x

Deretan Handball Pique yang Bebas dari Hukuman Wasit

Rabu, 13 September 2017 09:52 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Gerard Pique, pemain bertahan Barcelona.

Gerard Pique kembali menjadi sorotan pasca meluluhlantakkan juara bertahan Serie A Italia, Juventus, dalam laga penyisihan Grup D Liga Champions musim 2017/18 pada dini hari tadi. Dalam pertandingan tersebut, skuat Ernesto Valverde menang telak tiga gol tanpa balas.

Sang megabintang Lionel Messi menjadi daya tarik tersendiri dengan mencetak dua gol di laga tersebut. Hal itu tak lepas dari keberhasilan Messi untuk memecahkan ‘kutukan’, yang mana selalu gagal mencetak gol tiap kali melawan Gianluigi Buffon.

Selebrasi Lionel Messi setelah mencetak gol ke gawang Juventus.

Selain Messi, Pique juga turut menjadi perhatian di laga tersebut. Bukan karena hal positif seperti yang rekannya perbuat, melainkan hal negatif yang kembali terulang di atas lapangan.

Suami dari Shakira itu terlihat melakukan handball di kotak penalti Barcelona, namun tidak dianggap sebagai sebuah pelanggaran oleh sang wasit. Kejadian tersebut terjadi pada menit 81, ketika Barcelona telah unggul 3-0 atas Juventus.

Baca Juga
Momen ketika bola menyentuh tangan Gerard Pique di dalam kotak penalti.

Apa yang dilakukan oleh Pique sejatinya bukan kali pertama. Terakhir, dirinya juga sempat melakukan handball yang disengaja, ketika menjamu Real Madrid di ajang Piala Super Spanyol pada Agustus 2017 lalu.

Pada laga leg pertama yang dimainkan di Camp Nou itu, Pique dengan sengaja melakukan handball pasca timnya melakukan tendangan pojok di menit 27. Tak ayal, sang wasit pun memberikan kartu kuning kepada pria berusia 30 tahun tersebut.

Namun, tidak semua handball yang dilakukan oleh Pique berbuah kartu kuning kepadanya. Dirinya kerap kali lolos dari hukuman wasit pasca melakukan aksi tidak terpuji tersebut, terlebih hal itu dilakukannya di area terlarang timnya. Berikut INDOSPORT mencoba merangkum beberapa handball yang dilakukan oleh Pique, namun lolos dari pengelihatan wasit.


1. Handball di Perempatfinal Liga Champions 2016/17 vs Juventus

Gerard Pique saat melawan Juventus di babak perempatfinal Liga Champions musim lalu.

Dengan lawan yang sama, Juventus, Pique juga pernah melakukan handball di kotak penalti. Pada laga leg kedua yang dimainkan di Camp Nou tersebut, Pique dapat dikatakan melakukan handball secara tak sengaja.

Kala itu, dirinya hendak menahan umpan silang mendatar yang dilakukan oleh Juan Cuadrado. Bola sejatinya berhasil ia tahan dengan mengenakan kaki kirinya, namun muntahan bola tersebut terlihat mengenai tangan kiri Pique.

Wasit pada pertandingan tersebut pun tidak memberikan pelanggaran kepada sang pemain, ataupun penalti kepada Juventus. Walau begitu, Juve tetap berhasil menyingkirkan Barcelona dari babak perempatfinal.


2. Handball di La Liga Spanyol vs Sporting Gijon

Gerard Pique saat melawan Sporting Gijon.

Handball kedua yang kembali lolos dari pengeliatan wasit adalah saat timnya meluluhlantakkan Sporting Gijon, dalam laga lanjutan La Liga Spanyol musim 2015/16. Bermain di Camp Nou, La Blaugrana sukses menghantam tamunya tersebut dengan enam gol tanpa balas.

Sayang, dibalik kemenangan besar tersebut terdapat aksi tidak sportif yang dilakukan oleh Pique. Dirinya dengan sengaja menahan bola agar tidak masuk ke dalam gawang, lantaran Claudio Bravo yang pergi meninggalkan areanya.

Berbeda dengan Barcelona, sang pengadil lapangan justru langsung memberikan penalti untuk tuan rumah pasca Roberto Canella melakukan handball setelah menghalangi umpan silang Dani Alves.

Pasca pertandingan, Pique pun sempat melontarkan emosi melalui Twitter pribadinya karena dianggap melakukan handball. Dirinya menganggap apa yang dilakukannya adalah hal biasa, dan bukan sebuah handball.

"Bagaimana bisa ini disebut handball? Ini memalukan," tulis Pique lewat Twitter.


3. Handball di Penyisihan Grup C Liga Champions 2016/17 vs Borussia Monchengladbach

Gerard Pique saat melawan Borussia Monchengladbach, 2016 silam.

Handball terakhir yang dilakukan Pique namun lolos dari pengelihatan wasit adalah saat dirinya melakukan lawatan ke Stadion im Borussia-Park, markas Borussia Monchengladbach.

Pada babak penyisihan Grup C Liga Champions musim 2016/17 lalu, Lionel Messi dkk berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-1. Walau begitu, kemenangan tersebut tercoreng lantaran handball yang dilakukan oleh sang pemain bertahan tersebut.

Dalam video di bawah ini, terlihat Pique melakukan sebuah handball tatkala dirinya ingin menghalau umpan silang salah seorang pemain Monchengladbach. Jalan cerita kemenangan Barcelona akan berubah, andai saja sang pengadil lapangan kala itu memberikan sebuah penalti untuk kubu tuan rumah.

BarcelonaLaLiga SpanyolLiga ChampionsGerard PiqueBorussia MonchengladbachSporting GijonLiga SpanyolBola Internasional

Berita Terkini