x

Timnas Indonesia U-19 1-4 Malaysia: Garuda Nusantara Lesu

Senin, 6 November 2017 12:02 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Lanjar Wiratri
Thumbnail

Babak Pertama

Sejak wasit meniup peluit dimulainya babak pertama. Timnas Malaysia U-19 tampil menekan sejak awal. Petaka pun datang untuk Indonesia pada menit 7 saat Gianluca Pagliuca Rossy melakukan pelanggaran terhadap pemain depan Malaysia di dalam kotak penalti. Muhammad Hadi yang menjadi algojo sukses membobol gawang Rossy lewat titik putih. 1-0 Malaysia memimpin.

Tersentak dengan gol Malaysia, Timnas U-19 pun mulai meningkatkan intesitas serangan. Hanis Saghara nyaris menyamakan kedudukan di menit 10, namun sayang bola sepakannya masih melambung di atas gawang Korea Selatan.

Para pemain Timnas U-19 beberapa kali mendapat peluang untuk menambah keunggulan. Namun, penyelesaian yang kurang baik membuat upaya mereka hanya menemui kegagalan. 

Muhammad Akhyar Abdul Rashid

Hingga menit ke-30, anak asuh Indra Sjafri terlihat kesulitan untuk mampu menembus lini pertahanan Malaysia. Ketatnya tekanan yang diberikan oleh kubu Malaysia membuat para Skuat Garuda Nusantara kerap melakukan kesalahan saat melakukan operan.

Malaysia di sisi lain justru dibilang efisien dalam melakukan serangan. Tim asuhan Bojan Hodak kembali menambah keunggulan melalui Muhammad Akhyar di menit ke-35. Berawal dari serangan balik, Akhyar yang lolos dari jebakan offside dengan tenang menjebol gawang Rossy lewat sepakan kaki kanannya. 2-0 Indonesia tertinggal dari Malaysia.

Baca Juga

Dua menit berselang, Luthfi menggoyang pertahanan Malaysia, namun tendangan dari jarak jauhnya masih tipis di atas mistar gawang Malaysia.

Gol yang ditunggu-tunggu Timnas U-19 akhirnya datang juga. Hanis Saghara sukses memperkecil kedudukan menjadi 1-2 pada menit ke-43. Berawal dari kesalahan kiper Mlaaysia yang tidak bisa mengamankan bola hasil tendangan dari Firza, Saghara sukses menyambar bola muntah dengan sontekan kaki kanannya.  

Babak Kedua

Kekurangkreativitasan Timnas U-19 dalam melakukan serangan dan mem-build up daya dobrak coba dilakukan oleh Indra Sjafri dengan memainkan Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani.

Namun, laga baru berjalan satu menit di paruh kedua, lagi-lagi Indonesia U-19 kecolongan setelah Shivan Pillay sukses membobol gawang Timnas U-19 melalui tandukannya usai menerima umpan dari tendangan sudut. 3-1 Malaysia memimpin 

Lima menit berselang, Indonesia kembali mendapat bencana setelah Luthfi melanggar Akhyar di area kotak penalti. Muhammad Hadi yang menjadi algojo penalti kembali sukses menaklukan Rossy. 4-1 Indonesia semakin tertinggal.

Zafuar Azeman

Di saat Timnas U-19 membutuhkan tambahan amunisi serangan, Indra Sjafri justru melakukan pergantian di lini tengah, yakni memasukan Syahrian Abimnayu menggantikan M. Luthfi.

Indonesia sempat memiliki peluang emas melalui Egy Maulana Vikri di menit 81, sayangnya tendangan pemain asal Sumatera Utara itu  sanggup digagalkan penjaga gawang Malaysia.

Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 1-4 bertahan. Menjadi pekerjaan rumah bagi Timnas U-19 dalam menciptakan variasi serangan, mengoptimalkan peluang, dan merapatkan pertahanan menjelang Piala Asia U-19 Oktober 2018 mendatang.

Susunan Pemain Kedua Tim: 

Indonesia: Gianluca; Rifad, Raditya, Nurhidayat, Firza; Lutfhi, Asnawi, Iqbal, Witan, Feby; Hanis.

Malaysia: M. Azri; Shivan, Anwar, Nabil, Akhmall; Nurfais, Akif, Thivandaran, Ammar; Akhyar, Hadi.

Timnas u-19ReviewMalaysia U-19Kualifikasi Piala Asia 2018

Berita Terkini