x

Bertandang ke Korea Utara, Klub India Dibayangi Peluncuran Rudal

Rabu, 20 September 2017 14:43 WIB
Penulis: Fitriawan Nur Indrianto | Editor: Arum Kusuma Dewi
Presiden Korea Utara penggemar Manchester United

Tidak mudah bagi siapapun untuk nekat datang ke Korea Utara di tengah ketegangan yang terjadi akibat isu nuklir di negara tersebut. Namun, tim sepakbola India, Bengaluru FC harus tetap melakoni laga tandang ke negara tersebut untuk mengikuti turnamen Piala AFC kontra 425 SC.

Bendera Korea Utara.

Dikutip dari BBC Sport, ketegangan nampaknya menyelimuti para pemain Bengaluru FC sebelum mereka berangkat ke Pyongyang. Mereka pun sempat menanyakan apakah perjalanan itu akan aman, tetapi AFC telah memastikan bahwa keamanan mereka terjamin. Untuk sampai ke Korea Utara, mereka terlebih dahulu harus menempuh perjalanan panjang dengan rute Mumbai-Beijing-Pyongyang.

Dalam rangka meredakan ketegangan, para pemain pun mencoba untuk bercanda. Pemain Bengaluru FC bahkan sempat mem-posting tulisan di akun Twitternya yang menyatakan bahwa dirinya berharap bisa minum bir bareng penguasa Korea Utara, Kim Jong-un.

Candaan pemain Bengaluru FC sebelum tiba di Korea Utara

Setibanya di Pyongyang, mereka mendapati sebuah bandara yang sepi. Mereka juga mendapatkan pemeriksaan yang ketat untuk bisa masuk ke kawasan teritorial Korea Utara.

Salah satu ketegangan yang tidak bisa dilupakan adalah saat terakhir berada di hotel. Menurut penuturan salah satu pemain Bengaluru FC, mereka mendengar kabar bahwa rudal telah meluncur dekat dengan tempat mereka menginap. Mereka pun sempat keluar untuk memastikan hal tersebut.

Baca Juga

Namun di balik cerita yang menegangkan tersebut para pemain diperlakukan dengan baik. Dikutip dari ESPN, Kunaal Majgaonkar, manajer media klub tersebut menyatakan bahwa makanan yang disajikan di hotel sangatlah enak. 

Bahkan apa yang ada di Korea Utara tak seperti yang dibayangkan orang selama ini. Kota-kota di sana sangatlah hijau dan bersih. Jalanan begitu lebar dan bahkan para pemain pun merasa berada di surga. Orang-orang Korea pun sangat sopan terhadap mereka.

Para pemain pun sempat berfoto-foto. Salah satunya adalah Erik Paartalu yang mengungah fotonya tersebut di akun Instagramnya, @erik.paartalu.

Laga antara kedua tim di Pyongyang itu berakhir dengan skor 0-0. Bengaluru FC pun menang dengan agregat 3-0 setelah di laga kandangnya berhasil menang 3 gol tanpa balas.

Korea UtaraJSW Bengaluru FCPiala AFCKim Jong-UnBola Internasional

Berita Terkini