x

4 Bintang Layak Warisi Nomor 7 di Man United

Senin, 11 September 2017 22:07 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Manchester United.

Percaya atau tidak, nomor punggung pemain di sepakbola ternyata bukan hanya sekedar hiasan semata. Banyak klub yang menganggap nomor punggu tersebut dikaitkan dengan aroma takhayul. Seperti halnya nomor 7 di Manchester United.

Sebagian kalangan menganggap bahwa angka 7 merupakan nomor yang sangat spesial dan keramat bagi tim yang bermarkas di Old Trafford, karena pemiliknya adalah para pemain hebat.

Sejak era  Sir Matt Busby sampai Sir Alex Ferguson, nomor 7 selalu identik dengan pemain-pemain yang memiliki skill di atas rata-rata dari pemain lainnya.

Baca Juga

Sebut saja, George Best. Best adalah pemain pertama yang sukses mengenakan nomor 7. Dia merupakan pemain asal Irlandia Utara yang sangat mengagumkan. Memiliki kecepatan, keseimbangan, pengamatan, dan kontrol bola yang sempurna membuatnya berhasil mempersembahkan trofi Liga Champions pertama untuk United bersama Bobby Charlton dan Denis Law.

Selain Best, ada juga Bryan Robson, Eric Cantona, David Beckham, serta Cristiano Ronaldo yang pernah memakainya. Mereka merupakan sederet pemain bernomor punggung 7 yang melegenda, karena kontribusinya terhadap raihan prestasi untuk Setan Merah.

Sepeninggalan Ronaldo, United belum kembali menemukan pemain berkualitas untuk memakai nomor keramat itu. Bahkan, nomor tersebut sempat beberapa kali ditanggalkan.

Cristiano Ronaldo saat masih bermain di Manchester United.

Nama-nama seperti Michael Owen, Antonio Valencia, Angel Di Maria, dan Memphis Depay, yang pernah merasakan nomor 7, justru gagal bersinar bersama United.

Dalam perilisan nomor punggu pemain yang diumumkan oleh United untuk musim 2017/18, nomor 7 tanpa pemilik. Kabarnya, nomor tersebut sengaja dikosongkan untuk menyambut pemain baru musim depan.

Lalu, siapakah pemain baru yang layak jadi pewaris nomor keramat Man United itu? Berikut hasil rangkuman INDOSPORT dari Sportskeeda:


1. Antoine Griezmann

Selebrasi Antoine Griezmann usai membobol gawang Belanda
Striker andalan Atletico Madrid, Antoine Griezmann.

Antoine Griezmann sempat dikabarkan akan segera bergabung dengan skuat Setan Merah pada bursa transfer musim panas ini. Namun, sang pemain gagal pindah lantaran tak ingin meninggalkan Atletico Madrid yang sedang terkena sanksi larangan transfer oleh FIFA .

Sebagai gantinya, Mourinho mendatangkan Romelu Lukaku dari Everton untuk mengisi lini serang Manchester United setelah ditinggal Ibrahimovic karena cedera dan Wayne Rooney hijrah ke Everton. 

Meski demikian, ternyata United masih menyimpan hasrat untuk memboyong Griezmann musim panas nanti. Bahkan ada kabar yang menyebutkan ia telah menandatangani kontrak pribadi dengan United.

Selain itu dalam deal pribadinya, Griezmann dijanjikan akan diberi nomor 7. Apalagi nomor ini sesuai dengan Griezmann sekarang di Atletico Madrid dan Ttimnas Prancis.


2. Gareth Bale

Gareth Bale saat membawa bola.

Setelah gagal dapatkan Griezmann bursa transfer musim ini, Man United sempat mengalihkan buruannya dengan berusaha mendatangkan Gareth Bale dari Real Madrid.

Bahkan, United dikabarkan sudah menyiapkan uang sebesar Rp1,3 triliun. Namun, sang pemain memilih untuk bertahan di Stadion Santiago Bernabeu. 

Gareth Bale

Jika jadi pindah ke Old Trafford, Bale digadang-gadang cocok memakai nomor punggung 7 karena kecepatan dalam bermain di posisi winger, mirip dengan Ronaldo.


3. Marcus Rashford

Bintang muda Manchester United, Marcus Rashford.

Jika memang Man United kembali gagal mendapatkan pemain bintang incarannya, nama Marcus Rashford dinilai cocok untuk memakai nomor punggu 7 musim depan.

Wonderkid asal Inggris ini dalam beberapa tahun sukses mencuri perhatian para pecinta sepakbola dunia, karena performanya terus meningkat pasca dipromosikan oleh Loius van Gaal ke skuat utama pada November 2016 lalu.

Gelandang Marcus Rashford melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Slovakia.

Jika nomor 7 diberikan untuk Rashford, pemain berusia 19 tahun tersebut akan menjadi pemain termuda kedua yang memakai nomor 7 setelah Cristiano Ronaldo. Ronaldo diberikan nomor 7 saat masih berusia 18 tahun.

Berposisi sebagai winger, Rashford kerap menyulitkan bek-bek lawan karena memiliki kecepatan dan olah bola yang baik. 

Baru-baru ini juga Rashford memakai nomor 7 di Timnas Inggris, sehingga layak jika ia juga mengenakan nomor yang sama di United.


4. Alexis Sanchez

Bintang Timnas Chile, Alexis Sanchez.

Kontrak Sanchez di Arsenal memang masih menyisakan satu musim lagi. Namun, sampai saat ini, Sanchez masih belum menandatangani kontrak barunya bersama The Gunners.

Meski harus bersaing dengan sejumlah klub besar yang tertarik untuk merekrutnya, Setan Merah serius untuk mendatangkan Sanchez ke Old Trafford. 

Alexis Sanchez hanya bisa tertunduk saat Arsenal dikalahkan Liverpool.

Kegagalan Man City untuk merekrut pemain asal Chile pada deadline bursa transfer, harusnya menjadi kesempatan baru untuk United kembali mencoba merekrut Sanchez pada bursa transfer Januari nanti.

Pemain asal Chile itu telah menjadi pencetak gol terbanyak Arsenal musim 2016-2017, dengan mengantongi 30 gol di semua kompetisi. Squawka menambahkan, Sanchez juga menciptakan 94 kali peluang dan 13 assist untuk timnya.

Manchester UnitedCristiano RonaldoGareth BaleAntoine GriezmannAlexis SanchezLiga Primer InggrisMarcus RashfordBola Internasional

Berita Terkini