x

5 Pemain yang Harusnya Sudah Gabung Barcelona

Senin, 25 September 2017 18:42 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Yohanes Ishak
5 Pemain yang harus dibeli Barcelona pada bulan Januari mendatang.

Pada bursa transfer musim panas lalu, Barcelona kerap dihubungkan dengan beberapa pemain usai ditinggal Neymar ke PSG.

Meski nyatanya tak semua pemain yang dihubungkan bisa dibeli Barcelona. Bahkan, tim asal Catalan tersebut sempat membuat kejutan dengan mendatangkan Paulinho dari klub Liga China, Guangzhou Evergrande.

Hal tersebut membuat Barcelona sempat diremehkan jelang kompetisi musim 2017/18 dimulai. Barcelona harus kalah dalam dua laga Piala Super Spanyol bertajuk El Clasico.

Baca Juga

Padahal, Barcelona sudah cukup boros belanja pemain musim panas ini. Tak kurang ada 5 pemain yang sudah didatangkan agar bisa membuat Barcelona kembali menakutkan pasca ditinggal Neymar, yakni Ousmane Dembele, Paulinho, Nelson Semedo, Gerard Deulofeu dan Marlon.

Sayang, pemain-pemain baru ini belum memuaskan penampilannya. Sebut saja Dembele yang dibeli 105 juta euro atau sekitar Rp1,6 triliun harus menepi lantara cedera yang dialaminya hingga empat bulan.

Ousmane Dembele alami cedera hamstring saat lakoni pertandingan kontra Getafe.

Pemain yang diproyeksikan sebagai suksesor Neymar itu baru mencatatakan penampilan tiga kali bersama El Barca.

Dengan kondisi ini, apakah Barcelona salah dalam melakukan kebijakan transfer musim panas ini? Seandainya Blaugrana tak melakukan panic buying, lima pemain ini seharusnya bisa dibeli Barcelona pada bursa transfer musim panas lalu. Berikut rangkumannya oleh tim INDOSPORT:


1. Jose Luis Gaya

Jose Luis Gaya

Valencia kembali mengorbitkan bek kiri potensial dalam diri Jose Luis Gaya. Gaya merupakan salah satu bek kiri terbaik di La Liga Spanyol saat ini. 

Tak heran banyak klub-klub top Eropa yang tertarik memboyongnya pada bursa transfer musim panas lalu. Dirinya seorang bek kiri yang rajin melakukan overlap untuk membatu serangan, dan juga bagus dalam bertahan. 

Gaya disebut media-media Eropa mewarisi "DNA" mantan seniornya, Jordi Alba. Pemain berusia 22 tahun tersebut akan menjadi pilihan cadangan yang bagus untuk melapisi Alba.


2. Jorginho

Gelandang Napoli, Jorginho.

Lini tengah merupakan sektor yang cukup vital bagi permainan Barcelona dengan tiki-takanya. Terutama di lini gelandang bertahan yang mempunyai peran untuk membangun serangan dan mematahkan serangan lawan. 

Tak ada keraguan mengenai kualitas Sergio Busquets, dirinya masih menjadi salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia saat ini.

Namun, umurnya yang sudah tak lagi muda, membuat Barcelona perlu mencari suksesor yang sepadan untuk melapis Sergio yang kerap absen karena cedera maupun akumulasi kartu.

Pemain Napoli, Jorginho disebut lebih layak menjadi pelapis dari Sergio ketimbang Paulinho. Jorginho disebut akan menjadi pemain yang sempurna di lini tengah Barcelona.

Pemain asal Italia itu mempunyai kemampuan teknisnya yang cukup luar biasa dan kemampuan bermain yang mendalam. Seorang gelandang yang bisa mendikte permainan seperti Xavi Hernandez.

Seandainya Barcelona memboyongnya pada bursa transfer musim panas lalu, ia bisa bermain bersama Sergio sebagai peran gelandang bertahan, atau bahkan beroperasi sebagai no. 6 menggantikan peran yang ditinggalkan Xavi.


3. Jean Seri

Selebrasi Jean Michael Seri.

Pelatih baru El Barca, Ernesto Valverde, sangat ini merekrut gelandang muda dengan kualitas bagus sebagai suksesor Iniesta.

Sosok gelandang yang kabarnya ingin didatangkan Valverde adalah Jean Michael Seri. Pemain berusia 25 tahun ini jadi sosok penting di lapangan tengah Nice musim lalu.

Namun, hingga bursa penutupan transfer ditutup, Barcelona tak kunjung melakukan kesepakatan. Marco Veratti, hingga Ander Herrera, santer dikabarkan bakal bergabung dengan El Barca.

Di musim 2016/17, Jean Seri tampil dalam total 39 penampilan bersama dan mencetak 7 gol serta mengukir 9 assists di semua kompetisi.


4. Davinson Sanchez

Davinson Sanchez, pemain Ajax Amsterdam diincar oleh Tottenham Hotspur.

​Lini belakang kembali jadi fokus Barcelona pada bursa transfer musim panas lalu. Pasalnya, Barca ingin meremajakan sektor lini belakang yang sudah diisi banyak pemain berumur rata-rata 30 tahun seperti Jeremy Mathieu (33 tahun), Javier Mascherano (32 tahun), dan Gerard Pique (30 tahun).

Barcelona ingin menjadikan Sanchez sebagai tandem Samuel Umtiti untuk jangka waktu panjang di jantung pertahanan. Sanchez dinilai tepat menempati posisi itu.

Sanchez memainkan debutnya untuk Timnas Kolombia November lalu dan sebelumnya pernah bermain untuk Atletico Nacional serta Jong Ajax (Ajax U-21), sebelum promosi ke tim utama pada 2016. Ia berandil membawa Ajax mencapai semifinal Europa League musim ini.

Namun, pergerakan lambat Barcelona akhirnya ditikung oleh Tottenham Hotspur. Mantan pemain Ajax itu bergabung dengan Spurs senilai 42 juta pounds atau sekira Rp717 miliar.


5. Philippe Coutinho

Philippe Coutinho.

Salah satu pemain yang alot dalam proses transfer Barcelona adalah Philippe Coutinho. Gelandang serang Liverpool ini kabarnya sudah bersedia untuk gabung Barca dan El Barca juga sudah melakukan penawaran kepada pihak Liverpool, namun hingga deadline day tak kunjung sepakat.

Barcelona pun gagal memboyong Coutinho, hal tersebut juga sempat membuat Lionel Messi marah karena pemain asal Brasil itu gagal bergabung dengan Blaugrana.

Barcelona kepincut lantaran akan diproyeksikan akan menjadi suksesor Neymar sebelum mendapatkan Dembele. Sepanjang musim lalu, Coutinho berhasil mencatak 14 gol dan 9 assist dan berkontribusi dalam 27 gol untuk Liverpool.

Catatan tersebut cukup membuktikan berkualitasnya seorang Coutinho. Valverde pun bisa memainkannya untuk posisi sayap bertandem dengan Messi dan Suarez.

BarcelonaLaLiga SpanyolPhilippe CoutinhoJose Luis GayaJorginhoJean Michael SeriDavinson Sanchez

Berita Terkini