x

5 Liga Sepakbola Termahal di Asia Tenggara, Liga 1 Indonesia Urutan Berapa?

Kamis, 9 November 2017 16:30 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Lanjar Wiratri
Kompetisi Liga di Asia Tenggara.

Sepakbola merupakan cabang olahraga yang digandrungi banyak orang di planet bumi ini. Tak sekadar menjadi cabang olahraga, sepakbola telah terbentuk sebagai hiburan masyarakat di tengah hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Mayoritas masyarakat tanpa pandang bulu atau SARA (Suku, Ras, Antar Golongan) sangat menyukai sepakbola.

Baca Juga

Berbicara tentang sepakbola dunia, tentu orang akan mengacu pada Eropa dan Amerika Selatan. Maklum saja, karena banyak pemain-pemain kelas dunia berasal dari negara-negara Latin dan Benua Biru.  Jika Argentina dan Brasil selama ini selalu menjadi kekuatan sepakbola dunia dari Amerika Selatan, Eropa sudah ada Spanyol, Jerman, Italia, Prancis, dan Jerman yang kerap merasakan tinta emas di kejuaraan dunia bal-balan. 

Bahkan Eropa bisa dikatakan bak kiblat sepakbola saat ini. Para pemain terbaik dunia berbondong-bondong ke Benua Biru untuk mengejar gengsi, uang, dan pengalaman menimba ilmu dalam kompetisi yang ketat.

Aksi Victor Igbonefo di Liga Thailand.

Lantas bagaimana dengan sepakbola Asia, khususnya Asia di bagian Tenggara? Harus diakui kompetisi sepakbola Asia Tenggara masih yang terlemah baik di tim nasional maupun di klub jika mengambil tolak ukur benua Asia sebagai perbandingan. Sulitnya bersaing di level tertinggi menjadi bukti.

Meski begitu, sepakbola Asia Tenggara kini mulai berbenah dan perubahan sejak level klub yang notabene merupakan fundamental penting sebagai cikal bakal untuk memiliki tim nasional yang tangguh. 

Liga 1.

Liga-liga sepakbola di Asia Tenggara mulai mempercantik diri karena insan-insan lokal mulai sadar bahwa sepakbola bukan lagi hanya sekadar olahraga, melainkan punya potensi yang bisa lebih dikembangkan dari sisi bisnis, politik maupun sejumlah kepentingan tertentu lainnya. Dan apabila semua itu dikelola dengan cara yang tepat maka hasilnya pun bisa menghadirkan dampak positif.

Berikut INDOSPORT merangkum 5 liga sepakbola termahal di Asia tenggara yang memiliki total nilai pasar tertinggi sepanjang tahun 2017 yang dihimpun dari data Transfermarkt.


1. Liga Singapura (S-League)

Pertandingan Liga Singapura antara Home United FC vs Balestier Khalsa FC.

Liga Singapura atau S-League diadakan pada tahun 1996. S-League tidak menerapkan promosi-degradasi dalam S-League karena jumlah tim peserta yang terbatas. Bahkan, ada kalanya tim negara tetangga seperti Brunei Darussalam, diundang ikut berkompetisi. Musim ini S-League diikuti sembilan tim.

Saat ini Liga Singapura tengah menurun pamornya lantaran para penggemar sepakbola di negara kaya tersebut lebih memilih menonton Liga Primer Inggris untuk memenuhi rasa kecanduan terhadap sepakbola. Meski begitu, S-League masuk lima besar liga termahal di Asia Tenggara. Nilai pasar S-League ditaksir mencapai 12,13 juta euro atau sekitar Rp 189 miliar.


2. Myanmar National league

Liga Myanmar antara Yadanarbon v Yangon United.

Pelan tapi pasti, saat ini sepakbola Myanmar juga sedang berkembang pesat. Sepakbola Myanmar kini sudah bisa bersaing dengan negara-negara sepakbola papan atas Asia Tenggara. Federasi sepakbola Myanmar sudah mulai berbenah sejak tahun 2009.

Meski hanya dihuni 12 tim, kasta tertinggi sepakbola Myanmar dengan nama Myanmar National League merupakan liga sepakbola termahal ke-4 di Asia Tenggara dengan total nilai pasar 18,45 juta euro atau sekitar Rp 283 miliar.


3. Malaysia Super League

Liga Super Malaysia.

Bicara infrastruktur, kompetisi di Malaysia memang terbilang oke. Negeri Jiran sudah banyak mempunyai stadion megah yang dipakai sebagai kandang klub Malaysia, baik yang turun di kompetisi Malaysia Super League maupun Malaysia Preimer League.

Sejak tahun 2004, Malaysia sudah menata liga sepakbola-nya untuk semakin profesional. Kasta tertinggi sepakbola Malaysia atau Malaysia Super League memiliki total nilai pasar sebesar Rp 26,68 juta euro (Rp 409 miliar).


4. Gojek Traveloka Liga 1

Blily Keraf, jadi Salah Satu Pencetak Gol di Laga Borneo vs Persib di Liga 1.

Sepakbola Indonesia yang baru pulih dari berbagai permasalahan sebelumnya telah mampu bangkit dari keterpurukan untuk mengejar ketertinggalan dari liga sepakbola negara kawasan Asia Tenggara lainnya.
 
Dengan gerak cepat para pemangku kepentingan (stakeholder) sepakbola Indonesia, kasta tertinggi sepakbola nasional langsung bisa menjadi liga ke-2 termahal di Asia Tenggara. Di musim 2017, total nilai pasar Liga 1 2017 adalah sebesar 46,6 juta euro atau sekitar Rp 722 miliar.


5. Toyota Thai league

Pertandingan Liga Thailand

Liga Thailand atau Toyota Thai League sudah berkembang pesat sejak tahun 2010. Mereka memiliki liga sepakbola paling berkembang di Asia Tenggara. Dalam laman resmi AFC per 23 Oktober 2017, Liga Thailand menjadi liga terbaik di kawasan ASEAN atau masuk 10 besar liga terbaik di Asia.

Menurut data transfermarkt, Liga Thailand menjadi yg termahal di Asia Tenggara, Toyota Thai League 1 yang merupakan kasta tertinggi sepakbola Thailand memiliki total nilai pasar sebesar 57 juta euro atau sekitar Rp 894 miliar.
 

SingapuraMyanmarLiga Super MalaysiaBola InternasionalLiga IndonesiaLiga Primer ThailandLiga 1

Berita Terkini