussia Dortmund itu resmi direkrut Barcelona dengan mahar 105 juta euro (Rp1,6 triliun). Jumlah itu masih akan bertambah, karena Barcelona akan memberi sejumlah adds-on yang tergantung dari performa Dembele dan prestasi Barcelona selama diperkuat sang pemain.

Pemain kelahiran Rennes 20 tahun yang lalu itu memang punya kemampuan yang sangat dibutuhkan Barcelona. Dembele mampu mendribel bola dengan sangat baik. Naluri mencetak golnya pun tak perlu diragukan lagi. Musim lalu dia mengoleksi 10 gol dan 20 assist bagi Dortmund.

Sejak menjalani karier sebagai pebola profesional pada 2015, total Dembele sudah tampil dalam 78 laga, mencetak 25 gol, dan mengkreasikan 25 assist. Sebuah catatan yang pantas menjadikan Dembele pemain termahal kedua di dunia dan pembelian termahal yang pernah dilakukan Barcelona.

Selain fakta-fakta tersebut, masih ada sejumlah fakta lain yang tak kalah menarik soal Dembele. Bahkan sebagian besar tidak banyak diketahui orang. Berikut fakta menarik Dembele yang disarikan INDOSPORT dari AS dan sumber-sumber lainnya.

Baca Juga

1. Dua Kali Memberontak

Ousmane Dembele saat masih berkostum Stade Rennais.

Saat Barcelona mulai menghubungi Borussia Dortmund terkait rencana membeli Ousamane Dembele, sang pemain pun langsung menyatakan keinginannya untuk hengkang. Bahkan pemain berpaspor Prancis ini beberapa kali mangkir latihan. Hingga akhirnya manajemen Dortmund memutuskan untuk menghukum Dembele dengan tidak memainkannya meski Bundesliga sudah dimulai.

Ternyata ini bukan kali pertama Dembele memberontak. Pada Juli 2015, Dembele sempat memaksa manajemen Stade Rennes untuk melepasnya ke klub lain. Namun kala itu, pemberontakannya tak bertahan lama. Oktober 2015, Dembele menandatangani kontrak professional pertamanya bersama Rennes hingga akhirnya ditransfer ke Dortmund beberapa bulan kemudian.

Baca Juga

2. Tidak Tahu Apakah Kidal atau Bukan

Ousmane Dembele ketika memperkuat Timnas Prancis.

Dalam sebuah wawancara dengan media Prancis, Dembele sempat ditanya kaki mana yang lebih kuat. Dia malah menjawab tidak tahu kaki mana yang lebih baik.

Dembele mengakui jika dia mampu menendang lebih baik dengan kaki kanan. Tapi kaki kirinya justru punya power lebih besar dibanding kaki kanan. Pastinya, kemampuan ini yang membuat Barcelona ngebet mendapatkan Dembele.

Baca Juga

3. Penggemar David Bechham

David Beckham saat mengeksekusi bola.

Keinginan Ousmane Dembele untuk menjadi pemain sepak bola profesional ternyata diinspirasi oleh David Bekcham. Saat kecil, paman Dembele menghadiahinya sebuah kaos dengan nama Beckham di bagian punggung. Sejak saat itulah, dia bertekad untuk bisa menjadi pemain sebesar legenda Timnas Inggris tersebut.

Saat itu, sempat tersirat dalam pikiran Dembele untuk pergi ke Barcelona setelah mengetahui klub itu punya sistem pembinaan pemain muda yang jempolan. Keinginannya tersebut kini sudah tercapai, meski tidak harus masuk melalui akademi klub asal Catalan tersebut.

Baca Juga

4. Pernah Menolak Barcelona

Penyerang Stade Rennais, Ousmane Dembele.

Ketika masih berkostum Rennes, Dembele sebenarnya sudah masuk radar Barcelona. Direktur Teknik Blaugrana, Robert Fernandez, malah sudah bertemu langsung dengan Dembele di Prancis untuk menawarinya bergabung.

Namun, dia sadar bahwa peluangnya untuk mendapatkankan banyak pertandingan sangat kecil bersama Barcelona. Karena saat itu, Barcelona masih diperkuat trio Messi-Suarez-Neymar. Akhirnya dia memilih Dortmund yang menjanjikan kesempatan bermain lebih banyak.

Baca Juga

5. Punya Tenaga Kuda

Wonderkid Borussia Dortmund disebut sebagai kandidat peraih Ballon d Or oleh Owen Hargreaves.

Ousmane Dembele menjadi salah satu pemain yang paling banyak dimainkan sepanjang musim 2016/17. Dia bermain dalam 49 laga dalam seluruh kompetisi yang diikuti Borussia Dortmund. Dembele bermain dalam 32 laga Bundesliga, 10 pertandingan Liga Champions, dan 6 partai DFB-Pokal. Total menit bermain Dembele mencapai 3.387 menit.

Jumlah penampilan yang banyak tersebut didukung oleh staminanya yang kuat. Dembele pun bukan pemain yang mudah cedera. Musim lalu, dia hanya pernah beristirahat selama 10 hari akibat cedera. SIsanya dia habiskan di atas lapangan. 

Baca Juga

6. Sempat Dirayu Jurgen Klopp

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp.

Di awal musim 2016/17, tak hanya Barcelona yang tertarik dengan Ousmane Dembele. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, juga sudah menemui langsung sang pemain untuk menanyakan peluang Liverpool mendapatkan Dembele.

Sayang, upaya Klopp kala itu kalah cepat dibanding Borussia Dortmund. Saat Klopp bertemu dengan Dembele, sang pemain sudah terlanjur menjalin kesepakatan dengan Dortmund. 

Baca Juga

7. Tak Tertarik Raih Gelar Pemain Terbaik

Ousmane Dembele resmi menjadi pemain Barcelona.

Menjadi pemain muda dengan talenta yang luar biasa, membuat Ousmane Dembele banyak diprediksi bakal meraih gelar pemain terbaik suatu hari nanti. Apalagi kini dia bergabung dengan Barcelona yang bisa menunjang performanya untuk terus berkembang.

Namun, Dembele ternyata tak pernah berhasrat untuk bisa mendapatkan gelar Pemain Terbaik. Bagi dia, yang lebih utama adalah mendapatkan gelar bersama tim yang diperkuatnya. Artinya, dia siap untuk meraih trofi bersama Barcelona.

Baca Juga
BarcelonaBorussia DortmundOusmane Dembele

Berita Terkini