x

3 Striker Myanmar yang Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia

Senin, 28 Agustus 2017 14:53 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Joko Sedayu
Aung Thu (depan) dan Than Paing.

Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 akan menghadapi Myanmar dalam perebutan medali perunggu pada SEA Games 2017, di Stadion Municipal Selayang, Selasa (29/08/17).

Meskipun pertandingan ini bukanlah perebutan gelar juara dan medali emas, namun demi harga diri dan peluang medali perunggu yang bisa didapat, tentunya membuat Indonesia maupun Myanmar akan tetap serius melakoni laga ini demi penawar luka.

Seperti diketahui, Timnas U-22 dikandaskan tuan rumah Malaysia dengan skor 0-1 pada babak semifinal. Sementara itu, Myanmar dikalahkan Thailand dengan skor serupa.

Menilik rekor pertemuan sebelumnya, Indonesia dan Myanmar sudah dua kali bertemu di ajang SEA Games. Dikutip dari Soccerway, Skuat Garuda Muda menang 1-0 di ajang SEA Games 2013. Dua tahun kemudian, giliran Myanmar yang mengalahkan Indonesia dengan skor 4-2.

Secara kekuatan, pasukan Luis Milla dinilai banyak pihak masih sedikit unggul di atas The White Angels. Apalagi pada babak penyisihan, Evan Dimas dan kawan-kawan sukses menahan imbang tim kuat Vietnam dan Thailand.

Namun, Indonesia tak boleh menganggap enteng Myanmar jika tak ingin pulang dari SEA Games 2017 dengan tangan hampa. Pasalnya, pada pertemuan terakhir mereka, Timnas Indonesia U-22 secara mengejutkan alami kekalahan 1-3 dari Myanmar pada pertandingan persahabatan internasional di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (21/03/17).

Secara permainan, Myanmar punya kekuatan dalam hal kecepatan. Para gelandang dan striker Myanmar sering memanfaatkan kemampuan itu untuk meneror pertahanan lawan.

Setidaknya ada 3 striker Timnas Myanmar yang patut diwaspadai lini belakang Timnas Indonesia U-22. Bahkan dua di antaranya merupakan jebolan Piala Dunia U-20 pada tahun 2015. Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT merangkumnya untuk pembaca setia.


1. Aung Thu

Penyerang Timnas Myanmar, Aung Thu.

Nama Aung Thu sudah mencuri perhatian di ajang Piala AFF 2016 lalu. Bagaimana tidak, ia menyabet  penghargaan sebagai pemain muda terbaik. Dua golnya di fase penyisihan turut mengantarkan Myanmar lolos ke semifinal untuk pertama kali dalam 12 tahun terakhir. Pemain 21 tahun itu juga tampil membela Myanmar di ajang Piala Dunia U-20  pada 2015 lalu.

Di saat rekan-rekannya mengalami fase naik turun di level profesional, pemain yang kerap dijuluki Messi-nya Myanmar tetap mampu mempertahankan kualitasnya baik bersama tim senior dan di SEA Games kali ini. 

Salah satu bukti betapa berbahaya Aung Thu terlihat saat laga melawan Singapura U-22 di Grup A SEA Games 2017. Aung Thu mencetak dua gol pada laga tersebut. 

Empat gol sudah dicetaknya selama fase grup dan menjadikannya sebagai top skor sementara di ajang SEA Games 2017.


2. Aung Kaung Mann

Aung Kaung Mann (merah) saat melawan Singapura.

Aung Kaung Mann boleh saja baru berumur 19 tahun. Namun penampilannya di SEA Games 2017 cukup menyita perhatian. Bagaimana tidak, striker milik Ayeyawady United itu sudah mencetak 2 gol di ajang dua tahunan tersebut.

Aung Kaung Mann tampil gemilang saat Myanmar U-22 melumat Brunei U-22 dengan skor telak 6-0. Di mana pemain kelahiran Yangon tersebut mencetak dua gol di laga tersebut.

Aung Kaung Mann juga pernah membobol gawang Indonesia di ajang Piala AFF U-19 2016 lalu. Ketika itu, satu gol Aung Kaung Mann membuka keunggulan Myanmar atas Indonesia pada menit ke-10  lewat sepakan tumitnya (backheel) memanfaatkan sepak pojok. Hasil pertandingan itu sendiri berhasil dimenangkan Myanmar dengan skor 3-2.


3. Than Paing

Than Paing (kiri) saat menggocek salah satu pemain Timnas Indonesia.

Selain Aung Thu, Than Paing juga tampil membela Myanmar di ajang Piala Dunia U-20. Pemain 20 tahun tersebut sudah mencetak 2 gol di ajang SEA Games 2017 di mana gol tersebut ia ciptakan saat melawan Brunei dan Malaysia di fase grup.

Pemain yang biasa berposisi sebagai penyerang ini juga masuk bagian dari Timnas senior Myanmar. Hingga kini, ia tercatat telah mencatat 10 caps dan satu gol buat Timnas senior.

IndonesiaIndonesia U-23MyanmarSEA Games 2017Bola Internasional

Berita Terkini