x

Tajir Abis Tapi Gak Lupa Beramal, Ini Daftar Pesepakbola yang Rajin Sisihkan Gajinya untuk Sedekah

Selasa, 19 September 2017 23:22 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
Ilustrasi Bola dan Uang.

Siapa yang tak ingin jadi pemain bola? Gaji yang menggiurkan dan memiliki segala kemewahan duniawi. Namun ternyata, meski semua bisa dibeli, masih ada saja yang kurang. Rasa adem membantu sesama bukanlah hal yang bisa dibeli dengan apa pun. 

Baca Juga

Setidaknya ada 5 pesepakbola yang tersohor suka beramal tanpa pandang bulu. Tak hanya itu, demi menjaga sedekahnya sampai ke tangan yang membutuhkan, mereka mendirikan yayasan sendiri dan menyalurkan rejekinya lewat yayasan tersebut. Sederhana namun nyata kebaikannya. Siapa saja mereka? Dilansir dari Loop, ini lima pesepakbola kece plus rajin sedekah. Imam idaman banget, kan? Simak yuk, ah.


1. Lionel Messi

Megabintang Barcelona, Lionel Messi.

Habis kata untuk menggambarkan kekerenan mega bintang lapangan hijau Lionel Messi. Menjadi salah satu pesepakbola dengan bayaran termahal tak membuatnya besar kepala. Pria yang kini menumbuhkan jenggot itu memiliki jiwa dermawan yang tinggi.

Hal itu ditandai dengan mendirikan yayasan Leo Messi Foundation. Yayasan ini bergerak untuk membantu anak-anak sedunia supaya mereka dapat pendidikan dan kesehatan yang layak. Tak hanya di Argentina, Yayasan Leo Messi Foundation yang didirikan sejak 2007 juga tersebar di Asia, Afrika, dan Eropa. Luar biasa, Messi!


2. Cristiano Ronaldo

Selebrasi pemain megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo usai menjebol gawang Apoel.

Bintang sepakbola Cristiano Ronaldo adalah salah satu contoh orang yang gak melupakan asal usulnya. Datang dari kalangan keluarga yang kekurangan, Ronaldo paham banget hidup serba terbatas. Karenanya, sebisa mungkin, dia membantu siapa pun yang membutuhkan pertolongannya. Pada 2014 dia pernah membantu biaya operasi otak bocah 10 tahun bernama Erik Ortiz Cruz sebab orangtua si bocah tak memiliki biaya. Tanpa pikir panjang, Ronaldo melelang jersey miliknya dan laku seharga 53 ribu poundsterling yang langsung dia sumbangkan seluruhnya pada Ortiz.

Pastinya masih ingat dengan Martunis? Pria dari Aceh yang terombang-ambing di derasnya arus banjir akibat tsunami dengan kaos Timnas Portugal. Melihat hal itu Ronaldo mengangkat Martunis menjadi anaknya. Seluruh biaya sekolah Martunis hingga dewasa ditanggung Ronaldo. Mantap abis.


3. Didier Drogba

Didier Drogba, pemain dan pemilik Phoenix Rising.

Menjadi bintang sepakbola yang tersohor membuat pundi-pundi keuangan milik Didier Drogba bertambah banyak. Namun berkarir di Inggris tidak pernah membuatnya lupa pada kampung halamnnya di Pantai Gading. Negara di Afrika yang masih di bawah garis kemiskinan itu rutin mendapatkan setengah dari gaji Drogba yang ia taruh di yayasan amal miliknya, Didier Drogba Foundation yang dibangun pada 2007. 

Didier memfokuskan diri menyalurkan sedekahnya bagi keberlangsungan kesehatan di negara dia. Saban bulan yayasannya menyalurkan bantuan untuk membuat rumah sakit di Pantai Gading lebih manusiawi dan layak.


4. Michael Essien

Michael Essien

Pemain dunia yang pernah memperkuat Chelsea Michael Essien kini memperkuat Persib Bandung. Tapi bukan itu yang mau dibahas melainkan sisi dermawannya. 

Essien mendirikan yayasan amal di negara kelahirannya, Ghana, dan diberikan nama Michael Essien Foundation. Yayasan tersebut bergerak membantu warga berekonomi lemah serta hidup di bawah garis kemiskinan. Selain itu Essien juga rajin mengedukasi warga serta membantu pengobatan ketika virus Ebola meruak.


5. Neymar Jr

Neymar Jr.

Meski kehidupan Neymar Jr cukup baik dan berkembang dari kalangan menengah mampu bukan berarti dia menutup mata dengan kehidupan di sekitarnya, terutama di Brasil, asal negaranya. Masih banyak anak-anak tak mendapatkan pendidikan layak.

Melalui yayasan yang didirikannya Instituto Projeto Neymar Jr yang bergerak di bidang pendidikan, sosial dan penyediaan air bersih. Saban terima gaji, Neymar rajin menyumbangkan kira-kira Rp100 juta untuk membantu sekitarnya.

Cristiano RonaldoNeymarLionel MessiPersib BandungDidier DrogbaMichael Essien

Berita Terkini