x

4 Kemenangan Besar Timnas Indonesia atas Kamboja

Selasa, 3 Oktober 2017 21:28 WIB
Editor: Agus Dwi Witono

Sepanjang sejarah pertemuan antara Timnas Indonesia melawan Kamboja, Tim Garuda termasuk superior. Kemenangan besar bagi Indonesia menjadi hal yang lumrah terjadi di awal-awal pertemuan kedua tim. Catatan kemenangan terbesar adalah 10-0 saat Indonesia pertama kali bersua di laga internasional pada SEA Games 1995.

Dalam setiap kemenangan besar tersebut dipastikan ada pemain yang mampu mencetak hat-trick. Bahkan ada yang mengoleksi empat gol dalam satu laga melawan Kamboja. Tercatat ada nama Kurniawan Dwi Yulianto, Rochi Putiray, Budi Sudarsono, dan Ilham Jaya Kesuma yang pernah mencetak minimal tiga gol ke gawang Kamboja dalam satu laga.

INDOSPORT coba menyajikan rekaman kemenangan besar yang pernah diraih Indonesia atas Kamboja. Terutama ketika Indonesia sama sekali tidak dibobol Kamboja.

Baca Juga

1. Indonesia 10-0 Kamboja (6 Desember 1995)

Kurniawan Dwi Yulianto.

Timnas Indonesia sudah bertemu negara serumpun sejak puluhan tahun silam. Bahkan Indonesia sudah melawan Philipina, Malaysia, Thailanda, bahkan Burma (sekarang Myanmar) sejak dekade 1950-an. Tapi, Indonesia baru pertama kali bertemu dengan Kamboja saat memasuki 1990-an.

Kedua negara melakoni debut mereka di ajang SEA Games Chiang Mai, Thailand, pada 1995. tepatnya pada 6 Desember 1995. Dalam laga ini Indonesia, tampil superior melawan Kamboja yang baru menata timnas mereka.

Indonesia memberi "salam perkenalan" dengan berondongan 10 gol tanpa balas. Salah satu pemain yang paling atraktif saat itu adalah Kurniawan Dwi Yulianto yang mencetak hat-trick pertamanya bagi Tim Garuda. Tapi pencetak gol terbanyak adalah Eri Irianto yang mencetak empat gol bagi Indonesia.

Baca Juga

2. Indonesia 8-0 Kamboja (6 April 1997)

Aksi Rochi Putiray saat melewati kiper.

Ini merupakan pertemuan ketiga antara Indonesia dengan Kamboja. Kali ini kedua tim bertemu di babak kualifikasi Piala Dunia 1998. Bermain di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, membuat Tim Garuda tampil nyaris sempurna.

Pesta gol Indonesia dimulai dengan sontekan Widodo Cahyono Putro. Disusul kemudian oleh Ansyari Lubis, Rochi Putiray, Ronny Wabia. Rochi bahkan mencetak dua gol di babak pertama yang berakhir dengan skor 6-0 bagi Indonesia.

Di babak kedua giliran Ansyari Lubis yang menambah koleksi golnya. Rochi menutup pesta gol Timnas Indonesia dengan mencatatkan hat-trick dalam laga ini.

Baca Juga

3. Kamboja 0-8 Indonesia (13 Desember 2004)

Ilham Jaya Kesuma

Ajang Piala AFF 2004 di Vietnam menjadi kesempatan berikutnya bagi Indonesia untuk menghujani gawang Kamboja dengan gol demi gol. Bertanding di Mỹ Đình National Stadium,  Kurniawan Dwi Yulianto dan kawan-kawan masih terlalu tangguh bagi Kamboja.

Indonesia yang berada di Grup A Piala AFF 2004 menjalani laga terakhir di grup melawan Kamboja. Adalah Ilham Jaya Kesuma yang mengawali bombardir gol ke gawang Kamboja. Striker yang saat itu membela Persita Tangerang itu bahkan mampu mencetak hat-trick pada menit 5, 48, dan 56.

Kurniawan dan Ellie Aiboy sama-sama mencetak dua gol. Pesta gol Indonesia ke gawang Kamboja ditutup oleh Ortizan Solossa pada menit 90.

Baca Juga

4. Indonesia 7-0 Kamboja (21 Agustus 2008)

Budi Sudarsono.

Dalam event Piala Kemerdekaan 2008, Timnas Indonesia kembali mencatatkan kemenangan besar atas Kamboja. TImnas yang saat itu berada di bawah penanganan pelatih Benny Dolo, tampil trengginas.

Kapten tim Charis Yulianto mengawali kemenangan besar Tim Garuda pada menit ke-7 melalui sebuah tendangan dari sudut sempit. Disusul tiga menit kemudian oleh gol Budi Sudarsono. Tak hanya satu, Budi bahkan mampu mengoleksi empat gol dalam pertandingan tersebut. Semuanya dicetak pada babak pertama.

Di babak kedua, Indonesia menambah keunggulan menjadi 7-0 melalui gol M Ilham pada menit ke-50 dan sundulan Bambang Pamungkas sekitar dua menit menuju akhir  pertandingan.

Baca Juga
Kurniawan Dwi YuliantoRochi PutirayTimnas IndonesiaBudi SudarsonoLiga IndonesiaIlham Jaya Kesuma

Berita Terkini