x

Profil Tim Liga 2: Kalteng Putra FC

Rabu, 18 Oktober 2017 11:32 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Skuat Kalteng Putra FC dan Kas Hartadi.

Sekadar informasi tambahan, Kalteng Putra merupakan singkatan dari Putra Kalimantan Tengah Football Club yang dulunya bernama Persepar Palangkaraya.

Klub ini juga akrab dengan sebutan Laskar Isen Mulang atau bisa disebut juga dengan nama Enggang Borneo, yakni nama burung asli dari Pulau Kalimantan.

Kalteng Putra berdiri pada tanggal 1 Januari 1970 dan memiliki markas bernama Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya.

Kalteng Putra pernah mengikuti kompetisi sepakbola tertinggi di Indonesia bernama Indonesia Premier League, di mana kala itu Indonesia memiliki dualisme kompetisi. IPL sendiri tidak dianggap oleh Federasi Sepakbola Indonesia.

Baca Juga

Seiring berjalannya waktu, dualisme itu telah berakhir dan kembali menggunakan satu format saja, yakni Gojek Traveloka Liga 1.

Namun, Kalteng Putra FC yang dilatih oleh Kas Hartadi ini harus mengawali kompetisi di bawahnya, yakni Liga 2, karena sebelum-sebelumnya mereka juga berjibaku di kompetisi yang sama.

Kini, Laskar Isen Mulang berpeluang untuk dapat berjibaku di kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air, yakni Liga 1. Hanya saja, mereka harus melewati beberapa rintangan, seperti saat ini mereka harus berjuang di babak perempatfinal Liga 2.

Sambil menunggu kepastian babak perempatfinal Liga 2 dimulai, INDOSPORT mencoba untuk membahas profil atau kiprah dan prediksi Kalteng Putra pada pertandingan sebelumnya dan yang akan digelar nanti:


1. Rekam Jejak di kompetisi Liga 2 2017

Selebrasi para pemain Kalteng Putra FC.

Selama berkiprah di Liga 2, Kalteng Putra FC tergabung di Grup 6 bersama PS Mojokerto Putra, Persik Kediri, Persewangi Banyuwnagi, PSBK Blitar, Perssu Real Madura, Persida Sidoarjo.

Bertanding sebanyak 12 pertandingan di Grup 6, Kalteng Putra yang sejatinya kurang diunggulkan justru mampu menempati urutan kedua di akhir klasemen dan menjadi klub yang paling sedikit menelan kekalahan di grup tersebut.

Hebatnya lagi, mereka mampu melewati tim yang paling diunggulkan dalam klub tersebut, yakni Persik Kediri yang harus puas menempati urutan ketiga di akhir klasemen.

Klasemen akhir Grup 6 Liga 2 2017.

Berikut ini hasil lengkap perjalanan Kalteng Putra FC selama berjibaku di Liga 2:

Pekan Pertama

Kalteng Putra FC 6-1 PSBK Blitar

Pekan Kedua

Persewangi Banyuwangi 0-1 Kalteng Putra FC

Pekan Ketiga

PS Mojokerto 2-0 Kalteng Putra FC

Pekan Keempat

Kalteng Putra FC 4-0 Perssu Real Madura

Pekan Kelima

Kalteng Putra FC 1-1 Persik Kediri

Pekan Keenam

Persida Sidoarjo 0-0 Kalteng Putra FC

Pekan Ketujuh

PSBK Blitar 2-2 Kalteng Putra FC

Pekan Kedelapan

Kalteng Putra FC 4-1 PS Mojokerto

Pekan Kesembilan

Kalteng Putra FC 1-0 Persewangi Banyuwangi

Pekan Kesepuluh

Perssu Real Madura 1-0 Kalteng Putra FC

Pekan Kesebelas

Persik Kediri 4-0 Kalteng Putra FC

Pekan Keduabelas

Kalteng Putra FC 4-1 Persida Sidoarjo

Hasil ini membuat mereka berhasil lolos ke babak 16 besar Liga 2. Di mana pada babak 16 besar ini mereka mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, yakni memuncaki Grup C dan kembali melampaui atas tim yang lebih diunggulkan, yakni Persebaya Surabaya dan tergabung bersama dua klub lainnya, seperti Persigo Semeru FC, dan PSBS Biak.

Mereka mampu mencatatkan 3 kemenangan, 2 seri, dan 1 kalah. Berikut ini adalah hasil lengkap perjalanan Kalteng Putra FC di babak 16 besar Liga 2 2017:

Klasemen akhir Grup C Liga 2 2017 Babak 16 Besar.

