x

PSM Makassar 0-1 Bali United: Juku Eja Gagal Juara?

Senin, 6 November 2017 20:47 WIB
Penulis: Abdurrahman Ranala | Editor: Arum Kusuma Dewi
Hasil pertandingan PSM Makassar vs Bali United.

Babak I

Pertandingan babak pertama antara PSM Makassar versus Bali United ketat. Tuan rumah langsung menggempur pertahanan Bali United sejak menit pertama.  Tendangan Pluim dari luar kotak penalti di menit ke-3 masih melebar. 

Peluang kembali hadir di menit ke-8 dari tendangan first time Rizky Pellu. Namun tendangannya belum membuahkan hasil dan masih melebar. Sedangkan peluang dari tim tamu Bali United hadir di menit ke-30. Sundulan Comvalius yang menerima umpan lambung masih jauh dari sasaran.

Tensi pertandingan juga berlangsung sedikit panas. Rizky Pellu mendapat kartu kuning setelah melanggar Taufiq. Bahkan di menit ke-25 Ferdinand Sinaga sempat protes keras ke wasit karena dirinya dilanggar. Pelanggaran atas Ferdinand kembali terjadi di menit ke-35 dan mebuahkan tendangan bebas. Namun tendangan bebas tersebut belum mampu dimanfaatkan menjadi gol.

Peluang terbaik bagi PSM hadir di menit ke-39, tendangan keras Klok yang mengarah tepat ke gawang mampu dimentahkan Wawan Hendrawan. Wawan terbang dan memblok peluang emas dari Klok yang menghalau bola tersebut masuk. 

Kejadian unik terjadi semenit setelah peluang Klok. Stefano Lilipaly bersitegang dengan rekan setimnya Comvalius. Kedua pemain terlihat adu mulut dan saling mendorong satu sama lain. Hingga pemain lain seperti Irfan Bachdim harus melerai keduanya.

Selanjutnya peluang terakhir PSM kembali hadir dari tendangan bebas. Namun tendangan Klok masih membentur pagar betis pemain. Peluang itu menutup babak pertama yang berakhir imbang 0-0. 

Babak II

Babak kedua baru saja dimulai, Wawan Hendrawan kembali melakukan penyelamatan. Sepanjang pertandingan berkali-kali Wawan menjadi tembok penghalang bagi PSM untuk mencetak gol. 

Baca Juga

Di menit ke-56 Ferdinand Sinaga kembali melakukan protes ke wasit. Ferdinand tidak terima tekelnya dianggap pelanggaran oleh wasit. Ia menganggap tekelnya bersih dan hanya menjangkau bola. 

Menit ke-58 kemelut didepan gawang Bali United belum membuahkan gol setelah Wawan Hendrawan memblok bola keluar lapangan. Tendangan pojok pun tak mampu dimanfaatkan pemain-pemain PSM. 

Pergantian pemain dilakukan PSM di menut ke-60. Robert Rene Albert memasukkan Titus Bonai menggantikan Zulham Zamrun untuk menambah daya gedor PSM. Semenit berselang Tibo langsung mengancam gawang Bali United. Namun sepakannya masih melebar di sisi kanan gawang Wawan Hendrawan.

Pelanggaran atas Wasyiat di menit ke-65 membuahkan tendangan bebas. Tendangan bebas dieksekusi Tibo dengan memberikan umpan bola lambung, namun tak ada pemain PSM yang mampu menjangkau bola. Bola dapat diambil pemain Bali United dan melakukan serangan balik. 

Upaya PSM mencetak gol terus-menerus dilakukan, Rizky Pellu mendapatkan peluang di menit ke-68 namun lagi-lagi tendangannya digagalkan Wawan Hendrawan yang menangkap bola dengan sempurna. 

Memasuki menit ke-72 giliran Bali United melakukan pergantian pemain. Fadil Sausu dimasukkan Widodo Cahyono Putro menggantikan Gede Sukadana. Satu menit berselang Robert Rene Albert kembali memasukkan pemain dengan karakter menyerang, Pavel Puryshkin menggantikan M.Rahmat. 

M.Taufiq mendapat hadiah kartu kuning setelah melanggar Titus Bonai dimenit ke-79. Selanjutnya sundulan dari Klok memanfaatkan tendangan bebas masih melebar. Menit ke-83 giliran Bali United menyerang, namun peluang Bali gagal setelah Comvalius terjebak dalam posisi offiside. 

Pergantian pemain terakhir dari PSM dilakukan dimenit ke-86, Rizky Pellu keluar digantikan M.Arfan. Tampil menyerang hampir saja membuat pertahanan PSM lengah, menit ke-89 Irfan Bachdim mampu merangsek masuk ke area pertahanan PSM. Namun umpannya ke Comvalius dapat dipotong Rivki Mokodompit. 

5 menit tambahan waktu diberikan wasit di babak kedua. Di injury time kedua tim bergantian menciptakan peluang. Peluang PSM melalui umpan crossing digagalkan Wawan Hendrawan. Dan peluang Bali United melalui sundulan digagalkan Rivki Mokodompit, bola muntah yang mengarah ke gawang dapat diamankan Zulkifli Syukur. 

Gol yang dinanti-nantikan terjadi di menit ke-5 tambahan waktu. Umpan silang dari menyusur tanah dari Comvalius dapat melewati halauan Rivki Mokodompit dan jatuh di kaki Lilipaly. Lilipaly dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong.

Gol dari Stefano Lilipay menjadi satu-satunya gol dalam laga ini. Karena tidak lama setelah gol tercipta, wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan ini. Bali United berhasil mengalahkan tuan rumah PSM Makassar dengan skor tipis 1-0.

Susunan Pemain Kedua Tim:

PSM Makassar: Rivki, Wasyiat, Hamka (C), Zulkifli, Paulle, Klok, M.Rahmat, Pellu, Pluim, Zulham, Ferdinand

Bali United: Wawan, Ricky, Dias, Byung Keon, Agus, V.D.Velden, Sukadana, Taufiq (C), Lilipaly, Bachdim, Comvalius

PSM MakassarBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini