x

Lagi, Media Asing Sebut Sepakbola Indonesia Akan Rajai Asia Tenggara

Kamis, 5 Oktober 2017 01:07 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
Skuat Timnas Indonesia saat menghadapi Kamboja. INDOSPORT/Herry Ibrahim

Timnas Indonesia disebut bakal menjadi raja baru di kawasan Asia Tenggara. Setidaknya demikian yang disebut FOX Sports Asia dalam sebuah artikel yang diterbitkannya.

Media yang berpusat di Amerika Serikat ini bukan tanpa alasan memprediksi hal tersebut. Setidaknya ada 3 alasan utama yang merujuk media tersebut menjadikan Indonesia sebagai tajuk depan laporannya.

Sundulan Lerby Eliandri menjadi pembuka kran gol bagi Timnas Indonesia saat melawan Kamboja. INDOSPORT/Herry Ibrahim

Pertama, Timnas Indonesia senior memiliki 'sisa' veteran yang masih aktif bermain dan menjadi tulang punggung di gelaran Piala AFF 2016 lalu. Lihat saja bagaimana Stefano Lilipaly, Andik Vermansah, dan Lerby Eliandry membuat Thailand dipaksa bekerja keras sebelum berhasil menjadi juara kala itu.

Kini, veteran dari Piala AFF 2016 masih bisa menjadi tulang punggung Timnas Indonesia karena masih memiliki usia emas. Belum lagi, generasi kedua yang berasal dari Timnas U-22 lulusan SEA Games 2017 lalu.

Selebrasi Rezaldi Hehanusa usai mencetak gol kedua bagi Timnas Indonesia. INDOSPORT/Herry Ibrahim

Saat dipromosikan ke Timnas senior di laga uji coba melawan Kamboja, Rezaldi Hehanusa, Febri Hariyadi, dan Septian David Maulana memperlihatkan kelasnya. Bahkan, Septian dan Rezaldi turut menyumbang gol dalam laga yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Rabu (04/10/17) malam.

Kedua, Indonesia kini memiliki talenta berlian bernama Egy Maulana Vikri. Pemain Timnas U-19 ini sudah menjadi perhatian kala merumput di Piala AFF U-19 2017 lalu.

Selebrasi Egy Maulana Vikri usai mencetak gol kedua.

Egy bahkan menjadi pemain tersubur di ajang tersebut dengan torehan 8 gol dari 6 laga yang dimainkannya. Pemain berusia 17 tahun ini bahkan disebut The Guardian sebagai 60 bakat sepakbola terbaik di dunia kelahiran tahun 2000.

Ketiga, Indonesia juga memiliki generasi lapis ketiga di Timnas U-16 yang tak kalah memukau. Pada gelaran Kualifikasi Piala AFC 2018, Sutan Zico dan kawan-kawan bahkan tampil dominan.

Anak asuh Fakhri Husaini tersebut tak terkalahkan dalam fase kualifikasi yang digelar di Thailand. Bahkan, Indonesia sukses menenggelamkan Thailand yang menjadi tuan rumah dalam laga itu.

Baca Juga

Maka dari itu, FOX Sports Asia pun tak segan meyakini bahwa masa depan sepakbola Indonesia akan cerah dalam beberapa tahun ke depan. Atmosfer kompetisi yang kompetitif dan dukungan dari para pendukung yang punya gairah luar biasa juga menjadi nilai plus lainnya.

Timnas u-19Timnas Indonesia U-16Timnas U-22Timnas IndonesiaLiga IndonesiaEgy Maulana VikriLerby Eliandry

Berita Terkini