x

Dembele Bukan Pertama, Ini Daftar Lengkap Pemain Prancis di Barcelona

Sabtu, 26 Agustus 2017 17:22 WIB
Editor: Agus Dwi Witono

Barcelona secara tradisi memang punya hubungan kuat dengan pemain-pemain asal Prancis. Bahkan catatan menunjukkan bahwa Barcelona sudah diperkuat oleh pemain asal Prancis sejak 1902. Tidak lama dari waktu kelahiran klub kebanggaan warga Catalan ini.

Sayang, mayoritas tidak ada yang mampu bertahan lama bersama Blaugrana. Kebanyakan hanya berada di Camp Nou selama satu musim. Pemain Prancis yang paling lama bergabung bersama Barcelona adalah Eric Abidal dengan durasi enam tahun. Abidal kini bisa dibilang telah menjadi warga kehormatan di Catalan.

Eric Abidal saat mendapat penghargaan dari Barcelona.

Sepanjang lebih dari satu abad, setidaknya sudah ada 21 pemain asal Prancis yang pernah membela Barcelona. INDOSPORT ulas semua pemain tersebut berdasarkan rilis dari Sport.

Baca Juga

René-Victor Fenouillère (1902-1903)

Pemain berposisi menyerang ini hanya satu tahun berkostum Barcelona. Sempat bermain dalam 3 laga persahabatan dan mencetak satu gol pada 1902.

Henry Normand (1908-1909)

Lahir dari pasangan asal Prancis, Henry Normand justru lahir di Valladolid. Sebelum membela Barcelona, pemain berposisi sebagai gelandang ini sempat bermain untuk Real Madrid.

Jim Carlier (1913-1914)

Gelandang serang andal ini hanya bermain satu musim bagi Barcelona. Dia kemudian beralih profesi sebagai seorang pilot ketika Pecah Perang Dunia I.

Maurice Bigué (1913-1914)

Bigue hanya tampil dalam sembilan pertandingan bersama Barcelona. Namun, ia sempat tampil bersama Timnas Prancis dalam tujuh laga.

Jean Verdoux (1917-1918)

Penyerang yang satu ini tidak banyak tampil bersama Barcelona. Tampil dalam empat laga dan mencetak empat gol.

Jules Robusco (1948)

Jules Robusco bergabung di usia yang relatif muda, 18 tahun. Dia hanya bermain dalam dua pertandingan.

Lucien Muller (1965-1968)

Tiga tahun berkostum Barcelona, gelandang Prancis ini bermain dalam 124 pertandingan. Dia kemudian beralih tugas menjadi pelatih dan sukses mempersembahkan dua trofi juara.

Laurent Blanc (1996-1997)

Meski hanya satu musim, Laurent Blanc sukses mempersembahkan trofi. Pemain yang didatangkan dari Auxerre ini sukses meraih tiga trofi bersama Barcelona.

Christophe Dugarry (1997-1998)

Mantan penyerang Timnas Prancis ini hanya bermain dalam 13 pertandingan saja. Tak ada gol yang dicetaknya. Kecuali pertikaiannya dengan pelatih Luis van Gaal di sesi latihan Barcelona.

Frédéric Déhu (1999-2000)

Didatangan dari Lens dengan target bisa memperkuat lini pertahanan Barcelona. Namun, penampilannya kala itu tak bisa membuat yakin pelatih Luis van Gaal.

Richard Dutruel (2000-2002)

Didatangkan dari Celta Vigo, Dutruel mengalami kesulitan untuk menembus tim utama Barcelona.

Emmanuel Petit (2000-2001)

Emmanuel Petit didatangkan dengan status pemain juara dunia. Dia pun dipercaya dalam 23 pertandingan selama satu musim bermain bagi Barcelona.

Philippe Christanval (2001-2003)

Dua musim di Camp Nou, berjalan dengan tidak mudah bagi Christanval. Sulit bersaing hingga akhirnya memilih pergi.

Ludovic Giuly (kanan) dan Lionel Messi saat bermain bersama untuk Barcelona.

Ludovic Giuly (2004-2007)

Ludovic Giuly menjadi salah satu andalan pelatih Frank Rijkaard. Giuly meraih dua trofi La Liga dan satu Liga Champions sepanjang tiga musim berkostum Blaugrana.

Liliam Thuram (2006-2008)

Lilian Thuram didatangkan dari Juventus yang didegradasi ke Serie B akibat kasus pengaturan skor. Dua tahun bersama Barcelona, eks bek sayap Timnas Prancis ini bermain dalam 41 pertandingan.

Ludovic Sylvestre (2005-2006)

Tidak banyak catatan yang ditorehkan Ludovic Sylvestre. Dia hanya bermain dalam dua pertandingan sebelum akhirnya bergabung ke klub lain.

Thierry Henry.

Thierry Henry (2007-2010)

Bersama Samuel Eto’o dan Lionel Messi, Thierry Henry sempat menjadi tridente yang menakutkan di Eropa. Henry meraih tujuh trofi semasa tiga tahun membela Barcelona.

Éric Abidal (2007-2013)

Pemain Prancis paling lama berkostum Barcelona ini telah lebih dari 100 kali membela Barcelona. Total, 16 trofi yang diraihnya bersama Barcelona. Hingga kini, Abidal menjadi sosok yang selalu dihormati oleh seluruh pemain dan ofisial Barcelona, meski sudah tidak lagi menjadi bagi dari klub ini.

Jérémy Mathieu (2014-2017)

Dibeli dengan harga 20 juta euro dari Valencia, keberadaan Mathieu sempat memberi asa yang cukup tinggi. Faktanya, penampilannya justru kerap tidak konsisten dan malah banyak dirundung cedera.

Lucas Digne (2016-…)

Pemain bek sayap asal PSG ini memang dibeli untuk menjadi back up Jordi Alba. Wajar jika dia memang tidak banyak dimainkan. Selama Alba fit, maka Digne pun tidak akan banyak dimainkan. Musim lalu dia hanya bermain dalam 17 laga.

Samuel Umtiti (2016-…)

Pemain belakang Timnas Prancis U-20 ini didatangkan untuk menjalani pendidikan dulu bersama tim Barcelona B. Namun, setelah satu tahun Umtiti tampaknya masih kesulitan untuk bisa menembus tim utama Barceolona.

BarcelonaLaLiga SpanyolEric Abidal

Berita Terkini