x

Peran Akademi Sepakbola Inggris Dipertanyakan

Selasa, 31 Oktober 2017 00:35 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Rizky Pratama Putra
Timnas Inggris sukses jadi kampiun Piala Dunia U-17.

Tim nasional junior Inggris berhasil mencatat sejarah pada tahun 2017 ini. Mereka menjadi negara pertama yang bisa mengawinkan dua Piala Dunia dalam kurun waktu 1 tahun, yakni Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia U-17.

Kedua piala tersebut diharapkan dapat menjadi tombak kebangkitan tim nasional Inggris di kancah dunia yang beberapa tahun belakangan mengalami kemunduran.

Top skor Rhian Brewster (kiri), kiper terbaik Gabriel Brazao (tengah), dan pemain terbaik Piala Dunia U-17 Phil Foden.

Keberhasilan Inggris di Piala Dunia level junior tersebut tentunya tidak lepas dari peran akademi-akademi sepakbola di Inggris, yang melatih para punggawa The Three Lions menjadi pemain yang garang di lapangan hijau.

Bukan hanya jebolan akademi klub besar yang bisa bersinar di tim nasional U-17, namun beberapa pemain bahkan ada yang mengenyam pendidikan sepakbola di klub level menengah.

Baca Juga

Berikut ini INDOSPORT merangkum beberapa akademi yang berhasil membawa anak didiknya berprestasi di tingkat dunia.


1. Chelsea Football Academy

Rhian Brewster menjadi top skor di Piala Dunia U-17.

Dalam memproduksi pemain andal, akademi sepakbola Chelsea sudah tidak diragukan lagi. Meski tidak sesukses para pesaingnya seperti Manchester United dan Arsenal, Chelsea juga berhasil melahirkan sejumlah pemain hebat yang mencatat kontribusi penting untuk tim.

Nama-nama seperti Bertrand Traore. Andreas Christensen, Ryan Bertrand, hingga legenda seperti Peter Osgood, Bobby Tambling, dan John Terry pernah menjadi murid di akademi yang bermarkas di Stamford Bridge itu.

Kini pemain muda yang berhasil membawa Inggris menjadi juara di Piala Dunia U-17 pun merupakan salah satu mantan jebolan akademi Chelsea.

Setelah mengenyam pendidikan sepakbola di Chelsea selama 6 tahun, Rhian Brewster yang kini termasuk ke dalam skuat Liverpool menjadi salah satu pemain muda yang bersinar. Dalam ajang Piala Dunia U-17 yang digelar di India itu Brewster menjadi pencetak gol terbanyak, yakni 8 gol.


2. Manchester United Football Academy

Pemain U-17 Inggris, Angel Gomes.

Nama Manchester United memang sudah tidak diragukan lagi di dunia kulit bundar. Tak hanya tim seniornya, ternyata Manchester United juga turut bertanggung jawab atas lahirnya pemain-pemain kelas dunia.

Tim didikan Manchester United secara statistik adalah yang tim paling sukses di sepakbola Inggris. Dengan sembilan pemain di Hall of Fame sepak bola Inggris seperti Duncan Edwards, Sir Bobby Charlton, George Best, Nobby Stiles, Mark Hughes, Ryan Giggs, Paul Scholes, David Beckham dan Johnny Giles, Manchester United juga memiliki rekor FA Youth Cup terbaik, menang 10 kali dari 14 penampilan.

Berbasis di Komplek Pelatihan Aon seluas 85 hektar di Carrington, akademi Manchester United berhasil mengirimkan anak-anak asuhannya ke panggung dunia. Salah satunya adalah Angel Gomes yang sudah 11 tahun bergabung dengan tim.

Gelandang tengah tim nasional U-17 Inggris tersebut ternyata tidak hanya mampu menjaga lini pertahanan, namun juga tajam di lini depan. Tercatat dirinya berhasil membuat umpan-umpan berbahaya dan berhasil mencetak 2 gol di Piala Dunia U-17.


3. Watford Football Academy

Jadon Sancho dimasukan ke tim utama Borussia Dortmund setelah penampilann gemilangnya di Piala Dunia U-17.

Nama Watford mungkin tidak seterang Chelsea dan Manchester United, namun salah satu lulusan akademi sepakbola mereka juga turut bersinar terang di Piala Dunia U-17 2017 lalu.

Meski tidak setajam Rhian Brewster di lini serang, Jadon Sancho pun tidak diragukan lagi prestasinya. Catatan 3 gol dalam 3 kali penampilannya di Piala Dunia U-17 India, membuat pemain yang berlatih dengan Watford selama 8 tahun ini berhasil mendapat tempat di tim utama Borussia Dortmund.

Baca Juga

Setelah keberhasilan anak didiknya menjadi pemenang di kompetisi tertinggi di dunia, akademi sepakbola Inggris juga harus menunjukkan kemampuan mereka di Liga Primer Inggris. Pemain muda mereka seharusnya juga mampu bersaing dengan pemain dunia lainnya untuk bisa bermain di klub-klub penghuni Liga Primer Inggris.


4. Tantangan Pemain Muda

Liga Primer Inggris

Saat ini Liga Primer Inggris dihiasi oleh kehadiran puluhan pemain dari luar Inggris, bahkan tim-tim besar pun lebih dari 60% pemainnya adalah pemain luar.

Manchester United kini masih didominasi oleh pemain asing, tim asuhan Jose Mourinho itu kini hanya mengisi skuat utamanya dengan 9 orang pemain berdarah Inggris. Watford pun juga hanya memasukan 8 pemain Inggris di skuat utamanya. Sementara itu klub kaya asal London, Chelsea, hanya memiliki 4 orang pemain asal Inggris.

Hal tersebut menjadi pekerjaan rumah bagi FA untuk mempertegas peraturan pemain asing, serta akademi sepakbola di Inggris untuk bisa lebih menonjolkan talenta-talenta muda asal negeri Ratu Elizabeth itu agar bisa menjadi tuan di kompetisi negara sendiri.

Bola InternasionalAngel GomesJadon SanchoPiala Dunia U-17 2017Rhian Brewster

Berita Terkini