x

5 Hal yang Bisa Dijadikan Pelajaran Hidup dari Messi

Senin, 18 September 2017 15:20 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Lionel Messi.

Siapa yang tidak kenal dengan Lionel Messi? Setiap pencinta sepakbola pastinya mengetahui siapa itu Messi. Jangankan para penggemar si kulit bundar, mereka yang merupakan kaum awam pun juga pasti mengetahui siapa itu Lionel Messi.

Baca Juga

Ya, nama pemain megabintang Barcelona ini tentunya sudah dikenal luas di jagat raya. Ketenaran dirinya di dunia persepakbolaan profesional tentunya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Meskipun usianya sudah tidak muda lagi, yaitu berusia 30 tahun, dirinya masih dikenal dengan kemampuan apiknya dalam mengolah si kulit bundar. Skill hebat yang dimilikinya tentu mampu membawa klub yang ia bela meraih berbagai penghargaan penting.

Lionel Messi.

Namun, kesuksesan yang dimiliki oleh pria Argentina itu tidak hanya datang begitu saja. Sebab, segala hal yang ingin dicapai tentu membutuhkan perjuangan dari diri masing-masing setiap orang.

Walaupun mungkin Messi sendiri sudah terlahir dengan bakat dan talenta untuk menjadi pesepakbola andal, bukan berarti dirinya tidak berbuat apa-apa untuk menjadi seperti saat ini.

Melihat hal itu, berikut ini INDOSPORT akan merangkum lima hal apa saja yang bisa dijadikan pelajaran hidup dari seorang Lionel Messi. Tanpa kelima hal ini, kesuksesan miliknya saat ini bisa saja tidak tercapai.


1. Berjuang untuk Mencapai Mimpi dan Cita-cita

Lionel Messi di sesi latihan jelang laga Juventus vs Barcelona.

Hal pertama yang bisa dijadikan pelajaran hidup dari seorang Lionel Messi ialah kerja keras untuk mencapai mimpi dan cita-cita. Kerja keras tentunya menjadi kunci penting untuk menggapai kesuksesan.

Pasalnya, tanpa kerja keras, apa yang diinginkan tidak bisa dicapai. Meskipun Anda memiliki banyak talenta dan bakat, tanpa usaha dan kerjas keras, semua hal itu akan sia-sia.

"Anda harus berjuang untuk menggapai cita-cita. Anda harus berkorban dan bekerja keras untuk itu" - Lionel Messi.

Seperti halnya yang terjadi oleh Messi sendiri. Pria berusia 30 tahun ini bisa dikatakan memang terlahir dengan talenta dan bakat yang hebat, terutama di dunia persepakbolaan. Namun, bukan berarti pemain bintang Barcelona ini bisa menjadi tenar seperti saat ini tanpa adanya kerja keras.

Semuanya akan kembali pada kerja keras dan pengorbanan yang menjadi hal utama untuk bisa menjadi yang terbaik di antara semuanya.


2. Kemampuan Mental

Lionel Messi tengah mengontrol bola dari pemain Venezuela.

Mempunyai postur tubuh yang tinggi tentu akan memberikan nilai tambah sendiri bagi seorang pesepakbola. Tingginya tubuh mereka bisa memudahkan sang pemain kala berjibaku di lapangan hijau.

Namun bagi seorang Messi, fisik bukanlah segala-galanya dalam mengembangkan kariernya di dunia persepakbolaan. Untuk dirinya, kemampuan mental lah yang menjadi hal utama.

“Saya mempunyai banyak tahun untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi, dan itulah yang menjadi ambisi saya. Hari yang mana Anda berpikir sudah tidak ada lagi perkembangan untuk dilakukan akan menjadi hari yang menyedihkan bagi pemain mana pun” - Lionel Messi.

Sebagaimana diketahui, Messi mempunyai postur tubuh yang tidak terlalu tinggi, yaitu 170 cm. Berbeda dengan para pesepakbola lainnya, yang rata-rata mempunyai tubuh lebih tinggi seperti Cristiano Ronaldo dengan tinggi 185 cm, Zlatan Ibrahimovic yang mencapai 195 cm, ataupun Neymar setinggi 175 cm.

Meskipun dirinya kerap kesulitan untuk bersaing dengan pemain lain yang lebih tinggi darinya, hal itu tidak menjadi kendala kala mengembangkan karier di dunia si kulit bundar.

Hal itu pun dibuktikan dari performanya dalam berlaga di lapangan hijau. Nyatanya hingga saat ini, nama pria asal Argentina itu semakin terkenal di dunia. Sebab, secara mental Messi jauh lebih kuat dari yang kita lihat secara fisik itu.


3. Belajar Menerima Kegagalan

Lionel Messi.

