x

5 Transfer Pemain Paling Mengejutkan Musim Ini

Kamis, 9 November 2017 13:20 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
Ilustrasi Transfer.

Bursa transfer musim panas ini memang sudah selesai awal September lalu. Namun, masih ada cerita yang tersisa dari proses perpindahan pemain di benua Eropa tersebut.

Tentu saja bukan terkait dengan pecahnya rekor pembelian termahal yang dilakukan Paris Saint-Germain saat mendapatkan Neymar dari Barcelona. Proses perpindahan yang sempat berbuntut panjang tersebut memang menjadi hiasan utama di masa bursa transfer lalu.

Namun, yang akan dikupas kali ini adalah perpindahan sejumlah pemain yang termasuk mengejutkan. Dari mulai kepindahan yang tak terduga hingga pembelian yang awalnya diduga blunder malah justru sukses.

Dari sekian nama pemain yang pindah secara mengejutkan, INDOSPORT pilih 5 pemain yang dinilai punya dampak lebih besar. Berikut nama-namanya:

Baca Juga

1. Jesus Navas

Jesus Navas sukses bermain kembali di Sevilla.

Setelah empat musim berada di perantauan bersama Manchester City, Jesus Navas akhirnya pulang kampung ke Spanyol. Kontrak pemain yang berposisi sebagai winger ini memang tak diperpanjang City. Saat itu banyak yang menduga karier Navas akan terjun bebas pascadilepas oleh City.

Apalagi, saat itu Sevilla sebagai klub lamanya pun menganjurkan Navas untuk mencari klub lain. Namun, Navas bisa meyakinkan klub yang sudah membesarkannya itu dia akan kembali ke performa terbaiknya.

Ucapan Navas memang dibuktikan di atas lapangan. Navas setidaknya telah menciptakan sembilan peluang sepanjang musim ini. Dia juga telah melakukan 7 tendangan bebas dengan kesuksesan mencapai 58 persen.


2. Maximilian Philipp

Maximilian Philipp tampil sebagai pengganti Ousmande Dembele di Dortmund.

Kepergian Ousmane Dembele ke Barcelona membuat Borussia Dortmund kerepotan mencari pengganti. Padahal, masa bursa transfer sudah mendekati akhir. Setengah berjudi, manajemen Dortmund kemudian menarik Maximilian Philipp dari Freiburg dengan banderol 15 juta euro (Rp235 miliar).

Pemain 23 tahun itu pun sempat dianggap kurang mumpuni untuk menggantikan Dembele. Namun, Philipp mampu membuktikan jika pilihan Dortmund tidak salah. Dia muncul menjadi bagian utama dari penyerangan Dortmund. Dia telah menciptakan 12 peluang  dan mencetak 5 gol sepanjang musim ini. 


3. Goncalo Guedes

Goncalo Guedes.

Kedatangan Neymar ke PSG membuat Gonzalo Guedes harus rela dipinjamkan ke Valencia. Pemain 20 tahun ini memang masih butuh jam terbang untuk terus mengasah kemampuannya. Bertahan di PSG hanya akan menghambat perkembangan kariernya.

Meski baru bergabung dengan Los Che, tak membuat Guedes lama beradaptasi. Dia justru cepat masuk ke dalam sistem permainan Valencia dan menjadi salah satu kunci sukses Valencia musim ini.

Setidaknya, Guedes mampu menyumbang 3 gol, mencetak 5 assist dan mengkreasikan 16 peluang. Guedes menjadi pemain yang paling aktif melakukan penetrasi dan menciptakan kesempatan bagi para pemain Valencia lainnya.


4. Nemanja Matic

Nemanja Matic, gelandang bertahan Man United.

Banyak yang keheranan ketika Chelsea melepas Nemanja Matic ke Manchester United. Meski memang mendapat fulus melimpah dari hasil penjualan Matic hingga Rp548 miliar, tapi The Blues bukan klub yang tengah butuh uang laiknya klub-klub medioker saat melepas bintang mereka.

Matic adalah kunci sukses Chelsea dalam beberapa musim terakhir. Termasuk merengkuh trofi Liga Primer musim lalu di bawah penanganan Antonio Conte. Dengan menyerahkan Matic ke MU, Chelsea seperti merelakan kekuatan mereka digembosi.

Terbukti, Matic langsung menjadi pemain kunci di skuat Setan Merah. Sejak laga pertama, peran Matic dalam lini tengah MU sangat besar. Dia menjadi sosok gelandang bertahan andal yang selama ini memang dicari dan dibutuhkan Setan Merah.


5. Paulinho

Selebrasi Paulinho usai mencetak gol kemenangan bagi Barcelona.

Tidak sedikit yang keheranan dengan putusan manajemen Barcelona saat mendatangkan Paulinho dari klub China, Guangzhou Evergrande. Meski punya performa apik di liga Negeri Tirai Bambu, Paulinho lebih banyak berada di bawah radar.

Namun, semua anggapan miring soal Paulinho langsung buyar ketika musim kompetisi sudah mulai berjalan. Gelandang asal Brasil ini justru muncul sebagai sosok penting dalam permainan Blaugrana. Dia mampu berkolaborasi dengan Lionel Messi yang membuat sang megabintang tampil moncer musim ini.

Bursa TransferPaulinhoBorussia DortmundValenciaNemanja MaticJesus NavasBola Internasional

Berita Terkini