x

5 Pemain Termahal Persib Sepanjang Masa, Ada Nama Hariono!

Selasa, 14 November 2017 17:04 WIB
Penulis: Matheus Elmerio Giovanni | Editor: Galih Prasetyo
Persib Bandung

Dengan sponsor segudang, kekuatan finansial Persib Bandung tidak perlu diragukan lagi dalam beberapa musim terakhir.

Seperti Manchester United-nya Indonesia, Persib Bandung juga rajin mendatangkan banyak pemain di setiap bursa transfer Liga Indonesia. Contohnya saja, sebelum Gojek Traveloka Liga 1 musim ini dimulai, mereka mendatangkan pemain-pemain besar seperti Michael Essien, Marcos Flores dan Ezechiel Ndouassel.

Kebanyakan para pemain hebat yang didatangkan oleh tim yang dijuluki Maung Bandung ini, adalah pemain-pemain asing. Para pemain yang berpengalaman di liga-liga yang lebih kompetitif dibanding Indonesia.

Seperti Essien, yang pernah merumput bersama Chelsea, Real Madrid dan AC Milan. Marcos Flores yang cukup lama berkarir di A-League, kompetisi sepak bola tertinggi di Australia. Namun, ada satu nama lokal yang muncul dalam daftar ini, yaitu Hariono.

Lebih jelasnya, INDOSPORT sudah merangkum 5 pemain termahal Persib Bandung sepanjang masa:


1. Ezechiel N'Douassel - Rp 10 Miliar

Striker Persib Bandung, Ezechiel NDouassel.

Baru bergabung bersama Persib Bandung pada awal Agustus lalu, Ndouasel sudah tampil mengesankan sejauh ini. Empat kali tampil, Striker asal Chad itu sudah menyumbang 2 gol dan 4 assists untuk klub Bandung tersebut.

Ndouasel didatangkan Persib Bandung sebenarnya dengan status bebas transfer, alias tidak sedang membela klub manapun. Sebelum bebas transfer, dia membela klub asal Israel Hapoel Tel Aviv. 

Meski didatangkan dengan gratis, Persib tetap harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk mendaratkan Ndouasel. Uang sekitar Rp10 Miliar kembali dikeluarkan oleh manajemen PT. PBB, belum setahun dari transfer Michael Essien.


2. Michael Essien - Rp 8 Miliar

Michael Essien saat diperkenalkan Persib Bandung.

Menghabiskan uang sekitar 7 sampai 8 miliar rupiah untuk gaji Essien selama satu musim, tentunya Persib berharap besar.

Alih-alih menjadi juara, mereka malah terpuruk di Liga 1 musim ini, membuat banyak pihak bertanya-tanya pengaruh Michael Essien pada tim. Klub kesayangan Bobotoh itu harus puas hanya berada di posisi ke-13 klasemen akhir Liga 1.

Namun tak sepenuhnya kesalahan ada pada Michael Essien. Mengawali karirnya di Indonesia dan dimainkan sebagai gelandang bertahan, Essien memang terlihat kesulitan. Namun, saat dimainkan sebagai gelandang tengah atau serang, umpan-umpan kelas dunia dan caranya mengatur serangan Persib lebih terlihat di atas lapangan.

Bermain di Chelsea dan Real Madrid, Essien memang kerap dimainkan di posisi gelandang bertahan. Namun, fisiknya di usia 34 tahun tidak lagi sama dengan saat sang gelandang bermain di Eropa. Meski tak maksimal, Essien mengantongi lima gol dan satu assist sepanjang musim ini.


3. Sergio van Dijk - Rp 5,5 Miliar

Penyerang Persib Bandung, Sergio van Dijk.

Striker naturalisasi Indonesia ini didatangkan Persib Bandung dari Adelaide United dengan kesepakatan harga yang tidak dipublikasikan. Namun, jika melihat nilai kontraknya saat ini di transfermarkt.com, van Dijk patut masuk dalam daftar pemain termahal Persib sepanjang masa.

Dengan nilai kontrak sebesar 350.000 Euro atau sekitar Rp5,5 Miliar rupiah, dia hanya berselisih sedikit dengan Essien. Pemain yang pernah menjadi topskorer A-League musim 2010-11 ini, total sudah memainkan 44 pertandingan bersama Persib dengan mencetak sebanyak 28 gol.

Dalam debutnya untuk Persib, Sergio van Dijk berhasil mencetak satu gol, namun saat itu mereka harus kalah 2-1 kontra Persisam Samarinda. Pemain keturunan Belanda ini juga pernah membobol gawang Persija Jakarta dalam dua kali tampil. Dua kali penampilan kontra Persija, van Dijk berhasil mencetak tiga gol dan membuat dirinya menjadi favorit Bobotoh.


4. Marcos Flores - Rp 4 Miliar

Marcos Flores resmi berseragam Persib Bandung.

Pemain asal Argentina ini didatangkan Persib Bandung dari klub Chile Curico Unido. Seperti dilansir dari transfermarkt.com, Marcos Flores pindah ke Bandung pada tanggal 31 Agustus 2016. Hanya dikontrak 4 bulan, Kepindahan ini membuat Persib harus menggelontorkan uang sekitar 4 miliar rupiah.

Dalam kontrak 4 bulan yang berakhir pada 31 Desember 2016 lalu, Marcos Flores berhasil mengantarkan Persib Bandung ke lima besar klasemen akhir Torabika Soccer Championship (TSC) 2016.

Namun, dalam waktu singkat hanya 4 bulan, wajar jika Marco Flores tidak banyak berkontribusi untuk Persib Bandung. Namun beberapa kali, umpan terukur sang gelandang sering memanjakan para pemain depan Persib.


5. Hariono - Rp 1,5 Miliar

Pemain Persib Bandung, Hariono.

Yang terakhir, ada nama Hariono dalam daftar ini. Menjadi satu-satunya pemain asli Indonesia di daftar ini, kepindahan Hariono dari Deltras Sidoarjo pada 2008 silam membuatnya masuk daftar ini. Saat itu, Persib rela menggelontorkan uang sebanyak 100.000 euro atau sekitar Rp1,5 Miliar untuk seorang gelandang bertahan. 

Terkenal dengan permainannya yang keras di depan area pertahanan Persib Bandung, Hariono pun dijuluki 'Gelandang Pengangkut Air' oleh para suporter Persib. Menjadi salah satu pemain senior di skuad Persib saat ini, pemain kelahiran Sidoarjo ini sudah tampil sebanyak 162 kali di hadapan Bobotoh.

Bermain hampir 10 tahun di Persib Bandung, Hariono ternyata baru mencetak satu gol ke gawang Perseru Serui saat Torabika Soccer Championship 2016/17.

Persib BandungHarionoMichael EssienSergio van DijkMarcos FloresLiga 1Ezechiel N'Douassel

Berita Terkini