x

Inikah 4 Tempat Bagi Mourinho Saat Tinggalkan Man United?

Senin, 16 Oktober 2017 05:00 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
Jose Mourinho masih belum mau segera pensiun.

Manchester United saat ini tengah berada dalam performa apik. Terlepas dari hasil seri melawan Liverpool, Sabtu (14/10/17), permainan Setan Merah di bawah penanganan Jose Mourinho terlihat semakin baik. Tajam di depan dan solid di belakang.

Meski demikan, tidak berarti manajer Jose Mourinho akan bertahan lama di Stadion Old Trafford. Kontrak manajer asal Portugal itu memang masih berlaku hingga 2019. Namun hingga kini belum ada sinyal jika dia akan bertahan lebih dari dari dua tahun ke depan.

Apalagi, Mourinho pernah mengungkapkan keinginannya untuk menangani setidaknya satu tim lagi sebelum akhirnya mundur dari sepakbola. Dengan kata lain, besar kemungkinan dia akan meninggalkan Old Trafford ketika kontraknya usai kelak.

Seandainya Mourinho memang mencari tantangan baru sebagai manajer, ke arah manakah target barunya? INDOSPORT akan mengulas beberapa kemungkinan tim yang akan ditangani Mourinho saat meninggalkan Manchester United yang disarikan dari  BT.com.

Baca Juga

1. Paris Saint-Germain

Logo Paris Saint-Germain.

Klub raksasa asal Prancis, Paris Saint-Germain, merupakan salah satu tim yang dikagumi Jose Mourinho. Dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Prancis, TF1, Mourinho pernah menyebut PSG sebagai "sesuatu yang spesial" di Ligue 1.

Dengan sokongan dana yang melimpah dari konsorsium asal Qatar, PSG akan sangat mudah untuk memenuhi gaji Mourinho yang sangat tinggi di antara kalangan pelatih kelas atas. Bisa jadi, posisi manajer di PSG yang membuat Mourinho rela melepas jabatan yang sama di Manchester United.

Kapanpun Mourinho ingin menangani PSG, selalu ada pintu yang terbuka untuk dirinya. PSG tak akan melepaskan kesempatan untuk ditangani pelatih sekaliber Mourinho. 

Baca Juga

2. Bayern Munchen

Bayern Munchen.

Jose Mourinho sudah mencicipi banyak kesuksesan di setiap klub yang ditanganinya. Bahkan di berbagai liga berbeda. Mourinho meraih sukses di Liga Primer Inggris, Seria A Italia, La Liga Spanyol, dan tentu saja Liga Portugal.

Melihat jejak pelatih lain seperti Josep Guardiola dan Carlo Ancelotti, bisa jadi Mourinho akan memilih untuk menangani Bayern Munchen suatu saat kelak. Apalagi, Mourinho punya karakter suka dengan tantangan. Dan Bayern adalah klub yang cukup menantang untuk ditangani.

Salah satu faktor yang akan membuat Mourinho mempertimbangkan untuk menangani Bayern adalah peluangnya meraih trofi Bundesliga yang cukup besar. Dengan komposisi skuat yang dimiliki, Bayern memang akan menjanjikan minimal sebuah trofi jika Mourinho mau menangani mereka.

Baca Juga

3. Timnas Inggris

Phil Jones dan Fabian Delph harus absen dalam dua pertandingan Timnas Inggris akibat cedera.

Pada 2007 lalu Jose Mourinho pernah mengungkapkan bahwa dirinya sempat nyaris menangani Timnas Inggris. Khususnya saat Seve McClaren gagal membawa The Three Lions lolos ke Piala Dunia.

Andai Mourinho terpilih sebagai pelatih Timnas Inggris, maka hal itu merupakan sebuah putusan besar bagi Federasi Sepakbola Inggris (FA). Namun rupanya FA lebih memilih Fabio Capello untuk menangani Wayne Rooney dan kawan-kawan.

Meski demikian, saat itu Mourinho sendiri pernah menyatakan kurang tertarik dengan tugas sebagai manajer timnas yang tidak setiap hari bertemu para pemainnya. Dia lebih suka menjalani peran day to day sebagai manajer klub.

Tapi itu adalah pernyataan yang dibuat sekitar 10 tahun lalu. Dengan situasi yang berbeda saat ini, Mourinho bisa saja mulai mempertimbangkan untuk mengurusi Timnas Inggris.

Baca Juga

4. Timnas Portugal

Timnas Portugal menang atas Selandia Baru.

Posisi pelatih Timnas Portugal sudah menjadi incaran Jose Mourinho sejak lama. Dalam beberapa kesempatan, Mou sering keceplosan jika suatu saat nanti dia ingin mengakhiri karier setelah dipercaya menjadi pelatih Timnas Portugal.

Mou pun pernah berharap bahwa menjadi pelatih Timnas Portugal akan menjadi akhir dari kariernya. Artinya, Mourinho mengawali dan mengakhiri karier di negerinya sendiri. Seandainya, dia memang lebih memilih pensiun dalam waktu 5 tahun ke depan.

Baca Juga
PortugalJose MourinhoBayern MunchenParis Saint-GermainTimnas InggrisBola Internasional

Berita Terkini