x

Ini Keuntungan yang Didapat Saat Persib Bandung vs Borneo FC Gelar Laga Tanpa Penonton

Rabu, 8 November 2017 17:51 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
Ilustrasi Laga sepakbola Tanpa Penonton

Banyak yang kesel karena tak bisa menonton laga Persib Bandung vs Borneo FC langsung di Stadion Mulawarman, Bontang, Kalimantan Timur. Terutama Bobotoh. Dari laman Bobotoh.Id disebut Viking Bontang kecewa lantaran gak bisa melihat langsung klub kegemarannya. 

Baca Juga

Selain Bobotoh, suporter Borneo FC juga kesel lantaran mereka datang jauh-jauh tapi gak bisa lihat penggawa Pesut Etam. Asal tahu saja, jarak Samarinda, Markas Borneo FC dengan Bontang 100 kilometer jauhnya. Eh, pas sampai, ternyata pertandingannya tanpa penonton. Apes banget.

Tapi jangan buru-buru kesal. Ternyata banyak keuntungan pertandingan tanpa penonton, lho. Bahkan gak cuma satu tapi empat! Apa saja ya? Berikut INDOSPORT berikan paparannya untuk Anda yang dilansir dari berbagai sumber.


1. Petugas keamanan bisa menonton pertandingan

Petugas Keamanan di Pertandingan Sepakbola

Nah! Anda gak pernah mengerti kan betapa di dalam hati petugas keamanan ini ingin sekali menyaksikan laga tanpa harus deg-degan bakal rusuh. Diakui atau tidak, kerusuhan adalah peristiwa yang bikin mereka harus merelakan tak bisa melihat pertandingan. Boro-boro lihat, setiap saat mereka harus waspada jika ada suporter yang kedapatan bawa barang terlarang ke dalam stadion.

Mereka juga menjaga ketertiban. Maklum, suporter gak semuanya paham dan sportif. Jika klubnya kalah, langsung pada buas dan lempar-lempar apa saja ke dalam lapangan. Kalau sudah kayak gini, petugas keamanan gak bakal bisa rileks, deh.

Mereka juga gak menghadap ke lapangan! Mereka melihat ke arah penonton, kali aja ada yang coba menerobos masuk dan ikut tanding. Duh, kesian banget kan. Nah, kalau gak ada penontonnya, mereka kan jadi bisa menyaksikan pertandingan. Asyik, kan?


2. Pelatih Memberikan Arahan dengan 'Selow'

Jose Mourinho teriak dari pinggir lapangan memberi arahan

Pelatih yang biasanya ada di pinggir lapangan selalu sigap memberikan pengarahan. Kalo penonton memenuhi stadion, suara pelatih kalah jauh. Jadi gak heran kalau pelatih kadang tarik urat dan nafas melengking agar suaranya sampai ke arah pemain.

Terkadang kita di televisi melihat pelatih kayak orang marah-marah dan gak selow. Nah, kalau gak ada penontonnya, lapangan akan sepi. Pelatih lebih mudah untuk ngasih arahan. Cakep, kan?


3. Petugas Kebersihan Kerjanya Lebih Ringan

Petugas kebersihan di lapangan bola

Waini. Hadirnya banyak pendukung suatu klub di stadion kadang malah bikin suasana jadi semrawut. Belum lagi sampah di sana-sini. Bikin petugas kebersihan minta pensiun cepet deh, ih. Tau sendiri berapa jumlah Bobotoh, kan, hehehe.

Kalau gak ada penontonnya, otomatis sampahnya juga sedikit. Paling sampah air mineral bekas pemain dan ofisial klub doang. Kalau sudah begini, petugas kebersihan jadi ringan untuk membersihkan stadion. Bahkan mereka punya waktu buat selfie-selfie bareng pesepakbolanya!


4. Jadi Pengalaman Baru untuk Klub yang Bertanding

Bagaimana jika pertandingan bola tanpa penonton justru disaksikan penonton tak kasat mata?

Bayangkan, biasanya mereka ditonton ribuan orang. Ini enggak ada sama sekali. Tentunya ada rasa yang berbeda. Kayak ada apanya gitu. Sensasi ini pasti dirasakan oleh setiap pemain bola. 

Nah, lain halnya jika digelar malam hari dan tanpa penonton. Yang ada sih lumayan bikin merinding, ya. Apalagi jika digelar di stadion-stadion yang punya latar belakang mistis kuat. Pas nge-golin, eh ada ribuan yang sorak-sorak. Gak taunya mereka baru sadar kalau pertandingan itu tanpa penonton. Duh, jadi ngeri sendiri!

Persib BandungBorneo FCViking Persib Club (VPC)

Berita Terkini