Pekan Pertama

Persigo Semeru FC 1-0 Kalteng Putra FC

Pekan Kedua

Kalteng Putra FC 1-1 Persebaya Surayabaya

Pekan Ketiga

PSBS Biak 0-3 Kalteng Putra FC

Pekan Keempat

Kalteng Putra FC 4-1 PSBS Biak

Pekan Kelima

Kalteng Putra FC 1-1 Persigo Semeru FC

Pekan keenam

Persebaya Surabaya 0-1 Kalteng Putra FC


2. Kekuatan dan Kelemahan

Skuat Kalteng Putra FC.

Dilansir dari BorneoNews dan JawaPos, Kalteng Putra FC saat menyerang benar-benar mematikan dan merepotkan lini pertahanan lawan.

Tidak heran jika tim-tim unggulan di Liga 2, seperti Persik Kediri dan Persebaya Surabaya pernah menjadi korban mereka.

Ya, tim berjuluk Enggang Borneo ini memang tidak tanggung-tanggung saat sedang menyerang lini pertahanan lawan. Bahkan, mereka juga mampu membuat para pemain bertahan harus bekerja keras untuk menjaga gawangnya dari kebobolan.

Sayangnya, satu hal yang dianggap masih lemah bagi Kalteng Putra FC adalah lini tengah mereka yang mudah keropos atau dengan kata lain, tim lawan dapat leluasa untuk melakukan serangan balik.

“Masih ada beberapa hal yang perlu dipoles, yakni kinerja dari lini tengah kami dalam mengantisipasi serangan lawan dan manfaatkan peluang masih kurang. Untuk itulah yang masih harus diperbaiki,” jelas pelatih mereka, Kas Hartadi beberapa waktu lalu.

Tentunya dengan waktu yang cukup panjang untuk bermain di babak perempafinal Liga 2 ini dapat dimaksimalkan dengan baik oleh Kas Hartadi agar dapat meningkatkan kekurangan dari timnya tersebut.


3. Prediksi Strategi dan Starting XI

Skuat Kalteng Putra FC saat sedang latihan.

Dilansir dari media sosial yang dimiliki oleh Kalteng Putra FC, tampaknya pelatih Kas Hartadi menyukai formasi sepakbola modern masa kini, yakni 4-2-3-1.

Terbukti, taktik yang ia jalankan ini berhasil dari sejak kompetisi Liga 2 hingga babak 16 besar kemarin. Tentunya, taktik akan ia gunakan kembali saar berjibaku di Grup X bersama Persis Solo, Martapura FC, dan PSMS Medan dalam babak 8 besar atau perempatfinal Liga 2.

Dengan mengharapkan pergerakkan dari tiga gelandang serang serta satu striker tunggal, maka Kalteng Putra FC dapat dipastikan memiliki permainan yang seimbang, baik saat sedang menyerang maupun bertahan.

Formasi Kalteng Putra FC.

4. Pemain Bintang

Rizaldi Bauwo.

Siapapun yang menjadi lawan Kalteng Putra FC, pastinya mereka telah mempelajari dan mewaspadai sosok pemain bintang mereka yakni, Rizaldi Bauwo.

Ya, Rizaldo Bauwo memang merupakan mesin gol dari Laskar Isen Mulang. Bahkan, beberapa kali ia juga masuk dalam daftar top skor Liga 2.

Artinya, pada babak perempatfinal nanti, seluruh penghuni Grup X patut memberikan penjagaan ketat terhadap ujung tombak milik Kalteng Putra FC tersebut.

Karena jika tidak, bukan tidak mungkin gawang mereka akan dibobol oleh penyerang yang kerap bersaing dalam daftar top skor Liga 2 tersebut.


5. Prediksi Juara Liga 2 dan Lolos ke Liga 1

Skuat Kalteng Putra FC dan Kas Hartadi.

Jika melihat kiprah Kalteng Putra FC selama pagelaran di Liga 2 dan babak 16 besar, rasanya mereka bisa saja lolos atau promosi ke Liga 1.

Asal tetap bermain dengan konsisten, fokus, dan tetap memiliki mental yang tinggi. Bukan tidak mungkin tiket Liga 1 bisa mereka raih.

Hanya saja, INDOSPORT memprediksi jika langkah Kalteng Putra FC untuk lolos ke Liga 1 tidaklah mudah. Besar kemungkinan, mereka akan lolos ke Liga 1 melalui perebutan gelar juara 3, karena secara realistis, cukup sulit untuk melihat Rizaldi Bauwo dkk menjadi juara Liga 2.

Sebab, pada babak perempatfinal ini ada tiga klub juga yang diunggulkan, seperti PSMS Medan, PSIS Semarang, dan Persebaya Surabaya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan juga untuk Persis Solo dan Martapura FC bisa menjadi batu sandungan.

Liga 2

Berita Terkini