x

3 Jersey Timnas Klasik yang Patut Dibuat Ulang

Sabtu, 11 November 2017 15:39 WIB
Editor: Agus Dwi Witono

Kejayaan di masa lalu adalah sebuah kenangan yang pantang dilupakan. Termasuk juga jersey yang dikenakan saat itu. Sejumlah tim-tim Eropa selalu menjadikan kesuksesan di masa lalu sebagai tema yang diangkat ketika merancang jersey di masa kini.

Harapannya, tentu saja aura sukses di masa lalu bisa tertular di masa sekarang. Lebih jauh lagi, aura sukses itu biasanya memang langsung dirasakan para pemain ketika mengenakan jersey yang desainnya diambil dari era kesuksesan di masa lalu.

Dari sekian banyak jersey Timnas negara-negara Eropa yang pernah dipakai di masa lalu, INDOSPORT pilihkan tiga jersey yang cukup fenomenal dan pantas untuk dibuat ulang di masa kini. Berikut pilihannya.

Baca Juga

1. Inggris 1982

Desain jersey Timnas Inggris di Piala Dunia 1982.

Kostum Timnas Inggris di Piala Dunia 1982 punya desain yang berbeda dari pola standar yang biasa diterapkan bagi skuat The Three Lions. Jersey berwarna putih terang ini memiliki hiasan di bagian bahu.

Jersey produksi Admiral ini memang menonjolkan sentuhan warna biru dan merah di bagian bahu. Sehingga kostum skuat Inggris tidak tampak polos.

Untuk jersey tandang yang menggunakan warna utama merah, desain di bagian bahu sedikit diubah. Ada tambahan garis putih di belakang garis biru. Sementara garis merah di bagian ini menjadi lebih kecil.

Baca Juga

2. Prancis 1984

Skuat Timnas Prancis di Piala Eropa 1984.

Kejayaan Timnas Prancis di Piala Eropa 1984 memberi banyak inspirasi bagi generasi-generasi berikutnya. Termasuk desain jersey yang dipakai oleh Michel Platini dkk saat itu.

Jersey berkerah tersebut memiliki garis merah-putih di bagian bahu hingga ujung lengan. Tambahan garis merah tebal dan tiga garis putuh tipis di bagian depan seolah menjadi desain yang mencerminkan kejayaan.

Terbukti, pola ini dipakai pada era Zinedine Zidane di Piala Dunia 1998 dan sukses memberi trofi Piala Dunia pertama bagi Prancis.

Baca Juga

3. Belanda 1988

Caption

Seperti halnya Prancis yang selalu mengenang jersey saat mereka meraih kejayaan, kesuksesan Belanda pada Piala Eropa 1988 pun selalu terhubung dengan jersey yang dipakai kala itu.

Warna oranye khas Belanda dibentuk sedemikian rupa menjadi desain yang menarik dan dinamis. Meski hanya dipakai di final Piala Eropa 1988, jersey ini telah tertanam sebagai salah satu kostum terbaik Timnas Belanda.

Belanda memang biasanya hanya menggunakan jersey dengan warna oranye solid yang nyaris tanpa hiasan. Sejak sukses menjuarai Piala Eropa 1988, jersey tersebut selalu menjadi acuan bagi Timnas Belanda saat merancang desain kostum yang terbaru.

Baca Juga
BelandaInggrisPrancisMarco van BastenMichel PlatiniBola Internasional

Berita Terkini