x

Deretan Klub Ini Kena Kutukan Usai Miliki Stadion Baru

Kamis, 2 November 2017 18:28 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Galih Prasetyo
Stadion Batakan

Punya stadion megah dengan kapasitas penonton puluhan ribu bukan jaminan bagi sebuah klub untuk disegani sebagai sebuah Klub Sepakbola. Sebab tak sedikit kesebelasan yang memiliki fasilitas stadion lengkap dan canggih malah melempem di berbagai kompetisi. 

Baca Juga

Sebut saja misalnya, West Ham United yang punya stadion megah. Tapi hanya sebagai penghuni di papan bawah kalsemen sementara liga Inggris. Ada juga The Gunners tim se-kota London dengan The Hammers yang juga belum mampu jadi rival berarti bagi duo manchester yang berada di pucuk klasemen.

Stadion Bernabeu Real Madrid

Berikut ini beberapa klub yang punya stadion keren tapi jadi medioker bahkan terdegradasi di liga bergengsi.


1. Atletico Madrid

Stadion Wanda Metropolitano.

Aletico Madrid kini bermarkas di Stadion Wanda Metropolitano dengan kapasitas 68 ribu, lebih besar dari Vicente Calderon, markas Atletico sebelumnya. Tak hanya itu, Atletico juga memiliki tempat latihan yang bernama "Ciudad Deportiva Atlético de Madrid"

Stadion Wanda Metropolitano ini memakan biaya sekitar Rp. 3,8 Trilun yang disponsori oleh perusahaan properti dan operator bioskop asal Tiongkok, Wanda Grup.Namun sesuai regulasi sponsor UEFA, stadion ini akan disebut Estadio Metropolitano jika mengelar laga pada kompetisi Eropa.

Stadion Wanda Metropolitano.

Menariknya, nama Wanda Metropolitano juga tutut mengambil referensi dari kandang pertama Atletico yang bernama Metropolitano. Metropolitano merupakan tyem[at pertama Atletico menggelar partai di La Liga Spanyol dan menjadi markas mereka sebelum pindah ke Estadio Vicente Calderon pada tahun 1966.

Sayangnya, sejak resmi menempati Wanda Metropolitano, tim berjuluk Los Colchoneros ini tidak segalak beberapa tahun lalu. Saat ini, mereka harus puas berada di pososi ke empat klasemen sementara La Liga Spanyol di bawah bayang-bayang Valencia, Real madrid dan Barcelona. 

Skuat Atletico Madrid tertunduk lesu.

Anak asuh pelatih nyentrik Diego Simione ini tampil tidak konsisten dua musim terakhir. Dari 6 laga yang dilakoni di berbagai kompetisi musim ini, Atletico hanya sekali menang dan imbang sebanyak 5 kali. 

Padahal di musim tiga musim sebelumnya Atletico Madrid sempat jadi klub yang disegani lawan di berbagai kompetisi eropa. Masa-masa kejayaan Godin dkk ini terjadi pada musim 2013/2014 saat mereka berhasil menjuarai La Liga dan masuk final liga Champions meski harus takluk dari rival se kota mereka, Real Madrid. 

Tak hanya sampai di situ, di musim 2015/2016 liga Champions, mereka juga berhasil lolos sampai ke final, sayangnya lagi-lagi los blancos menjadi penyebab kegagalan mereka menjuarai liga bergengsi di daratan eropa itu.


2. West Ham United

Aksi salah seorang pemuda yang menyusup ke dalam London Stadium (30/09/16).

West Ham merupakan salah satu klub sepakbola inggris yang bermarkas di London. The Hammers saat ini bermaskas di London Stadium dengan kapasitas 60.000 kursi.Stadion megah ini resmi digunakan pada 7 Agustus 2016 lalu, dana yang dihabiskan untuk menyelesaikan stadion ini ditalksir mencapao 534 Juta pounds atau setara 10,1 triliun.

Stadion megah nan glamor ini menjadi cita-cita setiap klub untuk meningkatkan reputasi. Selain itu, pendapatan dan sponsor juga tentu akan datang dengan jumlah besar. Karenanya The Hammers untuk pertama kali dalam sejarah 112 tahun tega meninggalkan Upton Park (Boleyn Ground). Stadion  yang berkapasitas 35.016.

Tottenham Hotspur vs West Ham United.

Boleyn Ground atau yang juga dikenal dengan nama Uptown Park tak lagi bisa menampung besarnya animo suporter. Dalam beberapa musim terakhir sebelum hengkang ke Stadion Olimpiade London, Boleyn Ground menjadi stadion dengan persentase kehadiran penonton tertinggi di Inggris.

