x

Publik Italia Ingin 3 Pelatih Ini Gantikan Gian Piero Ventura di Italia

Selasa, 14 November 2017 08:32 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Agus Dwi Witono
Ekspresi kesedihan pemain Italia setelah digagalkan Swedia untuk melaju ke Rusia.

Bermain di depan publik sendiri, di Stadion San Siro, Italia harus mengalami kenyataan pahit setelah mereka memastikan diri gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Gli Azzurri hanya bermain imbang 0-0 kontra Swedia di play-off leg kedua, Selasa (14/11/17).

Gli Azzurri harus tersingkir karena kalah agregat gol. Di leg pertama Italia kalah 0-1 dari tuan rumah Swedia, melalui gol Jakob Johansson di menit ke-61.

Gagalnya Italia berpartisipasi di ajang sepakbola terakbar itu, merupakan pertama kalinya sejak 1958 atau dalam 60 tahun terakhir.

Baca Juga

Setelah menorehkan noda hitam, kinerja pelatih Timnas Italia, Gian Piero Ventura mulai mendapat sorotan dari publik negeri Pizza tersebut.

Italia vs Swedia

Bahkan, mayoritas masyarakat Italia tak menginginkan timnasnya dilatih lagi oleh Ventura. Seperti terlihat dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh salah satu media ternama asal Italia, La Gazzetta dello Sport.

Dalam poling itu, ada tiga nama kuat yang menjadi kadidat pengganti Ventura di kursi kepelatihan. Siapakah figur yang paling banyak dipilih untuk melatih Italia? Berikut rangkumannya oleh tim INDOSPORT:


1. Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri tampak tidak senang di pinggir lapangan, saat melawan Barcelona.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, dikabarkan masuk dalam daftar calon pengganti Gian Piero Ventura jika Timnas Italia gagal lolos ke putaran final Piala Dunia di Rusia tahun depan.

Namun nyatanya publik Italia tak banyak yang menginginkan Allegri melatih timnas mereka. Allegri hanya memperoleh suara 5,1 persen, sama dengan Mancini, dari poling yang dilakukan oleh Gazzetta dello Sport.

Allegri telah memperpanjang kontraknya di Juventus hingga tahun 2020 pada musim panas lalu. Tapi sang pelatih juga sempat mengaku akan sangat senang jika bisa melatih Timnas Italia.

Baca Juga

2. Antonio Conte

Pelatih Chelsea, Antonio Conte.

Pelatih Chelsea, Antonio Conte disebut-sebut salah satu kandidat pelatih Timnas Italia untuk menggantikan Gian Piero Ventura. Pria berusia 48 tahun itu mendapat suara 22,7 persen dari poling yang dilakukan Gazzetta dello Sport.

Conte pernah melatih Italia dalam kurun waktu 2014 hingga 2016. Namun, ia memutuskan untuk mundur setelah Buffon dkk gagal tampil maksimal di Euro 2016.

Tak hanya masyarakat Italia, salah satu legenda sepakbola mereka, Alessandro Del Piero, mendukung Conte kembali menangani Gli Azzurri.

Baca Juga

"Dia tentu saja telah melakukan hal yang hebat bersama Juve dan Tim Nasional," kata Del Piero kepada Sport360.

"Kami akan sangat senang jika dia bisa kembali menangani Italia, tentu saja karena dia adalah pelatih yang hebat. Dia akan meningkatkan performa tim manapun dan itulah yang ia lakukan bersama Chelsea musim lalu dan saat menangani Juve," sambungnya.

"Kami memiliki beberapa masalah dan dia membenahinya, kemudian berhasil meraih gelar juara. Dia memiliki kualitas yang luar biasa dan karena itu dia melatih tim-tim terbaik di dunia," ujar mantan penyerang Juventus itu.


3. Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti.

Warga Italia meminta federasi sepakbola Italia, FIGC, untuk menunjuk mantan pelatih Bayern Munchen, Carlo Ancelotti sebagai pelatih Gli Azzurri. Menyusul performa tidak maksimal yang ditunjukkan Gian Piero Ventura setelah Italia gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Hal tersebut diperkuat melalui hasil jajak pendapat yang dilakukan Gazzetta dello Sport. Dalam poling tersebut nama Ancelotti muncul sebagai figur pelatih yang paling diinginkan untuk gantikan Ventura. Ancelotti meperoleh suara sebanyak 67,1 persen.

Baca Juga

Tak hanya publik Italia, bahkan mantan pelatih AS Roma, Fabio Capello mendukung Ancelotti untuk mengambilalih jabatan pelatih dari tangan Ventura.

"Tugas saya bersama Tim Nasional sudah selesai. Ancelotti berada pada usia yang tepat. Dia juga memiliki banyak pengalaman hebat. Ancelotti butuh mengambil jenis pekerjaan seperti ini untuk melengkapi karier kepelatihannya," kata Capello seperti dikutip laman Football-Italia.

Ancelotti sendiri saat ini sedang menganggur setelah dipecat dari Bayern Muenchen. Dirinya pun dihubung-hubungkan dengan sejumlah tim seperti Chelsea dan mantan klubnya dulu, AC Milan. 

Polling yang dilakukan oleh Gazzete dello Sport.
ItaliaCarlo AncelottiAntonio ConteMassimiliano AllegriPiala Dunia 2018Kualifikasi Piala Dunia 2018Bola InternasionalGian Piero Ventura

Berita Terkini