x

Gol-Gol Terbaik Pertemuan Prancis vs Belanda

Kamis, 31 Agustus 2017 18:38 WIB
Penulis: Fitriawan Nur Indrianto | Editor: Galih Prasetyo
Prediksi Prancis vs Belanda

Prancis akan menjamu Belanda dalam lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup A di Rusia pada Kamis (31/8/2017) atau Jumat (1/9/2017) WIB di Stade De France. Laga ini dianggap sebagai sebuah ajang balas dendam karena pada laga sebelumnya, Belanda dipecundangi Prancis di kandang sendiri, Amsterdam Arena 0-1 pada (11/10/16) lalu. 

Pemain Timnas Belanda

Prancis saat ini ada di peringkat kedua Grup A di bawah Swedia. Keduanya sama-sama mengumpulkan nilai 13 hasil dari 4 kali menang, 1 kali seri dan 1 kali kalah. Sementara Belanda ada di posisi ketiga dengan nilai 10 hasil dari 3 kali menang, 1 kali seri, dan 2 kali kalah.

Kedua negara ini sudah saling menjajal kekuatan masing-masing sejak lama. Menurut catatan kedua negara pertama kali bertemu pada tahun 1908 tepatnya pada 10 Mei 1908. Saat itu, Belanda unggul dengan skor 4-1. Kedua  sempat bertemu dalam ajang kualifikasi Piala Dunia yakni tahun 1981. Mereka juga bertemu pada Euro 1996 dan Euro 2000 dan Euro 2008. Selebihnya mereka lebih banyak bertemu dalam ajang persahabatan,

Laga kedua negara juga diwarnai oleh gol-gol Indah. Berikut rangkuman gol-gol indah tersebut untuk pembaca setia INDOSPORT:


1. Gol Frank De Boer di Euro 2000

Frank de Boer

Prancis bertemu Belanda di Euro 2000. Keduanya sama-sama berada di grup A dan berebut untuk menduduki posisi puncak. kala itu merupakan pertandingan terakhir grup A. Partai sengit itu pun diisi oleh gol-gol indah. Salah satunya adalah gol Kapten belanda Frank de Boer yang menyepak langsung bola mati ketika pemain Prancis belum siap. Duel panas itu berakhir dengan kemenangan Belanda 3-2 atas Prancis.


2. Dua Gol Akrobatik Benzema dan Matudi

Karim Benzema.

Prancis dan Belanda bertemu pada laga persahabatan yang dilangsungkan pada 05 Maret 2014. Belanda tampil agresif sehingga Prancis lebih mengandalkan serangan balik. Umpan lambung dari Blaise Matuidi gagal diantisipasi oleh garis pertahanan Belanda.

Benzema menyambarnya dengan tembakan setengah voli yang memperdaya penjaga gawang. empat menit sebelum babapk pertama usia, Matudi berhasil melesatkan tendangan voli. Pertandingan itu dimenangkan Prancis dengan skor 2-0. 


3. Sepakan Halilintar Arjen Robben dan Wesley Sneijder

Arjen Robben.

kedua negara berada dalam Grup C yang merupakan grup maut tempat berkumpulnya  Italia, Prancis, Rumania, dan Belanda. Pada akhirnya, Prancis harus tersingkir dari fase grup sementara Italia lolos mengikuti Belanda setelah mengalahkan Prancis 2-0 di laga terakhir.

Belanda akhirnya bertemu Prancis pada 13 Juni 2008. pada laga itu Robin Van Persie cs berhasil mempermalukan Prancis dengan skor telak 4-1. Gol-gol indah tercipta di pertandingan tersebut antara lain gol Arjen Robben dari sudut sempit serta sepakan Wesley Sneijder dari luar kotak penalti.


4. Free Kick Arnold Muhren

Arnold Mühren

Prancis bertemu Belanda pada kualifikasi Piala Dunia 1981. Saat itu Belanda bertindak sebagai tuan rumah dalam pertemuan pertama. Pertandingan berlangsung di Stadion De Kuip, Rotterdam. belanda berhasil unggul 1-0 lewat gol semata wayang Arnold Muhren. Ia berhasil melepaskan tendangan bebas dengan kaki kiri yang tidak bisa dibendung oleh penjaga gawang Prancis, Dominique Dropsy.


5. Sepakan First Time Patrice Loko

Patrice Loko.

Belanda melakukan uji coba melawan Prancis di stadion Galgenwaard, Utrecht. saat itu Belanda diperkuat oleh beberapa pemain bintang seperti Claren Seedorf, Frank de Boer, Marc Overmars, Aron Winter dan Michael Mols. Sementara Prancis diperkuat beberapa pemain bintangnya seperti Eric Cantona, Laurent Blanc, Christian Karembeu, dan Marcel Desailly.

Laga tersebut akhirnya dimenangkan oleh tim tamu dengan skor 0-1. Patrice Loko berhasil melesatkan gol di menit ke-44 melalui tendangan first time yang tidak bisa diantisipasi oleh penjaga gawang Belanda, Ed De Goey.

BelandaPrancisPiala DuniaKualifikasi Piala Dunia 2018Euro 2000

Berita Terkini