Suasana pertandingan West Ham United melawan Chelsea.

Seperti dilansir oleh soccerstats.com, persentase kehadiran suporter di stadion tersebut mencapai 99,8%, mengungguli Old Trafford dengan 99,5% dan Emirates Stadium dengan 99,4%. Namun lagi-lagi harus disayangkan West Ham belum juga mampu menyaingi tim elit London lainnya, seperti Tottenham Hotspur dan Chelsea. Saat ini, Joe hart dkk harus berjuang keras untuk keluar dari zona degradasi. Tercatat, mereka hanya mampu mendapat 9 poin dari 10 laga di liga primer Inggris.


3. Arsenal

Stadion Emirates sepakbola yang terletak di Ashburton Grove, Holloway, London utara.

Siapa yang tak kenal Klub yang dilatih Arsene Wenger. Klub berjuluk meriam asal kota London ini didirikan pada tahun 1886 dengan nama awal Dial Square dan bermarkas di Tenggara London.Seiring berjalan waktu, terjadi perubahan manajemen, Dial Square kembali merubah nama mereka menjadi Woolwich Arsena, sebab berada di daerah Woolwich pada tahun 1891.

Pada tahun 1913 klub ini kembali pindah ke Utara London tepatnya pada daerah Highbury dan menghilangkan nama Woolwich sampai hari ini menjadi Arsena dan membangun stadionnya yang diberi nama Highbury Stadium.

Pada bulan Juli 2006, Arsenal lagi-lagi pindah ke markas barunya,yang saat ini dikenal dengan Emirates Stadium. Stadion Emirates merupakan stadion sepakbola yang terletak di Ashburton Grove, Holloway, London Utara. Stadion ini berkapasitas 60.355 tempat duduk. Pembuatan stadion ini menelan dana kurang lebih 430 juta poundsterling.

Arsene Wenger memimpin skuat Arsenal menjalani sesi latihan sebelum pertandingan.

Sebelumnya stadion ini bernama Ashburton Grove tetapi dinamai Stadion Emirates karena tim Arsenal mencapai kesepakatan dengan perusahaan penerbangan Emirates untuk mensponsori bekas Klub Thierry Henry ini selama 15 tahun. Meski tercatat sebagai klub yang paling lama tidak terdegradasi (sejak 1919-2017)

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger.

Sudah hampir 15 Tahun, Arsenal belum bisa merebut kembali trofi liga primer inggris. Prestasi terbaik mereka terjadi pada musim 2003-2004, setelah itu, The Gunners hanya menjadi langganan runner up atau 5 besar liga inggris.


4. Persiba Balikpapan

Stadion Batakan.

Persiba Balikpapan kini sudah punya Stadion Batakan, yang baru rampung beberapa bulan lalu dan digunakan pertama kali saat klub berjuluk beruang madu ini menjamu Persegres United, Sabtu, (9/9/17)lalu. 

Kondisi lapangan Stadion Batakan yang disebut berkualitas internasional.

Stadion Batakan berkapasitas 46.000 penonton dan disebut‑sebut mirip Emirates Stadium milik Arsenal di London,Inggris.Stadion ini dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 18 hektar. Fasilitas penunjang yang dimiliki oleh batakan di antaranya ruang press conference standar FIFA. kemduain dua gedung olahraga (GOR) untuk voli dan bulutangkis.Khusus ruangan pemain dilengkapi ruang pelatih, ruang pemanasan, ruang kesehatan, urinoir, den toilet bersih.

Stadion Batakan.

Sebelumnya, Tim yang sudah dipastikan terdegradasi dari liga 1 Gojek-Traveloka Indonesia ini bermarkas di Stadion Parikesit, Komplek Pertamina Karanganyar. Kapasitasnya hanya 12.000 penonton. Menurut beberapa sumbe, dalam kurun setahun terakhir Stadion Parikesit ini hanya terisi separuh atau bahkan hanya sepertiganya jika Persiba melakoni laga.

Persiba Balikpapan.

Persiba Balikpapan saat ini berada di posisi 17 klasemen sementara liga 1 Gojek Traveloka Indonesia dan menyisakan dua laga sebelum musim berakhir. Tim beruang madu hanya bisa menang 6 kali, seri 5 dan harus menerima kenyataan kalau mereka kalah sebanyak 21 kali di kompetisi tertinggi sepakbola Indonesia musim ini.

Real MadridAtletico MadridJuventusWest Ham UnitedPersiba BalikpapanMadridistaFans West Ham United

Berita Terkini