Untuk mencapai kesuksesan, setiap orang tentu harus bisa belajar menerima kegagalan. Sebab, kegagalan yang terjadi akan menjadi pelajaran bagi setiap individu untuk bisa berkembang lebih baik lagi, sebagai batu loncatan menuju kesuksesan.

Hal itulah yang nyatanya selalu dilakukan oleh Messi. Beberapa kali dirinya mengalami kegagalan yang menyakitkan hingga membuat dirinya terpuruk, namun ketidakberhasilan itu tidak membuatnya menjadi gagal mengembangkan karier.

“Terkadang, Anda harus bisa menerima bahwa Anda tidak bisa menang setiap saat” - Lionel Messi.

Sebaliknya, pemain Timnas Argentina itu akan menjadikan kegagalan sebagai kesempatan utnuk bisa mengubah permainannya di persepakbolaan menjadi lebih baik lagi.

Dalam hal ini, bukan kegagalan yang membentuk sebuah perbedaan. Namun, hal itu berdasarkan pada bagaimana cara Anda menyelesaikan masalah atau kegagalan yang didapat di kemudian hari.


4. Loyalitas

Megabintang Barcelona, Lionel Messi.

Kesetiaan seseorang memang tidak ada harganya. Hal itu dikarenakan, loyalitas seseorang berada di atas segala-galanya dan juga menjadi hal utama yang memengaruhi kesuksesan diri setiap orang.

Hal itulah yang nyatanya dimiliki di dalam diri Lionel Messi. Kesetiaan dirinya kepada Barcelona berada di atas segala-galanya. Dan mungkin, itulah yang menjadi alasan dirinya bisa mencapai kesuksesan hingga saat ini.

Tidak jarang kita melihat pesepakbola yang ingin berpindah ke klub ataupun negara lain, yang semata-mata hanya untuk mendapatkan uang lebih besar lagi. Namun hal itu nampaknya tidak masuk dalam kamus Messi, yang lebih mengedepankan loyalitas dirinya terhadap klub yang sudah dibelanya selama 13 tahun lamanya.

“Barcelona adalah hidup saya. Mereka telah membawa saya ke tempat saya saat ini. Saya tidak bisa pergi, saya tidak ingin pergi. Saya tahu bahwa Liga Primer Inggris sangat bagus. Namun, saya tidak bisa melihat diri saya bermain di Inggris karena hati saya tetap bersama Barcelona, selalu” - Lionel Messi.

Dengan berbuat demikian, Messi membuktikan bahwa dirinya tidak melupakan orang-orang yang pernah membantunya mencapai tujuan. Sebagaimana diketahui, Messi berkecimpung di dunia sepakbola profesional sejak lulus dari akademi La Masia.

Dari tahun 2004 hingga saat ini, dirinya masih tetap bertahan di Camp Nou dan tidak ada pernyataan dari dirinya sendiri yang mengatakan bahwa dirinya ingin hengkang dari Spanyol.


5. Kerendahan Hati

Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar Jr tengah melakukan foto bersama.

Poin penting mengenai pelajaran hidup yang bisa diambil dari Lionel Messi ialah kerendahan hatinya. Meskipun namanya sudah tenar di jagat raya, dan lagi uang sudah bukan menjadi masalah baginya, sang pemain selalu memperlihatkan sikap rendah hati.

“Menjadi agak terkenal saat ini memberikan saya kesempatan untuk bisa membantu orang yang membutuhkan, terutama anak-anak” - Lionel Messi.

Kutipan dari Messi itu sendiri menggambarkan seberapa murah hatinya. Dia mempunyai tanggung jawab untuk orang lain, terlebih mereka yang membutuhkan. Ia juga mengetahui secara pasti bahwa tujuan yang lebih mulia ialah memberi dan membantu.

Bagi Messi, penghargaan tinggi yang didapatkan bukanlah seberapa besar nominal uang, melainkan pengakuan dari rekannya. Hal itu tentunya tergambar dari bagaimana rekannya di Barca memberikan penghormatan untuk Messi.

Tidak hanya rekannya saja, pria kelahiran 24 Juni 1987 itu bahkan mendapatkan penghormatan dari pemain dari klub lain yang akan menjadi lawannya. Menilik pada video yang diunggah oleh Goal pada 2014 lalu, terlihat bahwa pemain asal Trinidad dan Tobago menghormati Messi dengan menunjukkan sikap membungkukan badan sebelum keduanya bersalaman.

Meskipun dirinya dinilai sangat berharga, tidak pernah sekalipun ia menunjukkan sikap sombong. Menjadi seorang yang rendah hati tentunya akan membantu mencapai kesuksesan dalam kehidupan.

BarcelonaLionel MessiLiga SpanyolBola Internasional

Berita Terkini