x

Nasib Buruk Chelsea di Dunia Transfer: Dari Ditikung, Direbut, hingga Ditolak Pemain

Jumat, 1 September 2017 16:14 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Logo Chelsea.

Menjadi juara dalam kompetisi sebesar Liga Primer Inggris bukan berarti bisa menjadi magnet bagi sejumlah nama berkualitas di dunia sepakbola.

Hal itulah yang kini dirasakan oleh Chelsea yang berhasil menjadi juara Liga Primer Inggris di musim 2016/17 kemarin.

Baca Juga

Ya, cukup banyak sejumlah nama yang telah dikaitkan dengan mereka justru ditikung atau berpaling ke klub lain, bahkan ada juga pemain mereka yang justru berhasil dibajak klub pesaing, termasuk mendapat penolakan dari calon penggawa anyar yang telah lolos tes medis.

Siapa sajakah mereka? Berikut ini INDOSPORT merangkumnya sesuai yang telah diberitakan pada sepanjang jendela transfer musim panas kemarin.


1. Corentin Tolisso

Corentin Tolisso dikontrak Bayern Munchen hingga tahun 2022.

Gelandang sayap asal Prancis ini dapat dikatakan sebagai pemain yang paling pertama harus disesalkan Chelsea akibat ditikung oleh klub lain.

Ya, kala itu Tolisso yang masih memperkuat Olympique Lyon telah masuk dalam daftar target Chelsea. Pemain berusia 23 tahun ini juga sempat dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk bergabung dengan klub asal London Barat tersebut.

Namun yang terjadi adalah ia justru berpaling ke klub raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munchen. Ketertarikan klub yang bermarkas di Allianz Arena ini tak lepas dari keinginan pelatih mereka yang juga mantan pelatih Chelsea, Carlo Ancelotti.

Munchen harus menebus Tolisso ke Lyon dengan mahar senilai 41,5 juta euro atau lebih dari Rp658 miliar dan telah diikat kontrak hingga tahun 2022 mendatang.


2. Romelu Lukaku

Selebrasi Romelu Lukaku bersama penggawa Man United lainnya.

Setelah Tolisso, Chelsea kembali dibuat gigit jari setelah pemain incaran utama mereka, Romelu Lukaku justru memilih Manchester United.

Sejak jendela transfer musim panas ini dibuka, The Blues memang telah dikaitkan dengan dua striker berkualitas, yakni Romelu Lukau dan Alvaro Morata.

Namun, Lukaku lebih sering disebutkan karena penyerang asal Belgia ini pernah mengenakan seragam Chelsea dan juga dinilai layak menggantikan peranan dari Diego Costa yang keberadaannya sudah tidak diinginkan lagi oleh pelatih klub, Antonio Conte.

Seakan memberikan udara segar, Lukaku juga seakan memberikan sinyal jika dirinya bersedia bergabung dengan Chelsea, salah satunya adalah saat ia mengikuti akun Instagram beberapa penggawa The Blues.

Sayangnya, pemain yang pada akhirnya melambungkan namanya di Everton ini memilih untuk bergabung dengan Manchester United.

Meski sempat kecewa, beruntung The Pensioners masih dapat mendatangkan pemain yang juga masuk dalam daftar targetnya, Alvaro Morata.

Kehadiran striker yang diboyong dari Real Madrid ini pun seakan mampu mengobati rasa sakit hati Chelsea untuk melupakan Lukaku.


3. Nemanja Matic

Nemanja Matic resmi dipinang Manchester United.

Gelandang bertahan asal Serbia ini merupakan pemain penting dalam memberikan Chelsea gelar Liga Primer Inggris 2014/15 dan 2016/17.

Matic benar-benar dapat bekerja sama dengan gelandang bertahan Chelsea lainnya, N’Golo Kante di musim kemarin dalam menjaga keseimbangan permainan tim.

Sayangnya, tim manajemen Chelsea membiarkan Matic untuk dibajak oleh salah satu pesaing di Liga Primer Inggris, Manchester United.

Tidak heran, pelatih The Blues, Antonio Conte merasa geram saat mengetahui Matic memilih untuk bergabung dengan Man United.

Situasi inilah pastinya membuat transfer Chelsea di musim panas ini semakin suram. Setelah gagal mendatangkan dua pemain incaran mereka, kini mereka juga harus kehilangan salah satu pemain pentingnya di musim 2017/18 ini.


4. Alex Oxlade-Chamberlain

Oxlade Chamberlain saat diperkenalkan Liverpool.

Gelandang tengah berdarah Inggris ini juga cukup sering dikaitkan dengan Chelsea menjelang penutupan jendela transfer.

Chamberlain memang sudah tidak kerasan lagi bersama klubnya, Arsenal dan memilih untuk hengkang di musim 2017/18 ini.

Puncaknya, Chamberlain sempat dituduh sengaja bermain buruk saat The Gunners dibantai oleh Liverpool dengan skor telak 0-4 dalam lanjutan pekan ketiga Liga Primer Inggris 2017/18 pada akhir pekan kemarin.

Tak ayal, pemain berusia 24 tahun ini pun dihujani kritik, terlebih saat para fans Arsenal mengetahui jika dirinya akan hengkang ke Chelsea.

Dikritik oleh Arsenal, tentunya ia akan disambut oleh Chelsea yang telah bersedia untuk menampungnya.

Namun siapa yang sangka, jika Chamberlain justru bukan ke Chelsea, tetapi malah memilih bergabung dengan klub yang melibas Arsenal, yakni Liverpool.

Situasi ini pun membuat dirinya menjadi dibenci oleh dua klub raksasa asal London tersebut. Terlebih tentunya para fans Arsenal yang semakin geram dengan sikapnya.

Bukan tidak mungkin, jika fans tim London Merah semakin menilai Chamberlain sengaja bermain buruk saat laga melawan Liverpool tersebut.

Sementara bagi Chelsea, lagi-lagi mereka harus menutup wajahnya sambil menggeleng-gelengkan kepala karena sang pemain incaran kembali gagal didapatkan.


5. Fernando Llorente

Fernando Llorente ke Tottenham Hotspur.

Nama Fernando Llorente juga muncul sebelum jendela transfer musim panas ini dibuka. Termasuk, ketika mereka sudah mendapatkan tanda tangan dari Alvaro Morata sekalipun.

Nama striker asal Spanyol tersebut memang diharapkan dapat mengurangi beban dari Morata di lini serang Chelsea pada musim 2017/18 ini.

Sama seperti beberapa pemain sebelumnya, Llorente juga telah memberikan sinyal jika dirinya bersedia untuk bergabung dengan tim yang didirikan pada tahun 1905 tersebut.

Llorente mengaku tertarik untuk bisa bekerja sama lagi dengan Antonio Conte saat keduanya masih sama-sama di Juventus dari tahun 2013 hingga 2015 lalu.

Lagi-lagi sayang seribu sayang, striker bernama lengkap Fernando Javier Llorente Torres ini justru memilih bergabung ke rival sekota Chelsea, yakni Tottenham Hotspur.

Dapat dikatakan, Llorente merupakan pemain terakhir yang diinginkan Chelsea tetapi justru sang pemain memilih untuk membela klub lain.

Bursa TransferChelseaLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini