x

Arema FC dan Persib Lolos Verifikasi Klub Profesional AFC

Kamis, 26 Oktober 2017 14:04 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Lanjar Wiratri
Asian Football Confederation (AFC).

Dua klub Liga 1 yakni Arema FC dan Persib Bandung dinyatakan lolos verifikasi untuk mendapatkan lisensi klub profesional dengan standar AFC. Hal itu diketahui berdasarkan hasil sidang komite lisensi klub PSSI pada Rabu (25/10/2017).

Selain itu, ada tiga klub lainnya yang akan diverifikasi. Mereka adalah Bali United, Madura United dan Persija Jakarta. Ketiganya diminta oleh PSSI untuk melengkapi syarat lainnya dalam kurun waktu tiga bulan, agar bisa dinyatakan lolos dan mendapat lisensi pro dari AFC.

“Komite lisensi klub PSSI sudah menyelesaikan verfikasi. Kepada klub-klub lain yang belum dinyatakan lolos dalam proses ini kami berikan waktu untuk mengajukan banding dalam waktu dua hari ke depan," kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria dari rilis resmi yang diterima INDOSPORT.

Sekretaris Jenderal PSS, Ratu Tisha dalam jumpa konferensi pers.

AFC sendiri sudah menetapkan lima aspek penilaian yang harus dipenuhi standarnya oleh klub untuk mendapatkan lisensi, agar klub Liga 1 yang akan mewakili Indonesia bisa berkiprah di kompetisi level Asia musim depan. Kelima aspek tersebut, yakni adalah legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, serta sporting (pembinaan usia dini). 

Seperti diketahui, musim depan Indonesia mendapat satu jatah klub tampil di babak play off Liga Champions Asia dan dua di Piala AFC 2018. Penentuan jatah klub berdasarkan peringkat klasemen akhir seluruh peserta kompetisi di masing-masing negara.  

Baca Juga

Namun, hanya klub yang memiliki lisensi AFC yang bisa tampil. Dalam aturan AFC, mereka akan melihat posisi klub yang berada pada peringkat 1 sampai 9. Posisi teratas akan menjadi prioritas dengan syarat pemenuhan lisensi AFC.

Jadi, jika klub juara liga tidak memiliki lisensi AFC, maka jatah play off Liga Champions akan diberikan kepada klub yang berada di peringkat berikutnya yang telah memiliki lisensi AFC. Demikian juga untuk penetapan jatah tiket Piala AFC. AFC memberikan deadline hingga 22 November mendatang.

“Untuk pendaftaran kita masih menunggu sampai kompetisi berakhir. AFC memberikan deadline hingga 22 November dan kita akan daftarkan klub sebelum deadline itu,” tambah Tisha. 

Persib BandungPersija JakartaPSSIAFCAFC CupLiga Champions AsiaMadura United FCBali UnitedLiga IndonesiaRatu TishaArema FCLiga 1

Berita Terkini