x

Lawan Filipina, Ini Janji Pemegang Rekor ISC 2016 untuk Timnas U-19

Kamis, 7 September 2017 12:31 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

Timnas Indonesia U-19 akan meladeni perlawanan Filipina pada laga kedua Grup B Piala AFF U-18, Kamis (07/09/17) di Stadion Thuwunna. Jelang laga tersebut, salah satu gelandang Skuat Garuda Nusantara, Asnawi Mangkualam Bahar berjanji akan memberikan penampilan terbaik jika diturunkan dari awal laga.

Asnawi juga menyatakan ingin berbagi pengalamannya, saat membela Timnas U-22 di SEA Games 2017 lalu kepada teman-temannya di Timnas U-19. Ia berharap hal itu sedikit membantu saat membangkitkan semangat dan mental bertanding saat berada di lapangan.

Baca Juga

"Saya bangga bisa diberikan kesempatan untuk bermain di sini (Timnas U-19). Pokoknya saya akan memberikan yang terbaik," ujar Asnawi.

"Pengalaman di SEA Games kemarin juga akan saya bawa ke sini dan nanti diterapkan," sambungnya.

Sebelumnya Asnawi memang bermain untuk Timnas U-22 di SEA Games, namun lantaran umurnya masih memungkinkan bermain di Piala AFF U-18, maka pelatih Indra Sjafri kemudian memanggilnya untuk bergabung, termasuk rekannya, Saddil Ramdani.

Asnawi Mangkualam Bahar.

Asnawi yang merupakan pemegang rekor pencetak gol termuda (17 tahun, lima hari) di Indonesian Soccer Championship (ISC) 2016 itu menjelaskan tidak ada masalah mengenai proses adaptasi dengan rekannya di Timnas U-19 meski ia dan Saddil telat bergabung.

"Dengan semua pemain juga sudah bisa adaptasi, memang ada sedikit kelelahan usai SEA Games kemarin, tetapi sudah sekarang sudah adaptasi selama berada beberapa hari di sini (Myanmar)," tutup pemain milik PSM Makassar tersebut.

Pada laga melawan Myanmar, Selasa (05/09/17) yang berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk Timnas U-19, Asnawi hanya bermain beberapa menit di akhir babak kedua. Ia masuk pada menit ke-89 menggantikan Feby Eka Putra.

Akan tetapi, Asnawi langsung menunjukkan kelasnya. Gol kedua Egy Maulana Vikri pada menit ke-93 juga tidak lepas dari umpan kunci yang diberikan Asnawi pada Rifad Marasabessy yang kemudian meneruskan pada Egy Mualana.

Indonesia U-19Timnas u-19Timnas U-22Asnawi Mangkualam BaharPiala AFF U-18 2017

Berita Terkini