x

Saran Sederhana Luis Milla Agar Indonesia Miliki Timnas Hebat

Kamis, 19 Oktober 2017 11:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
Luis Milla dan skuat Timnas Indonesia U22.

Pelatih Timnas Indonesia dan Timnas U-22, Luis Milla menyatakan Indonesia bisa meniru apa yang dilakukan Spanyol agar menciptakan Timnas yang hebat.

Pelatih 51 tahun ini memberikan contoh sederhana mengenai apa yang bisa dilakukan seperti halnya di negara asalnya.

Menurut Luis Milla, dengan negara yang besar seperti Indonesia, ia memang cukup kesulitan untuk mengontrol semuanya. Akan tetapi, Indonesia bisa saja meniru apa yang dilakukan oleh Federasi Sepakbola Spanyol.

Baca Juga
Skuat Timnas Indonesia saat menghadapi Kamboja. INDOSPORT/Herry Ibrahim

Hal yang dimaksud Milla adalah Indonesia bisa menempatkan pelatih-pelatih terbaik di setiap daerah seperti halnya yang dilakukan Spanyol. Nantinya para pelatih itu akan  membimbing para pemain muda dan melaporkan semua perkembangan ke pelatih Tim Nasional.

"Di sini sangat sulit, karena saya baru 8 bulan, bahkan teman- teman saya di sini juga kesulitan. Cukup susah di Indonesia karena ini negara besar jadi sulit untuk kontrol semuanya karena sangat besar," jelas Luis Milla.

"Di Spanyol sangat berbeda, di sana (Spanyol) setiap provinsi  punya pelatih Timnas untuk U-16 dan U-19 dan tugas mereka adalah memilih pemain terbaik di daerahnya.”

“Mereka juga dibuatkan kompetisi atau liga untuk saling bersaing dan ketika ada scouthing untuk Timnas Spanyol maka mereka akan panggil saya untuk melihat langsung," ujar Milla.

Luis Milla.

"Dan kalau saya tidak bisa datang mereka (pelatih) akan kasih data, dan saya sepenuhnya percaya, jadi itu memudahkan saya untuk memilih pemain terbaik saat menjadi pelatih usia muda Spanyol. Ini mungkin cukup sulit di Indonesia karena sangat luas, tetapi kalau mau dicontoh kenapa tidak?" sambungnya.

Sebelumnya, Luis Milla juga mengajukan tiga hal dasar yang perlu dibenahi untuk bisa melahirkan dan membina para pemain muda di Indonesia.

Pertama ada kompetisi di mana pemain muda bisa bermain, kedua harus ada pelatih yang berkualitas, dan ketiga ada infrastruktur seperti lapangan yang bagus.

Jika tiga hal itu terpenuhi, maka sepakbola Indonesia ke depan akan semakin berkualitas. Apalagi menurut Milla, ia sudah merasakan langsung bagaiaman potensi yang dimiliki Indonesia saat membesut Timnas U-22.

SpanyolTimnas IndonesiaLuis MillaLiga Indonesia

Berita Terkini