x

3 Calon Pengganti Umuh Muchtar di Persib Bandung

Kamis, 9 November 2017 16:44 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Joko Sedayu
Umuh Muchtar tidak bisa berkegiatan di dunia sepakbola Indonesia selama 6 bulan. Lalu siapa yang akan menggantikan tugasnya di Persib Bandung?

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, akhirnya dijatuhi sanksi oleh Komisi Disiplin PSSI karena tingkah laku buruk saat pertandingan melawan Persija Jakarta, Jumat (03/11/17) lalu.

Dalam sidang yang digelar Komdis PSSI pada Selasa (07/11/17), Umuh dijatuhi sanksi larangan beraktivitas sepakbola dalam kegiatan di lingkungan PSSI selama enam bulan dan denda Rp50 juta.

Baca Juga

Sanksi itu mengacu pada Pasal 22 Kode Disiplin PSSI. Umuh dianggap bertingkah laku buruk pada laga Persija kontra Persib di Stadion Manahan, Solo, Jumat (03/11/17).

Alasannya karena Umuh dianggap menjadi sosok yang paling bertanggungjawab atas insiden terhentinya pertandingan kontra Persija di Solo tersebut.

Umuh Muchtar dinilai terbukti memanggil para pemain Persib dari technical area ke pinggir lapangan. Tujuannya adalah untuk meminta pemain tidak melanjutkan pertandingan karena tidak puas atas kepemimpinan wasit.

Umuh Muchtar.

Umuh Muchtar sendiri sudah sangat identik dengan Persib. Umuh sudah dari tahun 2008 menjadi manajer Persib Bandung. Ia juga menjadi salah satu pendiri PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) yang menaungi Persib saat ini. Bahkan, ia sempat menjadi Direktur Utama PT PBB, jabatan yang sekarang dipegang oleh Glenn Sugita. 

Di musim 2017 ini, Umuh memiliki jabatan sebagai Komisaris PT PBB  dan manajer tim Maung Bandung, selain juga masuk jajaran pendiri pendiri PT PBB.

Atas hukuman yang menimpa ini, maka jabatan manager Persib pun menjadi lowong. Untuk itu, siapa kiranya yang bisa menggantikan posisi Umuh Muchtar yang sudah sangat identik alias melekat dengan Persib Bandung ini?


1. 1. Kuswara S. Taryono

Kuswara S. Taryono

Seperti halnya Umuh, Kuswara S. Taryono juga merupakan salah satu pengisi jajaran komisaris di PT PBB. Sekedar info, susunan komisaris PT PBB saat ini sendiri terdiri dari: Zainuri Hasyim (Komisaris Utama). Erick Thohir (Wakil Komisaris), Umuh Muchtar (Komisaris), Kuswara S. Taryono (Komisaris), dan Uthan Mokhamad Arief (Komisaris).

Di antara jajaran petinggi tersebut, Kuswara S. Taryonolah yang paling dekat alias bersentuhan langsung dengan para pemain, selain tentunya Umuh Muchtar. 

Kuswara S. Taryono merupakan sosok pecinta sepakbola semenjak kecil. Ia merupakan seorang Bobotoh dari Cirebon. Pria yang juga dikenal sebagai pengacara kondang di jawa Barat ini pun pada akhirnya menjadi salah seorang yang mengayomi Maung Bandung.

Baca Juga

Jabatan tinggi sebagai pengayom  klub tak lantas membuat Kuswara 'tak tersentuh'. Seperti Muchtar, ia justru sangat dekat dengan para pemain dan klub itu sendiri.  

Sedari 2009 hingga sekarang ia masih sering mengikuti rombongan Persib saat laga tandang maupun kandang. Ia melihat bahwa fanatisme pendukung Persib begitu melekat. Bahkan, dia mendefinisikan Bobotoh sebagai energi yang luar biasa bagi Persib. Kecintaannya kepada Persib semakin bertambah. 

Pada salah satu pertandingan kandang Persib musim ini di Jalak Harupat, Sabtu (05/08/17), melawan PS TNI, ia bahkan didapati terdaftar sebagai ofisial Persib , tepatnya terdaftar sebagai kitman (orang yang bertanggung jawab terhadap perlengkapan permain).

Kejadian seperti ini pun buka hanya sekali terjadi. Maka dari itu, kuat kemungkinan ia akan menjadi sosok pengganti Umuh Muchtar setidaknya untuk 6 bulan ke depan.


2. 2. H. Mulyana Uju Sujana

H. Mulyana Uju Sujana

H. Mulyana Uju Sujana bukanlah nama baru di lingkungan Persib. Ia sempat menjadi wakil Umuh Muchtar sebagai manager tim. 

Namun, di akhir 2015, tepatnya menjelang turnamen Piala Jenderal Sudirman, ia mengundurkan diri dari jabatannya. 

Nah, pada tahun lalu, H. Mulyana Uju Sujana kembali tercantum dalam daftar susunan tim Persib ketika melawan PSM Makassar, Sabtu (02/07/16). Pria berusia 56 tahun itu tercatat sebagai wakil manajer Maung Bandung.

Alasannya ketika itu adalah kembali dengan alasan ingin ikut beribadah dan berjuang bersama tim kebanggaan bobotoh ini.

Baca Juga

Selain itu, Mulyana diketahui juga mengaku sedikit berat hati meninggalkan Persib. Dia merasa kedekatannya bersama tim Maung Bandung sudah seperti keluarga.

Sekalipun Mulyana sudah menyatakan bersedia kembali bergabung, pada musim ini dia terpaksa membatasi waktunya bersama tim, mengingat kondisi kesehatannya sedikit menurun.

Sampai musim 2017 ini pun ia masih sesekali terlihat mendampingi tim Maung Bandung. Bisa jadi untuk 6 bulan ke depan ia menjadi manajer Persib Bandung yang baru. 


3. 3. Emral Abus

Emral Abus

Jika tidak ada lagi nama yang naik, bisa jadi pelatih Persib untuk mengarungi laga sisah Liga 1, Emral Abus, juga bisa merangkap menjadi manajer tim.

Sepanjang kariernya sebagai instruktur pelatih, Emral telah melahirkan banyak pelatih sepak bola di Indonesia, seperti Djadjang Nurdjaman, Indra Sjafri, Aji Santoso, Nil Maizar, Salahudin, Jafri Sastra, Kas Hartadi, dan yang lainnya. Ia juga merupakan salah satu Instruktur AFC di Indonesia.

Baca Juga

Emral Abus sejatinya pernah melatih Persib di tahun 2015 lalu untuk kepentingan Persib di ajang AFC Cup. Dan ketika Djanur turun musim ini, ia pun diminta menjadi penggantinya. 

Persib BandungUmuh MuchtarKomisi Disiplin PSSIBobotohEmral AbusKuswara S TaryonoLiga 1Mulyana Uju Sujana

Berita Terkini